Cara Membuat Sambal Ijo Bebek yang Enak dengan Cara Sederhana

Banyak artikel yang membahas mengenai sambal ijo bebek. Karena memang sambal menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika kita memakannya dengan makanan bebek goreng,jika tidak memakai sambal maka akan terasa sedikit hambar.

Sebelumnya kita pernah membahas mengenai resep sambal bebek goreng. Sekarang kita akan membahas cara bikin sambal ijonya. Simak artikel berikut !

Sambal

Sambal

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa sambal. Hampir semua masakan khas Indonesia dilengkapi dengan sambal pedas bahkan sambal. Tak heran jika orang luar negeri mengaku merindukan rasa cabai khas Indonesia.

Tradisi makan dengan sambal ini sudah ada sejak lama. Kebiasaan ini bahkan ada di Tanah Air pada masa penjajahan Belanda. Saat itu, banyak Meneer yang mempekerjakan orang-orang yang ahli dalam membuat sambal agar bisa menyantapnya setiap kali makan.

Keistimewaan sambal di lidah orang Indonesia ada kaitannya dengan makanan pokok yang biasa kita santap. Orang Indonesia umumnya makan nasi putih yang rasanya ringan. Nah, karena rasanya yang membosankan maka harus ditemani lauk pauk yang bikin makin nikmat.

Pilihannya jatuh pada sambal pedas. Orang cenderung menyantap lauk pauk, sayur, nasi, dan sambal sempurna. Sambal ini bisa berupa saus pedas atau manis atau kecap. Intinya di sini ada tradisi pencelupan. Selain itu, tradisi pencelupan hampir sama dengan adat istiadat lain di luar negeri.

Di Barat misalnya, adalah kebiasaan masyarakat yang mengonsumsi gandum atau roti dengan bahan utama, direndam keju atau mayonaise. Saat ini ada yang percaya bahwa sambal sebenarnya sudah menjadi pakan suplemen di Indonesia.

Posisi sambal di Indonesia sama dengan kimchi di Korea atau wasabi di Jepang. Sambal pedas melengkapi kenikmatan makan. Kecintaan pada sambal ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan masa kecil. Orang Indonesia sudah mengenal sambal sejak kecil.

Tak heran jika masyarakat Indonesia masih menikmati sambal hingga dewasa. Ini ada hubungannya dengan memori. Jika seseorang sudah menyukai rasa ingatan seperti sambal, orang tersebut akan dengan senang hati makan cabai karena kebiasaannya.

Peluang Bisnis Sambal Kemasan

1.Perspektif Menjalankan Usaha Sambal Kemasan

Prospek bisnis sambal kemasan bisa dibilang sangat positif dan menguntungkan. Di mana bisnis sambal kemasan bisa mendatangkan untung yang bombastis. Perusahaan yang bergerak di bidang sambal kemasan memiliki prospek yang sangat bagus ke depannya.

Bisnis sambal kemasan yang sudah berkembang sejak lama ini masih terus berkembang dan tidak pernah sepi konsumen.

2.Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Jika Anda menjalankan bisnis sambal kemasan, Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah sederhana. Ketika Anda menjalankan bisnis sambal kemasan, Anda bisa menjalankannya dengan modal yang rendah.

Siapapun yang bekerja di usaha pengemasan cabai bisa bekerja sendiri dengan modal kecil.

3.Toko Sambal Kemasan

Toko sambal kemasan ini bisa dan cocok untuk siapa saja yang menginginkan toko produk cabai dalam bentuk kemasan yang menguntungkan ini.

Bagi siapa saja yang ingin menjalankan usaha sambal kemasan dengan sangat mudah, membuat sambal kemasan sangatlah mudah dan juga menguntungkan.

4.Konsumen Bisnis Sambal Kemasan

Konsumen sambal kemasan memang tidak kesulitan, rasa nikmat yang disajikan sambal kemasan mampu memikat banyak orang. Konsumen sambal kemasan cukup banyak dan tidak terbatas, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

5.Bahan Baku untuk Usaha Pengemasan Sambal

Menjalankan usaha sambal kemasan membutuhkan bahan baku untuk membuatnya. Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat sambal kemasan yang enak yaitu cabai merah besar, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, gula merah, garam, terasi, lengkuas, daun salam, laos, dan lainnya.

Dan bahan baku sambal kemasan bisa didapatkan di toko, pasar atau supermarket terdekat.

6.Pengemasan Peralatan Usaha Sambal

Beberapa peralatan penting diperlukan dalam bisnis pengemasan cabai termasuk etalase, blender, mesin penyegel pedal, panci, kompor gas, wadah, baki, serbet, sendok, spatula, dan peralatan lainnya.

7.Lokasi Strategis Dijual Sambal Kemasan

Saat berjualan sambal kemasan bisa pilih tempat yang pas, strategis dan ramai. Usaha sambal kemasan dapat dipasarkan di supermarket, mini market, pasar, pertokoan, restoran, warung, dan lain-lain.

8.Pekerja Bisnis Sambal Kemasan

Karyawan yang menjalankan bisnis sambal kemasan bisa memulainya dengan satu orang.

Sambal Ijo Bebek

Bahan-bahan :

  • 100 gram cabai hijau keriting, cincang kasar
  • 50 gram cabai hijau, cincang kasar
  • 4 batang daun bawang
  • 2 siung bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 2 buah tomat hijau, potong menjadi 2 bagian
  • Daun jeruk 2 lembar
  • 1/2 sendok teh gula merah atau gula pasir
  • 1/4 sendok teh perisa
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Ijo Bebek :

  1. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng.
  2. Setelah minyak panas, goreng perlahan cabai hijau, bawang bombay, dan tomat hingga agak layu. Angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan lumpang dan giling kasar semua bahan cabai.
  4. Kemudian goreng cabai hijau dalam wajan dengan api sedang.
  5. Tambahkan daun jeruk dan bumbui dengan gula merah, penyedap rasa dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak sambal hingga matang.
  6. Setelah masak tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata. Jangan lupa koreksi rasanya.
  7. Siapkan piring saji dan tuangkan sambal hijau ke dalam piring.
  8. Sambal hijau khas rumah makan Padang siap disajikan.
  9. Setiap kali makan padang pasti selalu ada sambal ijo yang enak, bukan? Nah, ternyata resep dan cara memasak sambal hijau sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah juga. Sambal ijo  juga bisa disantap bersama lauk lain seperti bebek goreng atau lauk pelengkap lainnya.
  10. Dengan resep di atas, kini Anda siap menyajikan sambal hijau yang sedap untuk orang tersayang. Semoga berhasil.

Demikian merupakan artikel mengenai sambal ijo bebek. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Selamat untuk mencobanya di rumah.