Langkah-Langkah Jasa Pengaspalan Cirebon Membangun Jalan Beraspal yang Baik

jasa pengaspalan cirebon

Jalan aspal sampai saat ini masih menjadi pilihan utama untuk pengerasan jalan di berbagai wilayah. Pemakaian aspal untuk jalan memang mempunyai banyak kelebihan mulai dari permukaan jalan yang lebih halus, warna hitam aspal yang nyaman untuk pandangan pengendara dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan jalan beraspal yang berkualitas baik maka dibutuhkan layanan jasa pengaspalan Cirebon yang terbukti berpengalaman.

Langkah Pengaspalan Jalan

Untuk menghasilkan pengaspalan jalan yang berkualitas maka dibutuhkan proses pengapalan jalan yang sesuai prosedur. Namun anda tak perlu khawatir sebab jasa kontraktor Cirebon memahami dengan baik prosedur pengaspalan jalan yang benar. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah membangun jalan beraspal oleh jasa aspal Cirebon yang perlu anda ketahui.

  1. Memadatkan Pondasi Jalan
    Jalan beraspal yang baik dan kuat sangat ditentukan oleh proses pengerjaanya. Bila pengaspalan jalan dilakukan tidak tepat maka jalan tersebut akan mudah rusak. Untuk itulah jasa pengaspalan Cirebon memulai pengaspalan jalan dengan memadatkan pondasi jalan sesudah badan jalan terbentuk. Jika tanah pondasi padat maka jalan tersebut bisa menahan beban dengan baik. Tanah yang sudah dipadatkan menggunakan buldozer dan alat vibrator roller bisa dilapisi dengan batu kali sebagai material pondasi.
  2. Memadatkan Aspal dengan Benar
    Jika pemadatan pondasi selesai dilakukan maka pemadatan dilanutkan dengan memadatkan lanjutan memakai tandem roller. Proses ini diawali dengan dump truck yang menuangkan hotmix ke asphal finisher kemudian dihamparkan ke permukaan jalan. Lalu tandem roller akan memadatkan permukaan jalan mengikuti asphal finisher. Pemadatan dilanjutkan dengan roda karet lalu dilanjutkan dengan alat pemadat roda baja. Pemadatan aspal harus selesai dikerjakan sebelum aspal memiliki suhu dibawah 85 derajat Celcius. Suhu tersebut membuat campuran aspal sulit saling mengikat.
  3. Membangun Sistem Drainase
    Pembangunan sistem drainase sekitar jalan raya harus diperhatikan dengan baik. Sebab drainase yang buruk akan mempercepat kerusakan aspal dan membuat cepat berlubang. Jalan beraspal memang tidak tahan genangan air sehingga membuat lapisan aspal terkelupas dan berlubang kecil.
  4. Memastikan Beban Jalan Beraspal
    Tidak semua beban dapat ditanggung struktur jalan aspal. Sehingga pastikan kendaraan yang melintasi jalan tersebut tidak melebihi dari beban yang bisa ditanggung oleh struktur jalan. Untuk kendaraan kapasitas berat sebaiknya melintas di jalan yang berkonstruksi beton.

Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah jasa pengaspalan Cirebon dalam membangun jalan beraspal. Pembangunan jalan aspal yang sesuai prosedur akan menghasilkan jalan raya yang mulus, aman dan nyaman bagi pengendara yang melintasinya.