cocopeat sebagai media tanam alternatif selain tanah

Artikel kali ini saya membahas tentang cocopeat sebagai media tanam alternatif selain tanah

pengertian cocopeat dan cara membuatnya

Pengertian Cocopeat 

Dalam bercocok tanam, tak hanya tanah yang bisa diandalkan sebagai media tanam. Masih ada media tanam lain, cocopeat salah satunya. Media tanam organik ini memiliki kualitas tak kalah dengan tanah. Cocopeat adalah media tanam yang dibuat dari sabut kelapa. Oleh karena itu, paling mudah ditemukan di negara-negara tropis dan kepulauan, seperti Indonesia.

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan pengunjung. Baik untuk digunakan bersama tanah, atau berdiri sendiri. Cocopeat juga banyak dipilih sebagai pengasuh tanah. Cocopeat memiliki sifat mudah menyerap dan menyimpan udara. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara, dan masuknya sinar matahari.

Kandungan Trichoderma moulds-nya, sejenis enzim dari jamur, dapat mengurangi penyakit dalam tanah. Dengan demikian, cocopeat dapat menjaga tanah tetap gembur dan subur. Meski disebut-sebut sebagai media tanam alternatif berkualitas sebaik tanah, namun unsur hara yang ada di tanah, tidak ada padanya. Oleh karena itu, cocopeat memerlukan tambahan pupuk sebagai penyubur.

Tak repot perlu mencari sabut kelapa untuk dijadikan cocopeat. Banyak produsen menjual cocopeat dalam bentuk siap guna. Bahkan ada pula yang menyediakan dalam bentuk padat (briket). Tinggal tambahkan air, cocopeat pun siap pakai.ada juga manfaat lain dari sabut kelapa yaitu bisa membuat pot bunga, kalian juga harus tau cara membuat cocopeat.

Cara Membuat Cocopeat

cara membuat cocopeat

 Alat dan Bahan:

Untuk membuat cocopeat sendiri di rumah, berikut ini adalah alat-alat yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • Sabut Kelapa
  • Ayakan
  • Alat Press

Cara Membuat Cocopeat:

  1. Pilihlah serat sekam dari buah kelapa yang sudah tua atau matang.
  2. Untuk menghilangkan senyawa kimia pada sekam kelapa, sekam kelapa direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 6 bulan karena senyawa kimia tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman misalnya adalah zat tanin. Kandungan zat tanin yang berkorelasi dengan warna merah bata saat sekam direndam dalam udara.
  3. Selanjutnya adalah membuat sekam kelapa menjadi sekam serbuk untuk membuat serbuk dari sekam buah kelapa, Anda bisa menggunakan mesin untuk membantu. Namun demikian tidak tersedia mesin, maka Anda dapat mencacah sekam tersebut setipis mungkin.
  4. Bahan baku berupa serbuk sekam buah kelapa dijemur selama 1 hari atau hingga kadar udara kurang dari 15%. Anda bisa mengukur kelembapannya dengan menggunakan
  5. Apabila kadar air sudah berada di bawah angka 15%, langkah selanjutnya adalah proses pengayakan. Hasil ayakan serbuk sekam tersebut biasanya disebut “debu”.
  6. Proses pengayakan berupa serat sekam bertekstur kasar yang disebut juga serat yang berasal dari hasil ayakan yang halus atau debu, kemudian bisa langsung dijual sebagai bahan bakar batubara dan papan serbuk atau papan flanel untuk furnitur.
  7. Lakukan beberapa kali pengayakan untuk mendapatkan hasil serbuk dengan panjang yang sama.
  8. Kemudian adalah proses pencucian, biasanya dilakukan saat turun hujan sehingga pencucian lebih maksimal.
  9. Setelah bersih, serbuk sekam dikeringkan, hingga tingkat minimal kadar udara mencapai 12%.
  10. Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil akhir dengan bentuk balok yang sesuai, debu dipress menggunakan mesin press. Pada umumnya cetakan yang digunakan adalah ukuran 30x30x20 cm atau 30x30x15 cm yang masing-masing beratnya kurang dari 5kg.
  11. Jika Anda akan memakai untuk bertanam sendiri, maka cocopeatsudah siap digunakan. Namun, ada yang ingin menjualnya, sebelumnya sudah dikemas plastik terlebih dahulu menjadi lebih menarik.

pengertian dan cara membuat cocopeat sekarang kita masuk ke kelebihan menggunakan cocopeat sebagai media tanam

Kelebihan Menggunakan Cocopeat Sebagai Media Tanam

kelebihan menggunakan cocopeat sebagai media tanam

Fungsinya sebagai media tanam turunan tanah, cocopeat memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan media tanam yang lain. Kelebihan tersebut yaitu:

1. Ramah Lingkungan

Sekam buah kelapa termasuk bahan organik sehingga ramah lingkungan dan mampu terdegradasi di dalam tanah jika sudah tidak terpakai. Setelah digunakan, cocopeat juga dapat didaur ulang dan dimanfaatkan lagi setelah terlebih dahulu terlebih dahulu.

2. Mudah Digunakan

Media tanam ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar budidaya tanaman secara hidroponik, karena tekstur dan bentuknya yang sesuai dengan tanah, jadi mudah untuk digunakan. Selain itu, perawatannya juga relatif lebih mudah dibandingkan dengan media tanam lainnya.

3. Mampu Menyerap Air

Karena menggunakan bahan dasar sekam, media tanam ini memiliki daya serap air yang cukup baik yaitu hingga 10 kali lipat. Daya tampung airnya juga lebih banyak daya tampung pada tanah sehingga akar tanaman tidak mudah kering dan terhindar dari  dehidrasi . Oleh karena itu, penyiraman tanaman yang sebaiknya dilakukan lebih jarang akar tanaman tidak cepat membusuk.

4. Lebih Awet

Selain penggunaannya bisa jangka panjang dan awet, cocopeat juga bisa melindungi tanaman dari serangan hama karena hama yang berasal dari tanah tidak suka berada di media tanam ini.

5. Teksturnya Menyerupai Tanah

Meskipun memiliki tekstur yang menyentuh tanah dan membuat tanaman mudah beradaptasi dengan baik, namun untuk bertanam menggunakan media tanam  coco fiber  ini, Anda perlu memberikan larutan nutrisi karena tidak ada kandungan unsur hara di dalamnya.

6. Manfaat Lainnya

Selain digunakan untuk media tanam, manfaat lainnya adalah dapat digunakan sebagai media ternak cacing, bahan bakar pembuatan batubara dan bahan baku pembuatan furniture.

pembahasan sedikit tentang Cocopeat.Disini saya akan memberikan 5 media Tanam Hidroponik yang paling populer.Mau tau? Yuk langsung aja simak baik baik ya.

5 Media Tanam Hidroponik yang Paling Populer

Akhir-akhir ini, sistem bertanam hidroponik semakin digandrungi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan. Sistem bertanam yang mengandalkan air sebagai tenaga utama ini dapat memberikan hiburan yang salah di tengah penatnya pekerjaan dan keramaian ibukota.

Rahasia utama yang membuat sistem hidroponik ini digemari adalah dalam merawatnya dan tidak membutuhkan yang cocok diterapkan pada Rumah sempit sekalipun.Jika tanah yang biasanya menjadi media tanam, maka pada sistem hidroponik menggunakan media tanam non tanah.

 bagi kalian yang sedang bisnis sabut kelapa kalian juga harus membeli alat pengolah sabut kelapa nah itulah pengertian cocopeat dan cara membuatnya