Pengertian Senam dan Macam-macamnya

Senam adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan Penampilan dari gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecergasan dan keserasian gerakan badan yang Bentuk modern dari senam adalah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai.

kerangka itu kabarnya berkembang dari latihan yang digunakan bagi bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.

Senam ada berbagai macam, antara lain senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll.

Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, contohnya SKJ dan senam pramuka.
Tapi ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

Macam-macam Senam

Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah macam senam yang amat mempercayakan kelentukan dan keserasian dan mempunyai kegiatan yang kencang dan eksplosif, senam ini biasanya mempunyai gerakan-gerakan yang berbahaya contohnya salto dan putaran sehingga untuk yang melaksanakan senam akrobatik ini amat dianjurkan dan didampingi oleh Instruktur senam akrobatik.

Senam Lantai

Senam lantai sesuai istilahnya merupakan senam yang dilakukan pada matras. Kegiatan senam ini terdiri dari meloncat ke belakang, sikap menumpu pada bagian tangan, berputar di udara, meloncat, keserasian, berguling, melompat dan lain sebagainya golongkan jadi 2 berdasarkan pemakaian alatnya. Pertama senam lantai yang menggunakan alat dan kedua senam lantai yang enggaka menggunakan alat.

Senam Ritmik

Senam ritmik adalah senam yang dilakukan dengan mengikuti arahan musik tersebut sehingga senam ini akan membentuk gerakan badan yang indah, umumnya senam ritmik ini menggunakan peralatan seperti pita supaya menambahkan keelokan gerak pesenam

Senam Aerobik

Senam aerobik yaitu senam yang bermaksud supaya dapat meningkatkan kesehatan raga. Dalam pelaksanaannya senam aeraobik dapat dilakukan secara beramai – ramai

Senam Artistik

Di Indonesia senam artistik terbentuk pertama kali saat ganefo yang ke – 1 yaitu sebuah pesta olahraga yang diadakan di jakarta tepatnya pada tahun 1963. Pada saat itu senam artistik dijadikan sebagai salah satu bagian olahraga senam yang dipertandingkan.