Manfaat Jagung Untuk Bayi

Manfaat Jagung Untuk Bayi

Jagung rupanya memiliki manfaat untuk bayi, lantas apa saja manfaat jagung untuk bayi yang perlu kalian ketahui? berikut ulasannya!

Pengertian

Jagung (Zea mays ssp. mays) merupakana salah satu tanaman pangan dengan menghasilkan karbohidrat yang paling penting yang terdapat di seluruh negara yang ada di dunia, selain gandum serta padi. Untuk masyarakat di daerah Amerika Tengah dan juga Selatan, bulir jagung merupakan bahan pangan pokok, sebagaimana untuk sebagian masyarakat di negara Afrika serta beberapa daerah yang ada di Indonesia. Pada saat sekarang ini, jagung juga telah dijadikan sebagai komponen penting untuk pakan ternak. Pemakaian yang lainnya adalah menjadi sumber minyak pangan serta bahan dasar dalam pembuatan tepung maizena. Beraneka macam produk turunan yang dihasilkan dari jagung menjadi bahan baku beraneka ragam produk industri farmasi, kosmetika, serta kimia.

MPASI

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) merupakan makanan atau minuman dengan memiliki gizi seimbang yang diberikan kepada bayi yang berumur 6 hingga 24 bulan dengan menggunakan takaran tertentu supaya memenuhi gizi yang diperlukan bayi. MPASI juga merupakan makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga akan tetapi tidak sepenuhnya menggantikan peran dari ASI. MPASI harus selalu diperhatikan pemberiannya terhadap bayi paling utama dari faktor umur, pemberian MPASI yang terlalu awal tidak disarankan disebabkan karena pencernaan bayi belum sempurna sehingga bisa mengakibatkan gangguan misalnya diare dan lain sebagainya. Sebaliknya, pemberian MPASI yang ditunda juga bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada bayi misalnya gizi kurang dan lainnya.

Manfaat Jagung Untuk Bayi

Jagung adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat baik dengan tujuan menambah tenaga. Nah, untuk bunda yang sedang mencari MPASI yang tepat untuk bayi, kalian dapat memberi makan berupa jagung untuk Si Kecil. Bahkan, melansir dari American Academy of Pediatric (AAP), jagung adalah makanan yang cocok untuk MPASI bayi dengan berusia 6 bulan. AAP bahkan memberikan rekomendasi terhadap jagung untuk MPASI bayi pada saat pertama kali.

BACA JUGA  Keripik Singkong Pedas Manis

Jagung dapat kalian masak dengan menggunakan metode dibuat puree. Selain karbohidrat, jagung memiliki kandungan protein yang teramat tinggi. Proses dalam memasak jagung yang akan digunakan untuk MPASI dapat bunda rebus terlebih dahulu hingga menjadi, selanjutnya jagung dipipil dan berikutnya di blender supaya menjadi halus dan membentuk puree. Karena jagung dinilai sangat baik untuk MPASI, ternyata terdapat 6 manfaat jagung untuk bayi di atas usia 6 bulan, yang dirangkum dalam ulasan berikut :

1. Menambah Berat Badan

Sekitar 100 gram jagung memiliki kandungan sekitar 350 kalori. Apabila bayi kalian mengalami kekurangan berat badan, jagung dapat membantunya dalam kenaikan berat badan. Bahkan bayi dengan memiliki berat badan normal, makan jagung dapat membuat berat badan bayi kalian tetap stabil.

2. Bagus Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Jagung banyak mengandung B kompleks atau thiamin. Thiamin ini mendukung terhadap perkembangan saraf dan otak yang ada pada bayi. Thiamin ini juga menaikkan sistem metabolisme, terutama gula, protein, serta asam lemak dan folat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel baru pada bayi.

BACA JUGA  7 Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia

3. Bagus Untuk Perkembangan Fungsi  Yang Terdapat Dalam Otot Serta Saraf

Jagung memiliki kandungan berupa fosfor, kalium, magnesium, serta zat besi. Fosfor mendukung kesehatan yang ada di dalam tulang, potasium serta magnesium dibutuhkan untuk fungsi otot dan juga saraf. Zat besi menaikkan perkembangan yang terjadi dalam otak.

4. Melindungi Sel Darah

Kehadiran antioksidan atau disebut juga vitamin menjadikan jagung baik dalam melakukan perlindungan terhadap sel dari kerusakan. Ini memiliki kandungan asam fenolik senyawa ferulic, yang dimana adalah agen anti-karsinogenik. Antioksidan melakukan pencegahan terhadap kerusakan jaringan dan DNAyang terjadi dalam tubuh.

5. Bagus Untuk Pencernaan Bayi

Kehadiran serat menjadikan jagung pencahar yang bagus. Apabila bayi bunda sering menderita masalah sembelit, beberapa produk yang berasal dari jagung misalnya biji jagung serta tepung jagung bisa untuj mengatasi masalahnya. Biji jagung merupakan obat pencahar yang alami serta bisa dipakai untuk menjadi pereda masalah sembelit. Tepung jagung juga memiliki kandungan yang baik, namun harus tepung jagung yang masih utuh serta tidak bertekstur halus.

6. Mata Dan Kulit Agar Lebih Baik

Jagung kuning banyak mengandung vitamin A, sumber beta-karoten yang menjadikan penglihatan yang sangat baik. Beta-karoten, yang bukan merupakan bagian dari vitamin A, melakukan tindakan sebagai antioksidan yang bagus bagi kulit bayi.