Manfaat Tepung Maizena Dalam Kehidupan

Manfaat Tepung Maizena

Tepung maizena merupakan tepung yang terbuat dari bahan dasar jagung, lalu apa saja manfaat tepung maizena? berikut ulasan selengkapnya!

Pengertian

Tepung maizena merupakan tepung dengan menggunakan bahan dasar yang berasal dari bahan dasar jagung. Tepung maizena merupakan hasil dari pati yang berada dalam kandungan jagung. Pati jagung memiliki perbedaan dengan tepung jagung yang memiliki kandungan bahan kimia masih sangat lengkap.

Dalam kandungan pati tersusun paling sedikit atas tiga komponen utama diantaranya yakni amilosa, amilopektin, dan material antara mirip seperti protein dan lemak. Tepung maizena biasanya memiliki kandungan 74 hingga 76% amilopektin dan 24-26% amilosa. Beberapa sifat yang terdapat dalam pati jagung memiliki rasio yang tidak manis, tidak dapat menjadi larut pada air dingin tetap dalam air panas bisa membentuk gel yang memiliki sifat kental sehingga bisa mengatur tekstur serta sifat yang ada dalam gelnya.

Tepung maizena sering menjadi bahan masakan misalnua kue, ataupun masakan sehari-hari. Tak cuma itu saja, tepung maizena juga mempunyai manfaat lain untuk kehidupan sehari-hari yang bahkan jarang banyak orang yang mengetahuinya.

Manfaat Tepung Maizena

1. Masker Untuk Wajah Berminyak

Tepung maizena mempunyai kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan. Tepung ini bisa dapat menjadi bahan campuran untuk membuat masker wajah. Dalam proses membuat masker dari bahan dasar tepung maizena, kalian dapat memberikan tambahan bahan yang lainnya, misalnya madu, perasan air lemon, minyak zaitun dan lain sebagainya.

Tepung maizena jugadapat dipakai menjadi scrub dalam lulur. Tepung maizena aman untuk dipakai karena tidak memiliki kandungan mercury sehingga dapat untuk mengurangi minyak berlebih yang terkandung dalam wajah.

2. Mencegah Anemia

Tepung maizena mempunyai kandungan vitamin B dan asam folat yang memiliki fungsi sebagai pencegah anemia. Anemia merupakan kondisi pada saat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat atau pada saat sel darah merah tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini mengakibatkan, organ tubuh tidak memperoleh cukup oksigen sehingga menjadikan orang yang mengalami anemia menjadi pucat serta dapat dengan mudah merasa lelah.

3. Bebas Gluten

Untuk orang yang menderita celiac atau disebut juga sensitif terhadap gluten, tepung maizena dapat dijadikan sebagai opsi alternatif. Gluten adalah jenis protein yang sering di jumpai pada biji-bijian, misalnya gandum hitam, atau juga dalam tepung terigu.

Orang yang terkena penyakit ini bisa merasakan gejala ringan sampai berat pada saat memakan makanan yang memiliki kandungan gluten. Gejala paling umum yang sering kali dialami para penderita penyakit celiac adalah diare, kembung, mual, sakit perut, hingga sembelit.

Apabila secara terus menerus memakan makanan dengan mengandung gluten dalam jangka waktu lama, orang yang menderita penyakit celiac mendapat resiko mengalami komplikasi serius, seperti malnutrisi sampai kanker usus halus. Kamu dapat membuat pilihan tepung maizena untuk menjadi pengganti karbohidrat tinggi gluten lainnya.

4. Membantu Penanganan Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada saat kadar gula yang berada dalam darah ada di bawah batas normal. Memakan tepung maizena yang masih dalam kondisi mentah bisa memasok tubuh dengan aliran glukosa yang lambat serta stabil sehingga dapat menjadi pencegah hipglikemia. Tepung jagung ini juga sudah dipakai untuk mengatasi gula darah rendah untuk pengidap penyakit diabetes serta penyakit menyimpan glikogen.

5. Memperkuat Tulang

Jagung adalah bahan dasar untuk proses membuat tepung maizena. Tepung maizena mempunyai kandungan zat besi yang dapatt membantu tulang kalian agar tetap menjadi kuat. Tepung maizena dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian kalian.

6. Mengatasi Minyak Berlebih Pada Rambut

Selain dipakai menjadi masker wajah, tepung maizena juga dapat dipakai untuk mengatasi minyak yang berlebihan pada rambut, khususnya pada wanita. Sebagian besar wanita mempunyai rambut yang banyak mengandung minyak.

Sebenarnya, rambut mengandung banyak minyak adalah tanda rambut kalian sehat. Minyak yang terdapat pada rambut memiliki fungsi untuk melakukan perlindungan terhadap rambut.

Untuk kalian wanita yang mempunyai masalah minyak yang berlebihan pada rambutmu, memakai tepung maizena dapat dijadikan sebagai solusi. Hal ini dilakukan dengan cara menabur sedikit tepung maizena ke atas rambutmu.

7. Sumber Energi Instan

Manfaat lain yang terdapat dalam tepung maizena dapat memberikan energi instan pada saat kalian konsumsi. Tepung ini mempunyai kandungan karbohidrat yang dapat dengan cepat diolah oleh tubuh untuk diubah menjadi glukosa.

Dalam setiap satu sendok makan tepung maizena memiliki kandungan 8 gram karbohidrat. Tepung maizena cocok untuk mereka yang memerlukan energi dengan jumlah yang besar. Selain itu, memakan tepung maizena bisa menjadi pengatur fungsi organ tubuh yang lainnya, misalnya untuk menjaga pernapasan, detak jantung, dan juga kerja otak tetap maksimal.