Keset Welcome Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Mudah

Halo Semuanya kali ini saya akan membuat artikel tentang Keset Welcome Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Mudah simak berikut ini yaa..

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Mudah

keset-welcome-dari-sabut-kelapa

Produk dengan bahan baku serat alam memang telah dikembangkan dengan menggunakan bahan alam yang bernilai rendah hingga bernilai tinggi, salah satunya sabut kelapa. Penggunaan serat alam masih digunakan pada bahan pengrajin yang berteknologi rendah dan murah.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah produk serat alam. Pengembangan produk berbahan dasar serat alam sangat terbuka kemungkinannya karena serat alam memiliki aplikasi yang luas.

Serat alam juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain mudah diperoleh dengan harga murah, mudah diolah, densitas rendah, ramah lingkungan dan biodegradable.

Selain itu, seperti yang kita ketahui, produksi kelapa dalam jumlah besar dapat meningkatkan jumlah limbah kelapa karena tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pengrajin untuk menghasilkan produk yang bernilai tinggi.

Pemanfaatan sabut kelapa belum optimal karena kurangnya pelatihan yang intensif dari pengrajin untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan, dan kualitas sabut yang kurang baik.

Sabut kelapa, yang dalam perdagangan dunia dikenal sebagai kelapa, dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai industri seperti pelapis kendaraan, pelapis furnitur, kasur, kemasan dan tali.

Belum ada alat teknologi yang dapat memisahkan bahan dari buah kelapa dan belum ada informasi selama ini, sebagian besar masyarakat khususnya petani kelapa percaya bahwa kelapa hanya dapat dimanfaatkan untuk air dan daging.

Pembuatan sabut dilakukan secara eksklusif oleh pekerja, kecuali pemisahan sabut/sabut dengan serbuk menggunakan mesin pengurai sabut.

Kalian Ingin Membeli cocomesh yang murah dan sangat berkualitas? kunjingi web berikut : Jual Cocomesh Murah Dan Berkualitas

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Mudah

keset-welcome-dari-sabut-kelapa

 

Peralatan dan Bahan yang dibutuhkan :

  1. Sabut Kelapa
  2. Palu
  3. Pusau/Gunting besar buat finishing

Proses Pembuatan :

  1. Siapakan tepat yang digunakan untuk menganyam sabut (bisa dengan tiang yang memanjang)
  2. Siapkan tali yang nantinya dijadikaan alur untuk di anyam.
  3. Anyam sabut kelapa (layaknya menenun), masukkan dari atas, ditata sejajar hingga semua tersisi penuh.
  4. Setiap kali dapat satu baris,repatkan dengan memukul2 dari atas agar keset penuh & kuat.
  5. Rapikan dengan pisau/gunting sisa-sisa sabut kelapa.

Ingin mengetahui Web utama kami Cek di sini yaa : RumahSabut

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri penghasil kelapa, batok kelapa kering dibuang begitu saja. Mungkin hanya pengusaha batu bata dan genteng yang membutuhkan kelapa untuk proses pembakarannya. Tapi bisakah batok kelapa hanya digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, membuat batu bata, ubin? Tentu saja tidak.

Pengrajin telah menggunakan sabut kelapa untuk mengubahnya menjadi barang yang berguna seperti sapu lantai dan alas kaki. Dengan kemajuan zaman dan teknologi, serta inovasi pengolahan sabut kelapa, kelapa kelapa dapat menjadi produk pengrajin dengan nilai jual tinggi.

Contoh penggunaan sabut sebagai pengisi jok mobil sabut, kasur sabut, sofa sabut, pot sabut dan berbagai produk sabut lainnya. Namun dengan peralatan yang masih sederhana tentu tidak bisa berproduksi dalam jumlah banyak, sehingga usaha tidak bisa berkembang.

pastinya pohon kelapa memang sangatlah bermanfaat utuk kita semua tergantung kita memanfaatkannya semoga kalian semua bisa memanfaatkan pohon kelapa dengan sebaik baiknya

Baca Juga ; Cara Membuat Cocopeat Sabut Kelapa

sekian dari saya mengenai Keset Welcome Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Mudah semoga bermanfaat sekian dan trima kasih.