Cara Ternak Kambing Modern Dan Jenis-Jenis Pakan Kambing Agar Sehat

Syarat mutlak sebagai cara merawat kambing agar cepat gemuk adalah dengan memberikan pakan yang bergizi. Pakan ini harus bervariasi dan memberikan makanan yang disukai kambing agar nafsu makannya tetap terjaga. Karena itu pada artikel kali saya akan membagikan cara ternak kambing modern dan jenis-jenis pakan kambing agar sehat.

Pakan Ternak

pakan

Pakan adalah jenis bahan yang dapat dimakan dan dicerna seluruhnya atau sebagian oleh ternak tanpa mengganggu kesehatan ternak. Bahan pakan ternak dapat bersumber dari tumbuhan atau non tumbuhan.

Kualitas bahan pakan ternak tergantung pada kandungan gizi dan komposisi kimia, serta kandungan zat anti gizi di dalamnya. Zat yang paling penting dalam pakan adalah protein. Bahan pakan yang berkualitas harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin yang seimbang.

Jenis-Jenis Pakan Kambing

1. Hijauan Segar

Pakan hijauan segar adalah pakan yang semuanya segar pada saat diberikan kepada ternak. Baik dipotong-potong atau utuh. Hijauan pakan segar pada dasarnya terdiri dari rumput, biji, daun yang masih segar.

Hijauan hijauan segar banyak mengandung karbohidrat berupa pati, gula sederhana, dan fruktosa yang berperan penting dalam memberikan energi pada kambing kesayangan Anda.

Rajinlah menyediakan makanan hijau seperti daun atau rumput yang bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Dengan begitu Anda akan menghabiskan lebih sedikit tetapi tetap harus menyediakan pakan yang kaya vitamin, karbohidrat, protein dan mineral agar sehat.

BACA JUGA  Terapi Stroke Dengan Pengobatan Terapi Robotik

2. Rumput

Rumput yang dapat dijadikan pakan kambing adalah rumput gajah (Pennisetum purpureum), rumput Bengal (Penicum maximum), rumput setaria (Setaria sphacelata), rumput brachiaria (Brachiaria decumbens), rumput Meksiko (Euchiena mexicana), dan rumput lapangan yang tumbuh di sawah. .

Umumnya, petani kecil menggunakan gulma yang tumbuh di lahan kosong atau di sawah dan di bawah pohon, atau tumbuh di sawah.
Namun, alangkah baiknya petani juga menanam rumput gajah sendiri di lahan kosong atau di bawah tanaman keras untuk memperkuat ketahanan pangan kambing, terutama pada musim kemarau dimana rumput sulit ditemukan.
Jika Anda memiliki tanah atau pekarangan yang banyak rumputnya.

3. Konsentrat

Pemilihan pakan fortifikasi dapat membantu meningkatkan produksi kambing, baik dalam pertambahan berat badan, kambing, maupun susu kambing. Untuk peternakan kambing komersial sebaiknya menggunakan konsentrat lokal dan limbah pertanian, seperti dedak padi, jagung giling, bungkil kelapa, singkong, garam dan air mineral.

4. Daun Singkong

Memiliki daun – daun yang lebar dan tebal, ciri lain memiliki batang yang besar. Biasanya singkong ini jika ditebang akan tumbuh lagi. Meskipun batangnya sangat besar, mereka hanya memiliki umbi kecil, seperti akar yang menggembung di tanah.

BACA JUGA  Berikut Ini Beberapa Keterampilan dari Sabut Kelapa

Perbedaan antara singkong karet dan singkong biasa adalah daun singkong hanya digunakan untuk membuat sayur, karena ubi jalar tidak dapat dikonsumsi. Daun singkong sering digunakan sebagai pakan ternak. Jumlah kandungan protein yang tinggi pada singkong cukup baik untuk diberikan pada kambing.

5. Suase

Suase merupakan hijauan pakan ternak hijauan yang disimpan dalam bentuk segar. Berbeda dengan silase yang disimpan dalam keadaan kering dalam jangka waktu yang lama, maka suase hanya disimpan dalam waktu yang singkat.

Itu hanya untuk beberapa hari dengan tujuan hanya untuk efisiensi energi, karena petani tidak perlu mencari hijauan setiap hari. Biasanya pakan suase berasal dari tumbuhan seperti biji-bijian dan rerumputan. Dengan keadaan tersebut dapat membuat ketersediaan pakan kambing semakin banyak dan dapat diberikan setiap saat.

Baca juga ; Cara Membuat Cocopeat Sabut Kelapa

Untuk mempermudah kambing dalam mengkonsumsi rumput gunakan mesin pencacah rumput dan mesin giling sekam.

Itulah pembahasan kali ini tentang cara ternak kambing modern dan jenis-jenis pakan kambing agar sehat.