Otak Otak Udang Kelapa dengan Berbagai Variasinya – Praktis dan Lezat

Hai teman-teman semua, di artikel ini kita akan membahas tentang resep dan cara membuat otak otak udang kelapa yang lezat dan anti gagal. Resep yang akan artikel ini bahas adalah berbagai resep yang tentunya sangat mudah untuk dibuat di rumah. Penasaran bukan? Yuk yuk simak terus artikel ini yaa! Otak-otak udang kelapa merupakan salah satu makanan yang sangat mudah untuk dibuat di rumah. Makanan ini bisa kita buat untuk camilan atau sebagai lauk saat makan bersama nasi. Rasanya yang nikmat membuat siapa pun yang memakannya pasti akan ketagihan. Untuk membuat makanan ini tentu saja Anda harus menyiapkan semua bahan bahan yang digunakan terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat otak-otak udang kelapa juga sangatlah mudah untuk ditemukan di pasaran maupun di minimarket terdekat.

Yuk langsung saja kita ke Resep dan cara pembuatannya berikut di bawah ini!

Cara Membuat Otak Otak Udang Kelapa dengan Berbagai Variasinya 

1. Resep Otak Otak Udang Kelapa Bakar

otak otak udang kelapa

Bahan yang digunakan :

  • 200 gram udang segar atau secukupnya (giling halus)
  • Tepung terigu secukupnya
  • 150 gram tepung tapioka jika merasa kurang bisa ditambah
  • 65 ml santan kelapa cair kental
  • 100 ml air biasa
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 2 butir telur ayam
  • 2 batang daun bawang (iris tipis)
  • 1 sendok teh gula pasir putih
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh merica (merica bubuk)
  • Kaldu bubuk sesuai selera
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus otak otak)
  • Tusuk gigi

Proses Pembuatan :

Siapkan terlebih dahulu semua bahan untuk membuat otak otak udang kelapa, dan ikuti proses pembuatannya di bawah ini.

  1. Ambil sebuah wadah untuk tempat mencampurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam. Setelah semua bahan ini masuk, aduk hingga merata.
  2. Kemudian pada campuran tepung tadi tambahkan irisan daun bawang, merica bubuk, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Dan aduk lagi agar adonan merata.
  3. Setelah selesai, masak air hingga mendidih. Dan tuangkan air mendidih tersebut ke dalam adonan tepung dan aduk kembali hingga merata. Tunggu beberapa saat hingga adonan dingin.
  4. Jika adonan sudah dingin Anda bisa masukkan santan kelapa, udang yang sudah halus, dan telur. Aduk kembali supaya rata.
  5. Tambahkan tepung tapioka dan aduk. Coba cicipi sedikit rasa adonan tersebut, untuk memastikan rasanya pas atau masih kurang. Jika menurut Anda masih kurang pas tambahkan kaldu bubuk secukupnya dan aduk kembali hingga merata.
  6. Setelah adonan selesai dibuat, selanjutnya letakkan adonan otak otak pada daun pisang dengan takaran 1 sendok atau sesuai dengan selera Anda. Jika sudah gulung daun pisang dan kunci ujungnya dengan tusuk gigi.
  7. Selanjutnya siapkan pan pemanggang. Setelah panas, bakar otak-otak udang kelapa ini di atas panggangan hingga matang. Dan bolak-balikkan otak-otak udang supaya matangnya merata.
  8. Setelah matang, Anda bisa mengangkatnya dan sisihkan. Kemudian letakkan dan tata otak-otak udang yang sudah matang di atas piring dan buka gulungan daun pisangnya.
  9. Makanan ini sangat enak jika disantap saat hangat.
BACA JUGA  Resep Nugget Ayam Wortel Simple yang Wajib Di Coba!

2. Resep Otak-otak Udang Kelapa Ikan Tenggiri

otak otak udang kelapa

Bahan-bahan :

  • 400 gram daging ikan tenggiri (sesuaikan dengan kebutuhan ingin membuat seberapa)
  • 100 gram udang segar ukuran sedang (sesuaikan dengan kebutuhan ingin membuat seberapa)
  • 2 lembar daun bawang
  • 4 siung bawang merah (yang nanti akan dihaluskan)
  • 6 siung bawang putih (yang nanti akan dihaluskan)
  • Garam/ penyedap rasa secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan tepung sagu/ tepung kanji
  • 100 ml air sebaiknya menggunakan air dingin
  • 2 butir putih telur ayam
  • Santan kental (kara) 10 ml atau secukupnya
  • Daun pisang

Proses Pembuatan :

