Pakan Ikan Mujair Agar Cepat Besar dan Berisi

Ikan mujair sudah sering dikonsumsi sebagai makanan. Tapi tahukah kamu pakan ikan mujair agar cepat besar? Supaya cepat besar, ikan mujair perlu diberikan beberapa pakan khusus seperti yang akan saya jelaskan nanti. Simak baik baik ya pakan apa aja.

Perbedaan antara Ikan Mujair dengan Nila

Sekilas, hampir tidak ada perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair, karena meskipun keduanya tergolong dalam genus yang sama. Ini membuatnya semakin sulit untuk membedakan antara kedua bahan baku tersebut.

Jika Anda ingin melihat perbedaan keduanya, Anda perlu melihat lebih dekat dan mempelajari karakteristik masing-masing ikan. Ini akan sedikit rumit bagi pemula yang jarang melihat kedua spesies ikan ini setiap hari, sehingga mudah bagi Anda untuk melakukan kesalahan.

Dasar Perbedaan Ikan Mujair dengan Nila

Ikan mujair dan nila termasuk dalam genus Oreohormis. Tinggi dan panjang kedua benda tersebut sama persis. Selain itu, kedua ikan ini memiliki bentuk kepala yang besar, mulut yang lebar, dan bentuk mulut yang cukup tebal, serta memiliki sisik yang kasar dan besar.

Beberapa garis dapat terlihat pada sirip punggung dan sirip ekor kedua ikan jenis ini. Pada ikan nila, ciri pada sirip ekor menunjukkan garis hitam vertikal dan garis hitam lurus pada sirip punggung. Sedangkan pada ikan mujair garis-garis pada sirip punggung tidak terlihat. Postur tubuhnya juga akan berbeda.

Untuk ikan nila berbadan gemuk, berdaging dan kekar. Dari segi pertumbuhan, ikan nila juga tergolong cepat dibandingkan dengan ikan mujair yang agak lambat karena postur tubuhnya yang agak memanjang.

Pakan Ikan Mujair Agar Cepat Besar

Sekilas ikan ini mirip dengan ikan nila, bahkan banyak yang mengira ikan mujair ini sama dengan ikan nila. Bagi Anda yang berbisnis dengan cara budidaya Ikan Mujair, ada baiknya mengetahui makanan apa saja yang cocok untuk ikan nila agar cepat tumbuh dan bisa langsung dipanen. Makanan ikan nila ini cukup mudah didapat dan banyak yang terbuat dari alam. Berikut ini 5 pakan ikan mujair agar cepat besar.

BACA JUGA  Cara Mendaur Ulang Kantong Plastik Dirumah

1. Pakan Ikan Mujair Menggunakan Dedak ataupun Bekatul untuk Campuran Pelet

pakan pelet ikan mujair agar cepat besar

Dedak ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Fungsi karbohidrat dalam bekatul sebagai pakan ikan mujair adalah untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Makanan ini cocok untuk ikan kecil atau ikan muda. Dengan pasokan dedak yang teratur, ikan akan tumbuh besar dengan cepat. Harga bekatul juga cukup murah dan banyak tersedia di warung-warung.

Bekatul juga bisa kamu buat sendiri dengan menggunakan mesin giling sekam menjadi bekatul untuk pakan ternak. Untuk membuat sendiri hasil bekatul yang didapatkan juga akan berkualitas serta  hasil yang sesuai dengan ekspetasi. Hal ini membuat ikan anda menjadi tumbuh lebih cepat dan besar.

2. Pakan Ikan Mujair Menggunakan Sisa Nasi

Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menambahkan nasi sisa untuk ikan mujair. Makanan cepat tumbuh ikan mujair ini tinggi karbohidrat dan protein untuk membantu ikan anda tumbuh lebih cepat. Anda juga bisa mencampur nasi dengan dedak dan bekatul atau hanya memberikannya untuk pakan ikan nila.

3. Pakan Kecambah Untuk Ikan Mujair Agar Cepat Besar

Mungkin orang lebih mengenal tanaman yang bernama Toge ini, dan mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah. Karunia kecambah ini memberikan banyak keuntungan bagi ikan nila dan juga tidak membuat kolam menjadi kotor.

Perlu diperhatikan bahwa sebelum menggunakan kecambah, ada baiknya untuk mencuci dan memasaknya terlebih dahulu. Tujuannya agar ikan nila lebih mudah dimakan karena tekstur kecambahnya sudah melunak sehingga bisa menjadi lebih rakus.

4. Pakan Lumut dan Kangkung untuk Ikan Mujair Agar Cepat Besar

Makanan ikan yang paling sederhana dan megandung banyak protein yang cukup adalah lumut. Jenis tanaman ini sering ditemukan di kolam ikan dan juga di beberapa tempat yang lembab. Bagi orang yang suka memancing, lumut ini banyak digunakan sebagai umpan. Kolam ikan yang Anda miliki secara alami tertutup lumut sehingga Anda tidak perlu lagi mencari lumut untuk pakan ikan mujair.

BACA JUGA  Jual Karpet Masjid Di Bekasi Import Turki

Kangkung juga bisa dijadikan makanan untuk ikan mujair berukuran besar seperti lumut. Kangkung juga tidak kalah kualitasnya sebagai pakan ikan mujair. Anda dapat menambahkan kangkung ke dalam makanan ikan dengan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil terlebih dahulu. Banyak petani juga membiarkan kangkung tumbuh sendiri di kolam agar ikan mujair bisa memakannya kapan saja.

5. Pakan Pelet Cacing Tanah Ikan Mujair Agar Cepat Besar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cacing tanah ini mengandung lemak dan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan mujair. Anda tidak hanya bisa memberi cacing tanah mentah, tetapi Anda juga bisa membuat pelet.

Tentunya pelet ini bisa dibuat dengan bahan baku utama cacing tanah kemudian dicampur dengan beberapa bahan. Bahan-bahan tersebut antara lain tepung, telur ayam, kanji, dan dedak. Mengingat hal tersebut, pelet cacing tanah mengandung nutrisi makanan yang cukup bagi ikan mujair kecil dan berguna untuk mempercepat pertumbuhan.

Selain itu, anda juga bisa memberikan cacing tanah secara langsung untuk ikan mujair. Akan tetapi jika diberikan secara langsung maka akan menguras dompet anda pasalnya harga cacing tanah yang lebih mahal dari pelet biasa.

Penutup:

Demikianlah artikel tentang pakan ikan mujair agar cepat besar. Dalam pemberian pakan ikan mujair aslinya tidak berbeda dengan ikan nila mengingat keduanya adalah omnivor yang rakus akan makanan. Untuk itu, pakan yang saya sebutkan diatas bisa menjadi pakan utama dalam cara budidaya ikan mujair anda agar cepat besar.