Inilah Cara Membuat Kue dari Tepung Kanji Tanpa Telur Mudah Dibuat

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Inilah Cara Membuat Kue dari Tepung Kanji Tanpa Telur Mudah Dibuat. Cara pembuatanya mudah dan tidak ribet dan bahan yang dibutuhkan gampang diperoleh.

 

Kue Tepung Kanji

kue tepung kanji

Kue tersebut merupakan camilan atau snack yang bukan merupakan main course. Kue biasanya memiliki rasa yang manis atau ada pula yang gurih dan gurih. Kue sering diartikan sebagai makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung, baik itu tepung beras, tepung sagu, tapioka, maupun tepung. Kue tradisional Nusantara banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Belanda karena hubungan sejarahnya dengan Indonesia.

 

 

Bahan-bahan:

  • 400 gram tepung kanji
  • 200 gram tepung beras
  • 1600 ml santan
  • 500 gram gula pasir
  • air sari pati pandan
  • garam
  • Pewarna merah

Cara Membuat :

  1. Rebus santan dengan gula pasir, jangan diaduk sampai pecah. Setelah matang, sisihkan dan dinginkan.
  2. Disiapkan dalam wadah untuk pati dan tepung beras. Tuang sedikit demi sedikit hingga campuran santan mengalir ke dalam tepung, aduk hingga tercampur rata.
  3. Bagikan lebih dari 2 tempat. Beri semangkuk tepung pandan dan ambil 2 bola adonan untuk menambahkan pewarna makanan berwarna merah. Tinggalkan wadah putih lainnya.
  4. Panaskan dandang. Siapkan loyang ukuran UK 20 × 20, lumuri dengan minyak.
  5. Masukkan pasta putih, masak selama 5 menit. Lanjutkan dengan warna hijau. Begitu seterusnya hingga adonan jadi.
  6. Setelah matang, dinginkan dan potong dengan pisau plastik.

 

 

Tips Memilih Tepung Tapioka Untuk Membuat Kue

 

Perhatikan warna dan tekstur tepung tapioka

Tepung tapioka yang baik harus berwarna putih bersih dan teksturnya halus. Jika Anda mendapatkan tepung tapioka yang membosankan dan menggumpal, sebaiknya tidak dipilih. Tepung tapioka seperti ini menandakan bahwa kualitasnya semakin menurun. Hal ini dapat membuat camilan Anda menjadi kurang enak dan berpotensi membahayakan kesehatan Anda.

 

Perhatikan kemasan tepung tapioka

Tepung tapioka dengan bungkus plastik tebal lebih baik karena tidak mudah busuk. Sehingga saat disimpan dan ditumpuk dengan tepung lainnya, kemasan tidak mudah rusak, agar keripik tidak masuk.

Jika Anda membeli produk dengan kemasan plastik tipis, sedikit robekan dapat merusak kemasan. Akibatnya, kutu atau kotoran bisa dengan mudah masuk ke tepung tapioka Anda.

 

Pilihlah kemasan plastik yang tebal dan tidak mudah rusak

Tepung tapioka dengan bungkus plastik tebal lebih baik karena tidak mudah rusak. Sehingga saat disimpan dan ditumpuk dengan tepung lainnya, kemasan tidak mudah rusak sehingga keripik tidak masuk.

Jika Anda membeli produk dengan kemasan plastik tipis, sedikit robekan dapat merusak kemasan. Akibatnya, kutu atau kotoran bisa dengan mudah masuk ke tepung tapioka Anda.

 

Pilihlah ukuran kemasan berdasarkan kebutuhan

Saat membeli tepung tapioka, sebaiknya pilih ukuran kemasan yang sesuai. Jika Anda ingin menggunakannya untuk penggunaan pribadi, Anda dapat memilih kemasan 500-1000g. Ukuran 1000 g juga cukup untuk menyiapkan hidangan untuk acara keluarga besar.

Untuk kebutuhan yang tidak terlalu banyak jangan memilih ukuran yang besar agar tidak terlalu lama disimpan. Tepung tapioka yang disimpan terlalu lama akan menurun kualitasnya. Bisa saja, sisa tepung tapioka Anda terbuang percuma.

 

 

Untuk produk impor, pilih produsen yang terpercaya

Sebagian besar tepung tapioka diproduksi di dalam negeri. Namun, beberapa produk membuat komentar dari luar negeri. Jika ingin membeli produk impor, pastikan produsennya terpercaya dan punya jalur distribusi yang jelas. Selain itu, ingatlah untuk selalu memeriksa sertifikasi untuk memastikan produk tersebut aman untuk dikonsumsi.

Sertifikasi pangan di Indonesia berbeda yaitu BPOM, LPPOM MUI dan P-IRT. BPOM adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan. LPPOM MUI adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Penelitian Obat dan Makanan dan telah diuji Halal oleh MUI. Sedangkan P-IRT Pangan Industri Rumah Tangga merupakan sertifikasi pangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota.

 

Demikian informasi yang kami sampaikan dalam artikel ini tentang Inilah Cara Membuat Kue dari Tepung Kanji Tanpa Telur Mudah Dibuat. anda juga bisa mencoba 10 Manfaat dari Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan  dan membuat Resep Tumis Kerang Kupas Pedas Yang Nikmat dan Mudah