Berikut Ini Tips Memulai Usaha Cocomesh Untuk Pemula Terbaru!!!

Hallo sahabat… Kali ini saya akan menjelaskan tentang cocomesh sabut kelapa. Simaklah penjelasan mengenai cocomesh sabut kelapa.

Pengertian Cocomesh

Cocomesh atau Coconut Coir Net adalah bahan berbentuk jaring yang terbuat dari sabut kelapa. Material ini ramah lingkungan untuk membantu proses reklamasi tambang, pantai, atau hutan. Cocomesh ini bersifat biodegradeble yang mampu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru.

Penggunaan bahan Cocomesh ini terbukti mampu mereklamasi lahan bekas tambang dan hutan gundul. Banyak perusahaan konsultan penghijauan mulai menjalankan bahan-bahan alami seperti Cocomesh. Bahan-bahan pembuatan cocomesh atau serabut kelapa dapat menyimpan air dalam waktu yang lama menyebabkan permukaan tanah yang tertutup bahan ini dapat menahan kelembapan.

Hal ini dapat mempengaruhi struktur tanah sehingga mudah ditanami benih yang ditanam. Selain itu, cocomesh juga digunakan sebagai pengganti tanah saat menanam benih tanaman ini.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

Tips Memulai Usaha Cocomesh

Bahan dan Alat :

  • Kelapa tua
  • Mesin menguraikan sabut kelapa
  • Mesin rotari kelapa

Proses Pembuatan Sabut Cocomesh:

  1. Siapkan santan yang sudah tua.
  2. Giling kulit kelapa menjadi sabut menggunakan mesin pengurai sabut.
  3. Sabut kelapa kering digiling sampai kering.
  4. Ubah paduan suara menjadi tambang dengan mesin putar sabut.
  5. Merajut tali menjadi jaring (cocomesh).
  6. Sabut kelapa bersih siap/bekas.
  7. Karya dari Cocom Coir Cocomesh.
BACA JUGA  Instalasi gas medis dan sentral gas medis di rumah sakit

Kegunaan Cocomesh

  1. Media penghijauan di lahan bekas tambang.
  2. Sangat cocok untuk bekas tambang dan reklamasi pantai.
  3. Perkuat material di tebing.
  4. Bahan untuk mencegah erosi.
  5. Perkuat tanah.
  6. Membantu memperkuat rel kereta api.
  7. Memperkuat lereng jalan atau jembatan.

Manfaat dan Keuntungan :

  • Tahan lama, dapat bertahan sekitar 5 tahun atau lebih, sehingga bahan dapat tumbuh selama pertumbuhan vegetasi baru.
  • Cocomesh sangat cocok untuk tanah miring atau lunak, dilihat dari sifat elastis bahan ini. Contoh yang sudah diambil adalah di kawasan bekas tambang Freeport.
  • Murni 100% Bio-Degradable dan ramah lingkungan.
  • Anti atau tahan terhadap jamur dan busuk.
  • Dapat memberikan sesuatu insulasi yang baik untuk suhu dan udara
  • Tidak mudah terbakar.

Tips Memulai Bisnis Cocomesh

Tips Memulai Usaha Cocomesh

1. Menganalisis jenis bisnis terkait

Pertama-tama pikirakan bahwa bisnis cocomesh yang anda ingin jalanin ini merupakan jenis bisnis yang ingin Anda kembangkan. Temukan produk kelapa unggulan yang dapat lebih mendukung bisnis jagung kelapa Anda. Pertama-tama lakukan untuk analisis Break Event Point agar mengetahui potensi yang ada pada jenis usaha Anda. Kemudian, jelaskan rencana bisnis Anda secara detail (Perkiraan penjualan, analisis arus kas, dll.). Setelah itu membuat rencana pemasaran yang akan dilakukan untuk memasarkan produk sabut kelapa.

2. Perluas jaringan Anda

Jejaring dapat menjadi landasan bagi kelangsungan bisnis produk kelapa Anda. Selain itu anda juga dapat bergadung dengan komunitas yang terkait dengan bisnis cocomesh. Sehingga anda akan lebih mudah untuk memasarkan produk/jasa yang anda tawarkan, karena anda sudah memiliki jaringan yang luas.

BACA JUGA  Sentra Kusen UPVC daerah Depok Terbaik

3. Siapkan modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai bisnis Anda. Dari sekian orang, banyak orang yang ingin memulai bisnis tetapi tidak memiliki modal untuk bekerja. Modal dapat dibuat dari: modal sendiri dari tabungan, mengumpulkan modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem kemitraan.

Nah itulah beberapa tips untuk memulai bisnis cocomesh, keunggulan dari sabut kelapa adalah memiliki daya serap air yang sangat tinggi, proses pengolahannya tidak mencemari lingkungan, memiliki potensi pasar yang besar, di pasar domestik maupun ekspor. Pasar tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang merupakan pengusaha produk olahan kelapa. Dan kami juga bisa menjual cocomesh murah dan berkualitas.

Baca juga : Cara Membuat Tahu Bulat Kopong Enak dan Mudah Dicoba

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat tentang tips memulai usaha cocomesh bermanfaat dan menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)