FAKTA UNIK

Cara Untuk Membuat Kompos Dari Rumput

Kompos merupakan salah satu sumber nutrisi bagi tanaman. Anda bisa menggunakan bahan yang ada di rumah untuk membuat kompos, termasuk dari rumput.

Dilansir dari Gardening Know How, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuat kompos dari rumput.

Hal pertama yang perlu diketahui sebelum menambahkan potongan rumput ke kompos adalah Anda tidak perlu membuat potongan rumput menjadi kompos.

Mengumpulkan rumput yang dipotong menjadi kompos bisa menjadi tugas besar dan jika Anda memotong rumput dengan benar, itu adalah tugas yang tidak perlu.

Memotong rumput pada ketinggian yang tepat dan dengan frekuensi yang tepat berarti bahwa potongan rumput tersebut akan terurai secara alami di halaman rumah tanpa menimbulkan bahaya.

Bahkan, membiarkan potongan rumput terurai di halaman rumah secara alami akan membantu menambahkan nutrisi ke tanah dan mengurangi kebutuhan pupuk.

Jika Anda perlu membuang potongan rumput, Anda masih perlu tahu lebih banyak tentang proses pembuatan kompos dengan potongan rumput. Yang terpenting, Anda perlu menyadari bahwa rumput yang baru dipotong dianggap sebagai bahan ‘hijau’ di kompos.

Kompos harus memiliki keseimbangan bahan hijau dan coklat yang tepat agar dapat terurai dengan baik. Dengan demikjwn, ketika Anda membuat kompos dari rumput yang baru dipotong, Anda perlu memastikan bahwa Anda juga menambahkan warna coklat, seperti daun kering.

Tetapi jika Anda membiarkan potongan rumput benar-benar kering sebelum menambahkannya ke kompos (warnanya akan coklat), maka potongan-potongan itu akan dianggap sebagai material coklat.

Banyak orang juga khawatir tentang pengomposan rumput yang telah diperlakukan dengan herbisida dan bagaimana hal itu akan memengaruhi kompos.

Jika Anda membuat kompos dari rumput di halaman rumah, maka herbisida yang dapat digunakan di halaman harus dapat terurai dalam beberapa hari.

Selain itu, pastikan tidak akan menimbulkan bahaya lebih lanjut bagi tanaman lain yang menerima kompos yang terbuat dari ini. potongan rumput.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan potongan rumput dari lokasi non-perumahan seperti lahan pertanian atau lapangan, ada kemungkinan besar herbisida yang digunakan pada potongan rumput ini membutuhkan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk terurai.

Oleh karena itu, kompos rumput ini dapat menimbulkan ancaman bagi tanaman yang menerima kompos yang terbuat dari potongan rumput jenis ini.

Cara membuat kompos dari rumput

Karena rumput adalah bahan hijau dan cenderung membentuk gundukan setelah dipotong dan ditumpuk, hanya dengan membuang potongan rumput ke kompos dapat menghasilkan kompos yang lambat dan/atau berbau.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa rumput dapat menjadi padat dan terlalu basah, yang mencegah aerasi dan menyebabkan kematian mikroba yang membuat pengomposan terjadi.

Dengan kata lain, potongan rumput yang tidak ditangani dengan benar di kompos dapat menyebabkan kompos yang busuk dan kotor. Sebaliknya, saat membuat kompos dengan potongan rumput, pastikan Anda mencampur atau mengubah potongan rumput menjadi tumpukan.

Ini akan membantu mendistribusikan bahan hijau secara merata melalui tumpukan dan akan mencegah rumput membentuk gundukan di tumpukan.

Dalam waktu sekitar 3 – 4 minggu, rumput liar yang awalnya hanya limbah atau sampah sudah mulai berubah  menjadi pupuk.

Jika dalam jangka waktu tersebut ternyata hasilnya belum sepenuhnya sudah jadi kompos. Maka, tutup dan simpan lagi di tempat semula hingga rumput liar jadi kompos.

Itu tadi cara membuat kompos dari rumput liar, semoga dapat membantu.

Baca juga: Mesin Pencacah Rumput Multi Fungsi 

Exit mobile version