FAKTA UNIK

Cara Membuat Kue Apang Putih

Cara Membuat Kue Apang Putih

Cara membuat kue apang putih – Cara membuat kue apang putih. Kue basah Indonesia bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang bisa dibeli di toko. Anda bisa membuat kue apem putih kukus.

Bahan untuk membuat masakan apem putih ini sangat sederhana, bisa langsung anda miliki di dapur anda. Namun kue apem yang dihasilkan rasanya manis dan enak disantap sebagai cemilan sore hari. Ini resepnya.

Cara Membuat Kue Apang Putih

Bahan:

Cara membuat:

  1. Rebus 330 ml air, gula pasir dan garam hingga larut. menyisihkan.
  2. Campur tepung beras dengan sisa 330 ml air. Tuang larutan gula yang sudah dimasak sebelumnya. Biarkan dingin, lalu tambahkan ragi. Aduk dan diamkan selama satu jam agar ragi aktif.
  3. Siapkan loyang dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan ke dalam cetakan.
  4. Kukus kue dengan api sedang selama kurang lebih 50 menit hingga kue matang sempurna. Melayani. Anda bisa mencicipi apem dengan parutan kelapa jika mau.

Resep Kue Apang Putih

Bahan:

Alat dan Perlengkapan:

Cara Membuat:

  1. Untuk bumbunya, tambahkan 1 sdm tepung terigu, 1/2 sdm gula pasir, 1 sdm ragi dan 50ml air hangat, aduk hingga tercampur lalu diamkan hingga berbusa.
  2. Campur tepung terigu, garam, kelapa parut dan air hingga tercampur rata.
  3. Setelah tercampur rata, masukkan bahan marinasi, aduk kembali hingga rata, diamkan selama 60 menit.
  4. Tutup dengan kain bersih.
  5. Rebus gula merah dengan 700 ml air (atau sesuai selera).
  6. Setelah gula larut, tambahkan 1 sendok makan tepung tapioka untuk mengentalkan saus.
  7. Panaskan teflon, lalu tuang adonan di tengah teflon sedikit demi sedikit hingga adonan matang dan berubah warna.
  8. Sajikan dengan saus gula merah

Cara Membuat Apang Khas Manado

Hidangan yang disebut apang bakar adalah hidangan tradisional Manado yang terbuat dari parutan kelapa, tepung beras, dan gula merah.

Apang bakar ala Manado ini memiliki rasa manis berminyak yang sangat cocok disajikan bersama teh panas atau kopi hitam dalam menu sarapan pagi.

Untuk mempelajari cara membuat apang bakar tradisional Manado yang benar dan empuk, Anda juga perlu menyiapkan beberapa bahan yang cukup sederhana. Nah berikut cara membuat apang Manado bakar ringan yang legal menurut saya.

Bahan:

Cara Membuat:

  1. Siapkan panci atau wajan untuk memasak, lalu masukkan 450g gula merah yang sudah diiris tipis kemudian tambahkan 400ml air.
  2. Kemudian nyalakan kompor dan panaskan gula merah dengan api kecil, pastikan gula merah benar-benar meleleh, lalu sisihkan sebentar.
  3. Kemudian siapkan kotak bersih lainnya dan tambahkan 450 gram tepung terigu dan 50 gram tepung beras.
  4. Selanjutnya, tambahkan ½ sendok makan ragi instan dan tambahkan ½ sendok makan bubuk kayu manis.
  5. Kemudian, bumbui dengan ½ sendok teh garam dan tambahkan 2 butir telur dan aduk rata semua bahan adonan kue apang.
  6. Kemudian masukkan 2 bungkus santan yang sudah dilarutkan dan 2 sdm margarin leleh, lalu masukkan gula merah cair secara perlahan.
  7. Selanjutnya masukkan adonan apang sangrai aduk hingga rata, lalu tambahkan 200 gram kelapa muda yang sudah diparut memanjang.
  8. Siapkan panci teflon, lalu masukkan adonan apang panggang khas Manado dan didihkan dengan api sedang.
  9. Balik setiap sisi apang panggang ala Manado agar matang merata, bila sudah berwarna cokelat keemasan, angkat dan taruh di atas piring.
  10. Apang bakar khas Manado siap disajikan.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam proses pembuatan kue apang putih ini, Anda harus mempunyai mesin penepung yang ini. Nah, itulah cara membuat kue apang putih yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Exit mobile version