Olahan Dari Air Kelapa Tua Beserta Manfaatnya

Kebanyakan orang pasti sudah tau beberapa dari olahan kelapa kelapa ini hampir semua bagian tumbuhan kelapa ini bisa di manfaatkan dan diolah menjadi barang berharga, minuman juga makanan. Nah untuk airnya biasanya dijadikan minuman penghilang dahaga tapi biasanya olahan ini menggunakan air kelapa muda tapi kali ini saya akan memberitahu olahan air kelapa tua yang pastinya menyegarkan dan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.Baca ulasan berikut!

Olahan Air Kelapa Tua Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

olahan air kelapa tua1.Minuman Chiaseed Dari Air Kelapa Tua

Banyak yang tidak tau bahwa air kelapa tua juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Biasanya hanya bisa untuk masak ayam bacem dan campuran bahan kue. Faktanya air kelapa tua ini juga bisa diolah menjadi minuman yang menyagarkan serta memiliki kandungan manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Nah saya juga akan membertahu bahan dan cara membuat minuman Chiaseed dari air kelapa tua.

Bahan bahan untuk membuat  Chiaseed:

-1 gelas air kelapa tua

-1sendok makan chiaseed

-100 ml air putih

Untuk cara membuatnya:

Yang pertama rendam chia seed dgn air hangat hingga mengembang ,lalu tunggu chia seed mengembang dan masukkan air kelapa dalam plastik, lalu simpan di frezeer setelah chia seed mengembang masukkan dlm gelas tuang air kelapanya  minuman chiaseed, Siap di minum.

BACA JUGA  Pembuatan Pot Sabut Kelapa Mudah,Ramah Lingkungan Dan Simple

Manfaat Minuman Chiaseed

– Menurunkan tekanan darah tinggi
-Sumber anti oksidan yg baik utk tubuh
-Menurunkan gula darah
– meningkatkan kesehatan jantung
– Mencegah batu ginjal
– Menghidrasi setelah berolah raga

2.Putu Ayu Air Kelapa Tua

Putu ayu pasti kalian sudah sering mendengar olahan kue ini, tapi kali ini putu ayu yang ingin saya bahas adalah putu ayu air kelapa tua.Nah pasti kalian penasaran dengan bahan dan cara membuatnya yuk simak!

Bahan untuk membuat putu ayu air kelapa

  1. 2 bt telur
  2. 200 gr Gula Pasir (lebih bgs jika pakai yg butiran halus)
  3. 250 gr tepung terigu, ayak
  4. 250 ml Air kelapa
  5. 1 sdt SP
  6. 1 sdt vanili
  7. Sejumput garam
  8. Secukupnya pasta (stroberi, pandan dan lain lain)
  9. Topping:
  10. 1/2 butir kelapa parut (jgn terlalu tua kelapanya)
  11. 1 sdm maizena
  12. Sejumput Garam
  13. Sehelai daun pandan,

Untuk Cara membuatnya

  1. yang pertama masukan kelapa parut dalam piring, taburi sejumput garam dan maezena lalu aduk rata. Letakkan daun pandan diatasnya, kukus kurang lebih 10 menit. Tutup kukusan diberi kain bersih agar tidak ada uap air yang menetes.
  2. Ambil cetakan putu ayu olesi dengan minyak goreng masukan parutan kelapa yang sudah di kukus.
  3. Kocok telur, gula, garam, SP dan vanili sampai mengembang putih kental .
  4. Masukkan tepung terigu yang sudah di ayak,kedalam kocokan telur, bergantian dengan air kelapa selang seling bertahap. kocok pelan adonan, cukup asal rata saja.
  5. Masukan pasta lalu kukus hingga matang
BACA JUGA  Cara Membuat Geplak Tepung Beras

3.Nata Decoco Dari Air Kelapa Tua

Nata decoco dalah makanan bertekstur kenyal yang sudah banyak di jual di indonesia dan sudah banyak juga produk produk dari berbagai pabrik. makanan ini memang sangat populer biasanya dijadikan hidangan penutup.Banyak  dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa yang menyukai makanan ini karena rasanya yang manis dan juga teksturnya yang kenyal. makanan ini dibuat dari air kelapa yang di fermentasi hingga teksturnya menjadi kenyal seperti jelly.

Nata decoco ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh asalkan mengonsumsinya tidak berlebihan karena apapapun yang berlebihan itu pasti tidak baik salah satu contoh manfaatnya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena nata decoco ini mengandung vitamin c yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Itulah ulasan yang dapat saya sampaikan terimakasih.