Cara Membuat Seblak Mie Kerupuk Pedas Gurih Dan Nikmat

Buat kamu para pecinta makanan pedas pasti sudah tidak asing bukan dengan menu seblak mie ini? Seblak mie merupakan menu jajanan jalanan yang banyak diminati oleh lidah Indonesia yang terbiasa dengan rempah yang kuat pada makanannya. Padahal, cara membuat seblak mie cukup mudah, lho. Di kesempatan kali ini saya akan mebahas tentang cara membuat seblak mie kerupuk pedas.

Sejarah Seblak

Makanan Indonesia khas Bandung, Jawa Barat ini sudah ada sejak tahun 1940-an, seiring berjalanannya waktu, menu jajanan jalanan ini menjadi lebih dikenal semenjak tahun 2016. Sesuai dengan bahasa Sunda, nama seblak diambil dari bahasa Sunda “nyeblak” yang mana memiliki arti mengagetkan ataupun perasaan kaget karena mencicipi rasa yang super pedas.

Makanan yang memiliki kekhasan pada bahan kerupuk basahnya yang kenyal ini selain memiliki cita rasanya yang Indonesia banget, seblak mie juga dihiasi dengan topping sayur, telur, daging ayam ataupun sapi dan dengan rempah khasnya yaitu kencur yang memunculkan cita rasa gurih karena bumbunya yang kaya dan  pedas.

Seblak mie adalah menu seblak basah dengan kuah pedas yang pastinya buat kamu ketagihan dengan rasanya ini. Dengan tingkat kepedasannya yang beragam menu ini menjadi menu pilihan banyak orang terutama di Indonesia, karena banyaknya pecinta makanan pedas di Indonesia.

Sehingga banyak sekali orang-orang menjadikan makanan seblak mie ini sebagai produk usaha mereka, dengan banyaknya peminat dan juga segmentasinya yang cukup sesuai dengan minat lidah orang Indonesia, menu ini menjadi pilihan yang tepat juga untuk kamu berbisnis.

Menu ini juga bisa kamu buat dengan mudah di rumah, penasaran cara membuatnya? Inilah resep mudah membuat seblak mie pedas yang nikmat.

Cara Membuat Seblak Mie Kerupuk Pedas

cara membuat seblak mie kerupuk pedas

Bahan-Bahan:

  • 5 siung bawang merah kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  •  10 buah cabe rawit (sesuai selera individu)
  • 2 ruas kencur
  • 100 gram kerupuk
  • 1 butir telur
  •  1 bungkus mie instan
  • 1 kepal daun sawi
  • 3 butir bakso (dipotong-potong)
  • 1 buah sosis (dipotong-potong)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Bumbu penyedap rasa secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menumis
Baca Juga:cara membuat kerupuk seblak kering daun jeruk 

Cara Membuat Seblak Mie Kerupuk Pedas:

  1. Pertama-tama siapkan bahan-bahan makanan untuk membuat seblak mie yang kamu butuhkan.
  2. Kemudian rendam kerupuk dalam air biasa sebelum ditumis dengan sayur yang lain.
  3. Giling halus semua bahan-bahan rempah untuk bumbu pada seblak mie.
  4. Untuk menumis, panaskan minyak secukupnya pada wajan.
  5. Tumis bumbu halus terlebih dahulu, kemudian baru masukkan telur diorak-arik sampai matang, dan kemudian untuk melengkapi rasanya dimasukkan gula, garam dan juga penyedap rasa sesuai selera.
  6. Lalu masukkan sosis, sayur dan juga bakso ataupun bahan tambahan lain yang kamu inginkan untuk ditumis hingga matang.
  7. Tuangkan air ke dalam wajan secukupnya, dan disesuaikan lagi rasanya dengan bumbu-bumbu sesuai selera kamu.
  8. Masukkan kerupuk dan mie ke dalam wajan dan kemudian tunggu air hingga matang sembari menyesuaikan kematangan mie dan kerupuknya jangan sampai terlalu lembek ataupun keras.
  9. Hidangkan seblak mie kerupuk pedasmu yang nikmat dan siap untuk disantap.
BACA JUGA  Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Manfaat Seblak

Mengonsumsi seblak tidak hanya memberikan rasa kenyang dan sensasi makan yang menyenangkan. Melainkan, seblak memiliki beragam manfaat yang terkandung pada bahan-bahan yang digunakan pada pembuatannya. Beberapa manfaat seblak diantaranya adalah

1.Mencegah Kanker

Cabe merupakan salah satu bumbu utama pembuatan seblak pada umumnya. Banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh yang terdapat di dalam cabe, salah satunya kapsiasin yang bisa mencegah kanker karena zat ini bisa membunuh sel-sel kanker yang membahayakan tubuh.

Tetapi konsumsi cabe yang berlebihan juga bisa membahayakan tubuh, selain dapat merusak lambung, konsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa menyebabkan diare yang membuat anda kehilangan cairan tubuh.

2.Menyehatkan Jantung

Kandungan pada cabe sudah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung anda. Hal ini dikarenakan cabe mengandung senyawa yang membuat jantung anda lebih aktif dan pastinya lebih sehat.

BACA JUGA  Ketentuan dan Hukum Hukum Bayi Baru Lahir

3.Sumber Protein

Protein yang terdapat pada daging sebagai resep dan cara membuat seblak sangat bermanfaat untuk tubuh karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan anak, asupan protein yang cukup bisa membuat pertumbuhan anak akan lebih cepat dan tubuhnya akan semakin kuat.

4.Sumber Vitamin C

 Kandungan vitamin C yang tinggi pada seblak sangat penting untuk kesehatan dan bisa mencegah penyakit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang bertujuan menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.v Selain itu vitamin C yang terdapat pada cabe juga bisa menyehatkan kulit. Vitamin C bisa membuat kulit semakin kencang dan mencegah penuaan dini pada wajah anda.

5.Menghilangkan Stress

Banyak yang tidak tahu kalau memakan makanan yang pedas bisa menghilangkan stress. Efek kejut pada lidah saat memakan makanan yang pedas membuat tubuh kita menghasilkan hormon yang  bisa menghilangkan stress.  Jadi makan seblak sangat cocok saat anda yang sering mengalami stress dikarenakan rutinitas sehari-hari.

Nah, itu dia artikel dari saya tentang cara membuat seblak mie kerupuk pedas semoga sangat membantu dan bermanfaat untuk anda yang ingin membuat sendiri seblak mie di rumah, dan selamat mencobaa.!