  1. Siapkan semua bahan dan cuci hingga bersih
  2. Bersihkan daging ikan tenggiri dan udang dari kotoran, mulai dari bagian kepala dan kulitnya, lalu berikan perasan jeruk nipis dan garam untuk mengurangi bau amis yang ada pada ikan dan udang.
  3. Jika sudah haluskan daging ikan dan udang dengan menggunakan blender kemudian letakkan di wadah kosong.
  4. Haluskan juga bahan lainnya yaitu bawang merah, bawang putih, gula, garam, merica, dan daun bawang menggunakan blender, lalu haluskan sampai semua bahan halus dan tercampur rata
  5. Setelah bumbu selesai dihaluskan, masukkan bumbu tersebut ke dalam wadah udang dan ikan dengan menambahkan putih telur, tepung sagu, santan kelapa, dan air dengan sedikit demi sedikit, lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata
  6. Jika adonan sudah merata, siapkan daun pisang dan bungkus adonan otak-otak menggunakan daun pisang. Bungkus semua adonan hingga habis.
  7. Selanjutnya Anda bisa kukus otak-otak ini dengan waktu kurang lebih 20 menit.
  8. Setelah 20 menit Anda bisa langsung mengangkat udang dan sajikan
  9. Jadilah otak -otak udang Tenggiri

Selain membahas tentang resep dan cara pembuatannya, kami juga sudah menyiapkan rangkuman tentang manfaat udang untuk kesehatan kita. Simak penjelasannya di bawah ini!!

Manfaat Udang Kesehatan

otak otak udang kelapa

Berikut manfaat udang yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Udang mengandung protein dan vitamin D. Kedua kandungan tersebut bisa menambah karbohidrat pada asupan harian. Udang juga mengandung leption. Leptin adalah hormon dan bagian integral yang berfungsi sebagai mengatur penyimpanan lemak, nafsu makan, dan penggunaan energi. Jika kadar leptin dalam tubuh meningkat, orang dapat menghindari masalah makan yang berlebih, mengurangi makanan, dan juga bisa menjaga pola makan sehingga dapat dijadikan sebagai menu makanan diet bagi Anda.

2. Anti penuaan

Udang mengandung antioksidan alami yang baik untuk kulit. Faktor penyebab penuaan kulit karena sinar matahari dan UVA yang dihasilkan. Sinar matahari menyebabkan kerutan, bintik-bintik, atau kulit terbakar. Udang bisa mencegah penuaan pada kulit. Anda bisa menambahkan udang untuk konsumsi harian dan sesuai porsi Anda.

BACA JUGA  Canggihnya Fitur Super Select 4WD di Mobil Mitsubishi

3. Manfaat udang untuk ibu hamil

Udang mengandung asam lemak omega-3 yang baik. Asam lemak omega-3 ini bisa mengurangi risiko kelahiran prematur ketika kondisi hamil. Omega-3 berpengaruh untuk perkembangan otak dan mata janin.

Kandungan zat besi yang terdapat pada udang bisa membantu tubuh Anda untuk memproduksi darah ekstra yang dibutuhkan untuk bayi. Zat besi pada udang seperti magnesium, dan potasium bisa memberi sumber energi tambahan pada wanita yang sedang hamil. Meski aman untuk ibu hamil, namun hindari memakan makanan laut yang mentah. Selama kehamilan jangan memakan sushi mentah, sashimi, tiram, dan makanan mentah yang lain.

Makanan laut yang mentah bisa berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh dan kehamilan. Khusus ibu hamil makanlah udang yang sudah matang atau yang sudah di olah. Makanan matang dan proses memasak yang baik bisa mengurangi bakteri yang jahat yang ada dalam daging udang.

4. Mencegah rambut rontok

Kandungan mineral yang terdapat pada udang bisa mengurangi terjadinya rambut rontok. Nutrisi seng pada udang bisa menjaga dan menciptakan sel-sel yang baru, termasuk sel rambut dan kulit.

5. Baik untuk mata

Sebuah penelitian menemukan bahwa udang mengandung senyawa seperti Astaxanthin, yang dapat mengurangi kelelahan pada mata. Jika Anda bekerja menggunakan komputer setiap hari, cobalah untuk mengonsumsi udang dengan rutin.

6. Meningkatkan Otak

Udang mengandung zat besi dan mineral. Zat besi ini bisa meningkatkan aliran oksigen dapat terjadi ke otot, memberi kekuatan dan daya tahan tubuh, serta meningkatkan aliran oksigen ke otak. Zat besi bisa juga dapat meningkatkan pemahaman, memori, dan konsentrasi. Salah satu penelitian menemukan astaxanthin pada udang bisa membantu meningkatkan kinerja memori, sel-sel otak, dan mengurangi risiko penyakit radang pada otak.

7. Manfaat kulit udang

Kulit udang bisa dikonsumsi dan tidak membahayakan tubuh. Kulit udang juga mengandung nutrisi seperti mineral dan protein yang mirip dengan keratin. Kulit udang tidak mempunyai dampak yang negatif bagi kesehatan.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Udang mengandung protein, vitamin, kalsium, fosfor, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang. Protein dan vitamin juga dapat menambah kualitas tulang, massa tulang, dan mencegah osteoporosis pada tulang.

9. Mengurangi nyeri haid

Udang mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menyeimbangkan efek negatif asam lemak omega-6. Omega-3 ini juga bisa membantu mengurangi kram pada saat menstruasi bagi wanita, meningkatkan aliran darah yang lebih sehat untuk organ reproduksi.