Merk Jam Tangan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Di dalam industri jam tangan, ada sangat banyak perusahaan jam tangan yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari perusahaan yang memproduksi jam tangan mewah hingga perusahaan yang memproduksi jam tangan entry-level, hampir semua ada. Setiap perusahaan tersebut mempunyai brand nya masing-masing.

Dalam dunia per-jam tangan-an, umumnya pasar didominasi oleh beberapa brand besar. Beberapa diantaranya masuk dalam list Forbes seperti Rolex. Beberapa lainnya sangat terkenal hingga orang tahu hanya dengan melihat sekilas seperti di tangan James Bond orang akan dengan mudah tahu bahwa ia mengenakan jam tangan Omega.

Namun, dengan adanya pengakuan dari masyarakat, secara tidak langsung juga menaikkan tingkat harga dari brand tersebut. Berbagai merk jam tangan mewah dibangun dan dihargai dengan cara seperti itu. Untuk bisa mendapatkan jam tangan dengan logo dari merk mewah setiap orang harus membayar lebih mahal dari jam tangan lainnya.

Sebenarnya selain merk-merk terkenal dengan harga yang selangit tersebut, ada banyak jam tangan dengan kualitas baik namun dengan harga yang sesuai dengan yang didapatkan seperti jam tangan Casio. Selain itu, ada juga beberapa merk selain casio yang mempunyai kualitas baik dan harga menarik namun mungkin belum begitu dikenal luas. Beberapa merk tersebut diantaranya adalah:

1. Shinola

Shinola merupakan merk yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya Detroit. Kota yang bangkrut pada tahun 2013 tersebut ternyata masih memiliki industri jam tangan yang cukup dikenal yaitu Shinola. Shinola terlahir dari orang-orang yang kehilangan pekerjaannya saat jatuhnya industri otomotif di Detroit. Merk Shinola sangat kuat menggambarkan barang “Made in the USA.” Didirikan pada tahun 2011, Shinola berkembang menjadi retail barang lainnya seperti sepeda dan barang-barang dari kulit.

2. MVMT

Jam tangan MVMT merupakan jam tangan quartz yang diproduksi oleh MVMT Watches Inc. yang berpusat di kota Los Angeles. Brand MVMT sangat terkenal karena mampu menjual 1500% dari target awal mereka dan merupakan salah satu perusahaan yang berkembang dengan sangat cepat. MVMT sendiri merupakan permaianan kata dari kata “movement” yang dalam bahasa Inggris berarti pergerakan. Perusahaan yang baru didirikan pada 2013 ini mengklaim telah menjual sekitar 1 juta jam tangan hingga September 2018.

3. Komono

Dari nama, mungkin banyak orang akan mengira bahwa brand ini merupakan brand yang berasal dari negeri Sakura, Jepang. Namun ternyata, Komono merupakan brand yang berasal dari Belgia. Komono memproduksi jam tangan dan kacamata hitam dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang sesuai. Jam tangan Komono mempunyai desain klasik dengan menggunakan material yang berkualitas.

4. Objest

Salah satu brand yang unik dalam dunia jam tangan adalah Objest. Brand yang didesain di kota London, Inggris ini merupakan jam tangan yang bisa di-kostumisasi-kan. Jika umumnya jam tangan dikostumisasi dengan mengganti strap pada jam tangannya, maka Objest menawarkan sesuatu yang sangat berbeda. Objest menawarkan konsumennya untuk bisa mengkostumisasi hampir semua bagian jam tangannya mulai strap hingga semuanya sesuai dengan yang diinginkan konsumen.

5. Junghans

Merk jam tangan dari Jerman, Junghans Uhren GmbH atau biasa disebut Junghans merupakan salah satu perusahaan jam tangan yang telah beroperasi hampir 150 tahun. Junghans telah berkolaborasi dengan berbagai desainer jam termasuk Max Bill untuk menghasilkan jam tangan dengan kualitas yang baik. Sebagai salah satu produk nasional Jerman, Junghans dipercaya menjadi jam tangan official dala perhelatan Olimpiade Munchen tahun 1972.