10 Manfaat dari Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Manfaat dari air kelapa muda bagi kesehatan adalah untuk menjaga cairan tubuh tetap agar stabil dan terhindar dari dehidrasi karena air kelapa mengandung eletrolit tinggi.

Indonesia sebagai negara tropis banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa. Salah satu bagian dari pohon kelapa yang paling banyak dimanfaatkan adalah buahnya yang masih muda. Banyak kita jumpai penjual es kelapa muda bertebaran di jalanan khususnya di daerah pantai.

Air kelapa muda memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, tak heran jika banyak yang menyukainya. Kelapa muda cocok dikonsumsi saat cuaca panas terik atau saat sedang beraktivitas berat dan banyak mengeluarkan keringat.

Selain mengandung elektrolit tinggi, air kelapa muda juga mengandung vitamin c, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain sebagainya. Tak heran bila air kelapa memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

1. Menghilangkan Dehidrasi | Manfaat dari Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang pertama adalah untuk membantu menghilangkan dehidrasi.

Air kelapa muda dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selain air putih. Hal ini karena air kelapa memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh.

Kandungan elektrolit yang tinggi pada air kelapa muda dipercaya bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang karena sifatnya yang mudah diserap tubuh.

Air kelapa muda juga mengandung potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam darah. Sehingga air kelapa sangat efektif untuk mengatasi dehidrasi atau kehilangan cairan akibat diare.

2. Mengatasi Masalah pencernaan

Air kelapa dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan sebagai obat untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, sembelit, cacingan, infeksi kandung kemih dan penyakit ginjal.

Air kelapa muda bermanfaat untuk mengatasi diare karena dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dari saluran pencernaan. Hal ini karena air kelapa mengandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak, yang membuat air kelapa memiliki osmolaritas yang tinggi.

Penelitian membuktikan bahwa tekanan osmotik pada air kelapa lebih besar dari Oral Rehydration Therapy (ORT) yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pengobatan penyakit sistem pencernaan.

Selain itu, air kelapa juga mengandung enzim aktif ganda alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, amilase, peroksidase, RNA polimerase dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim dalam air kelapa dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme manusia.

3. Mengontrol Berat Badan

Selanjutnya, air kelapa muda juga dapat dimanfaatkan  sebagai bahan alami yang dapat menurunkan berat badan. Air kelapa muda memiliki kandungan kadar gula, lemak dan kalori yang rendah.

Air kelapa muda cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain alami, air kelapa muda juga tidak akan menimbulkan efek samping.

4. Menurunkan Tekanan Darah | Manfaat dari Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Manfaat air kelapa muda yang selanjutnya yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah pada air kelapa muda dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi air kelapa muda secara rutin efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, air kelapamuda  juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Detoksifikasi

Tubuh kita memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi atau peneralisir racun sendiri asalkan tubuh memiliki nutrisi dan cairan tubuh yang mencukupi.

Jumlah cairan tubuh yang mencukupi akan sangat berpengaruh bagi kinerja ginjal dan hati dalam menyaring racun sehingga racun tidak menumpuk dalam tubuh.

Air kelapa muda mengandung tanin, antidotum ( anti racun ) dan enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

Tubuh kita memerlukan 8 sampai 10 gelas air setiap harinya. Namun di saat cuaca yang panas atau setelah beraktivitas berat, tubuh kita memerlukan cairan lebih dari sekedar air putih biasa.

6. Meredakan Stres dan Otot Kaku / Tegang

Dengan meminum air kelapa, kita bisa mendapatkan manfaat yang hampir sama seperti pijat relaksasi. Hal ini berkat kandungan magnesium dan kalsium pada air kelapa muda yang bermanfaat untuk menghilangkan stres dan otot kaku.

Kalsium tidak hanya memperkuat tulang dan gigi, tetapi juga bisa melemaskan otot dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sedangkan magnesium atau yang biasa dikenal sebagai mineral relaksasi dipercaya dapat merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh.

7. Menurunkan Panas Demam | Manfaat dari Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Air kelapa muda juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif alami yang dapat membantu menurunkan demam. Masyarakat biasanya memanfaatkan air kelapa muda sebagai obat darurat untuk menurunkan demam. Yaitu dengan cara mencampurkan air kelapa muda dengan satu sendok madu.

8. Mencegah Batu Ginjal

Salah satu langkah pencegahan batu ginjal adalah dengan memastikan tubuh mendapatkan cukup cairan setiap hari. Ketika kalsium, asam oksalat dan komponen lainnya mengendap menjadi kristal dan menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih, batu ginjal dapat terbentuk.

Sebuah penelitian dilakukan pada tikus penderita batu ginjal dan menunjukkan bahwa air kelapa muda efektif untuk dijadikan pengobatan batu ginjal.

Air kelapa dapat mencegah pembentukan kristal pada ginjal dan saluran kemih. Diketahui bahwa air kelapa muda membantu meminimalkan produksi radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh saat kandungan oksalat dalam urine tinggi.

9. Mendukung fungsi organ tubuh

Kandungan nutrisi dalam air kelapa muda juga membantu meningkatkan fungsi organ tubuh manusia. Air kelapa merupakan sumber utama arginine, yaitu asam amino yang dapat membantu tubuh menghilangkan stres tubuh saat berolahraga. Asam amino juga membantu proses pembentukan protein, sehingga berguna untuk regenerasi sel pada organ tubuh manusia.

10. Mencegah Penyakit pada Ibu Hamil dan Janin

Air kelapa muda mengandung senyawa asam laurat yang dapat digunakan untuk melawan berbagai penyakit pada tubuh manusia. Senyawa ini juga terdapat dalam air susu ibu (ASI). Asam laurat memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Oleh karena itu air kelapa muda sangat bermanfaat khususnya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang diberikan air kelapa muda. Tunggu apalagi? Jangan ragu untuk mengonsumsi air kelapa muda ya! Untuk mendapatkan fakta-fakta unik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami di Fakta Unik.