Manfaat Jagung Untuk Asam Urat

Manfaat Jagung Untuk Asam Urat

Selain enak, jagung ternyata memiliki manfaat bagi penderita asam urat, lantas apa saja manfaat jagung untuk asam urat? berikut selengkapnya!

Pengertian

Jagung (Zea mays ssp. mays) merupakana salah satu tanaman pangan dengan menghasilkan karbohidrat yang paling penting yang terdapat di seluruh negara yang ada di dunia, selain gandum serta padi. Untuk masyarakat di daerah Amerika Tengah dan juga Selatan, bulir jagung merupakan bahan pangan pokok, sebagaimana untuk sebagian masyarakat di negara Afrika serta beberapa daerah yang ada di Indonesia. Pada saat sekarang ini, jagung juga telah dijadikan sebagai komponen penting untuk pakan ternak. Pemakaian yang lainnya adalah menjadi sumber minyak pangan serta bahan dasar dalam pembuatan tepung maizena. Beraneka macam produk turunan yang dihasilkan dari jagung menjadi bahan baku beraneka ragam produk industri farmasi, kosmetika, serta kimia.

Manfaat Jagung Untuk Asam Urat

1. Jagung tidak memiliki kandungan zat purin berbahayaa seperti yang terdapat dalam makanan laut misalnya kepiting, cumi cumi, lobster maupun kerang, akan tetapi apabila dimakan terlalu banyak bisa menjadi pemicu dalam peningkatan asam urat pada darah. Apabila dikonsumsi dalam batas wajar maka kadar asam urat yang berada darah dapat menjadi tetap seimbang (normal).

2. Jagung rebus yang dimakan bersama dengan kentang rebus bisa membuat pengurangan terhadap  kadar asam urat yang berada dalam tubuh serta dapat membersihkan sela sela yang ada pada persendian agar terbebas dari penumpukan zat purin.

3. Jagung manis atau jagung rebus yang dikonsumsi bersama dengan kedelai rebus dapat menyebabkan turunnya kadar asaam urat yang berada dalam darah dan bisa membuat rangsangan terhadap aktifitas pada pembentukan asteoblastik yakni pembentukan sel sel yang terjadi dalam tulang. kedua bahan alami ini tidak memiliki kandungan kolesterol, dan zat purin sehingga layak untuk disebut sebagai menu sehat harian untuk penderita asam urat.

4. Jagung yang dimakan bersama dengan daun selada menjadi pengganti nasi pada saat sore hari sangat baik untuk seseorang yang sedang melakukan program diet sehat. jagung terdapat kandungan karbohidrat yang memiliki kadar gula yang paling aman bahkan untuk penderita penyakit diabetes. jagung dan selada dapat menjadi penetral kadar asam urat yang terdapat dalam darah pada orang orang yang senang mengonsumsi makanan hasil laut.

5. Jagung manis yang direbus kemudian dirontokkan lalu dicampur bersama dengan yogurt maka akan memberikan manfaat untuk pmenurunkan kadar asam urat yang berada dalam darah. Kedua bahan makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan gurih pada saat digabungkan untuk diubah menjadi makanan sehat sebagai pengganti camilan yang memiliki bahan berat contohnya yang berasal dari terigu serta keju.

6. Jagung yang dikonsumsi bersama dengan tomat untuk dijadikan sebagai menu makan siang bisa membantu dalam penurunan kadar asam urat yang tengah mengalami peningkatan. Akan tetapi apabila kalian hanya ingin memakan jagungnya saja tidak mengapa karena memberikan efek yang tetap baik yakni dapat menstabilkan kadar asam urat yang berada dalam darah.

7. Pada saat siang hari menu makanan dengan memiliki lemak dan makanan jenis siap saji sangat menggoda untuk langsung dimakan akan tetapi dari segi kesehatan bisa menjadi ancaman untuk kestabilan asam urat. sangat bijak apabila kalian memilih jagung rebus atau jagung yang sudah dipadukan bersama dengan nasi merah maupun dicampurkan dengan susu yang rendah lemak, maka kalian dapat terhindar dari peningkatan asam urat serta tubuh menjadi tetap terpenuhi dengan nutrisi.

8. Jagung rebus yang sebelumnya telah dirontokan kemudian dicampur dengan air perasan jeruk nipis dapat membuat menggagalkan pembentukan serta dapat membuat hancur gumpalan zat purin yang tertempel pada dinding persendian. Memakan jagung serta air jeruk nipis tersebut dapat untuk dinikmati pada piring dengan memiliki  ukuran sedang.

Makanan Yang Dapat Menjadi Penurun Kadar Asam Urat

1. Daun Seledri

Seledri adalah bahan makanan yang dapat memaksimalkan kinerja ginjal supaya dapat mengeluarkan asam urat dari dalam darah, seledri juga dipercaya menjadi bahan ampuh dalam melawan infeksi asam urat yang berada dalam persendian.

2. Corn

Jagung merupakan makanan sumber karbohidrat yang sangat bagus bagi tubuh kalian, akan tetapi selain itu jagung juga mempunyai manfaat lain yang lumayan bagus. Yaitu dapat membuat turun serta membersihkan asam urat yang tertumpuk pada sela-sela sendi.

3. Kentang

Kentang merupakan makanan yang baik untuk kesehatan hati, kentang juga mengandung vitamin B5 yang tinggi dimana kandungan ini berguna memecah asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.

4. Wortel

Wortel adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin A lumayan tinggi, makanan dengan mempunyai warna oren ini sangat disarankan untuk kalian konsumsi terutama untuk penderita asam urat karena dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi yang berada dalam tubuh.