Selamatkan 2 Badak Putih Utara Terakhir Dengan Upaya Bayi Tabung

Upaya untuk mempertahankan keturunan dari hewan yang dinyatakan hampir punah memang sudah menjadi tanggung jawab bagi seluruh masyarakat di dunia ini. ada banyak sekali hewan yang dikonfirmasikan sudah punah dan hampir punah. Badah putih utara dikonfirmasikan sebagai salah satu hewan yang nyaris punah di dunia ini dan kini hanya tersisa dua ekor betina saja dari keseluruhan spesiesnya.

Hal ini membuat banyak ilmuwan yang berharap akan adanya keturunan dari genetik dua badak ini yang memilikin sifat yang sama dengan idnuknya dan bisa mendapatkan kesempatan bertahan hidup lebih lama sehingga badak ini tidak akan punah. Terdapat dua embrio yang pada saat ini sedang dilakukan percobaan di laboratorium yang diharapkan bisa tumbuh hingga dewasa.

Tim peneliti internasional sudah bekerja selama bertahun tahun menggunakan fertilisasi in vitro untuk menyelamatkan badak jenis ini.

Fertilisasi in vitro ini dikenal secara umum dengan istilah bayi tabung. Dan merupakan proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh sang wanita.

Fertilisasi in-vitro biasanya disebut dengan bayi tabung, yaitu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh sang wanita. Hingga saat ini para peneliti sudah berhasil membuahi dua telur telur tersebut dengan cara injeksi sperma intra sitoplasma dan mereka akan menanam embrio yang dibuat di laboratorium tersebut dalam rahim anggota subspecies yang memiliki kaitan erat yakni badak putih selatan.

Saat ini setelah para peneliti berhasil membuahi dua dari telur-telur itu, mereka akan menanamkan embrio yang dibuat di laboratorium tadi ke dalam rahim anggota subspesies yang berkaitan erat yaitu badak putih selatan.

Meski sejumlah kecil hewan akan bisa bertahan hidup dan berkembang biak di kebun binatang namun ada beberapa jenis hewan yang memang tidak bisa hidup di dalam kebun binatang karena selalu memiliki masalah kesehatan hingga membuat mereka susah untuk berkembang biak. Hal ini lah yang membuat beberapa hewan pada akhirnya nyaris punah atau bahkan telah punah salah satunya seperti badak yang merupakan salah satu jenis hewan yang tidak bisa hidup di kebun binatang karena dapat mengalami masalah perkembangbiakan.

Pada tahun 2008 badan putih utara jantan yang terakhir bernama Sudan telah mati dan kini hanya ada dua anggita spesies badak ini yang keduanya berjenis kelamin betina yang diberi nama Najin dan Fatu.