FAKTA UNIK

Contoh Guerilla Marketing dan Mengenal Guerilla Marketing

Contoh guerilla marketing

Contoh guerilla marketing dan pengertiannya, Guerrilla marketing atau pemasaran gerilya adalah strategi pemasaran yang menitikberatkan pada teknik pemasaran non tradisional yang murah yang diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Jay Conrad Levinson dalam bukunya tahun 1984, Guerrilla Advertising. Seperti namanya, istilah ini terinspirasi dari perang gerilya, suatu bentuk peperangan tidak teratur yang penuh dengan unsur kejutan seperti penyergapan, sabotase, penyerangan, dll.

Seperti perang gerilya, pemasaran gerilya menggunakan taktik serupa dalam industri pemasaran. Strategi pemasaran ini sangat bergantung pada kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang tidak biasa – sesuatu yang dapat mengejutkan konsumen, meninggalkan kesan abadi, dan menghasilkan gebrakan sosial yang hebat.

Pemasaran gerilya dapat meninggalkan kesan yang jauh lebih berharga daripada bentuk periklanan atau pemasaran klasik. Hal ini karena pemasaran gerilya bertujuan untuk “menyerang” konsumen pada level yang lebih personal dan berkesan, Tidak hanya itu saja kita juga ada penjelasan tentang apa itu pemasaran digital yang perlu kalian ketahui.

4 Contoh Penerapan Guerilla Marketing

1. Contoh Guerilla Marketing Termasuk Discovery Channel

Discovery Channel, salah satu saluran televisi terpopuler, mendistribusikan papan selancar ke beberapa pantai untuk mempromosikan program Shark Week yang akan datang. Kegiatan ini juga berlangsung dalam rangka memperingati 10 tahun Shark Week.

Papan selancar yang didistribusikan secara unik menampilkan gambar gigitan ikan besar yang mengingatkan pada gigitan hiu. Ini adalah cara cerdas untuk mengingatkan penonton untuk menonton pertunjukan. Shark Week saat ini memasuki tahun ke-31 dan terus menjadi favorit banyak orang. Menakjubkan bukan?

2. IKEA

IKEA, pengecer furnitur Swedia yang terkenal, mengetahui pemasaran gerilya dengan baik. Cara pemasaran yang menarik adalah mereka menunjukkan pentingnya mengelola penyimpanan rumah secara efektif dengan mengubah tangga utama toko mereka menjadi laci. Dengan begitu, IKEA berhasil menunjukkan bahwa mereka memang ahli di bidang ini.

3. Mr.Clean

Mr. Clean produk pembersih Clean melakukannya dengan cara yang unik. Mereka melukis garis garis zebra yang sudah terlihat kusam dan putih cerah. Ini membuat garis menonjol lebih baik dari garis lain yang lebih gelap dan lebih kotor. Ada juga potret maskot Mr. Clean. Inilah cara mereka berhasil menunjukkan kekuatan produk mereka dengan cara yang menarik.

4. UNICEF

UNICEF, pasang mesin penjual otomatis air kotor di jalan-jalan New York. Botol air kotor diberi label dengan penyakit umum yang disebabkan oleh air minum yang tidak aman. UNICEF melakukan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya air bersih.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Digital UMKM di Era Digital dan Penerapannya

Beberapa Contoh Ide Guerrilla Marketing untuk Bisnis Skala Kecil

Guerrilla marketing bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk usaha kecil. Beberapa ide pemasaran gerilya cocok untuk usaha kecil, misalnya:
mendistribusikan stiker unik, membuat flash mob, memasang di tempat umum, menampilkan seni visual di jalan, mendistribusikan kaos, dan banyak lagi.

Konsep Guerilla Marketing Pada Bisnis

Guerrilla marketing adalah strategi periklanan yang menggunakan cara-cara yang tidak konvensional dan murah (grafiti, bom stiker, flash mob).

Konsep pemasaran gerilya pertama kali dikembangkan sebagai sistem periklanan unik yang mengandalkan waktu, tenaga, dan imajinasi daripada anggaran pemasaran yang besar.

Tujuan dari konsep pemasaran gerilya ini adalah untuk menciptakan konsep yang interaktif, komunikatif, unik dan menggugah pikiran. Semua ini dilakukan untuk menciptakan buzz, untuk membuat orang berbicara lebih banyak tentang merek dan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat pemasaran gerilya. Biaya yang diperlukan dapat diabaikan

Oleh karena itu, pembahasannya melibatkan konsep mengetahui apa itu pemasaran gerilya dan beberapa contoh tipikal. Ingin bisnis Anda berkembang? Integrasikan website toko online Anda dengan payment gateway agar Anda dapat menerima pembayaran langsung di website Anda.

Exit mobile version