Cara Membuat Keripik Apel

Kali ini saya akan memberikan artikel yang berisi tentang cara membuat keripik apel. Apel adalah sejenis buah, atau buah yang diproduksi oleh pohon apel.
 
Buah apel memiliki banyak warna, biasanya kulitnya merah saat masak dan (siap disantap), tapi bisa juga kulitnya hijau atau kuning.
 
Kulit apel agak lembut, dagingnya keras. Buah apel memiliki beberapa biji di dalamnya. Jika kemarin artikel tentang cara membuat keripik pepaya pada artikel kali ini kami akan membagikan cara membuat keripik apel.
 
Keripik apel adalah keripik yang diolah dengan buah apel yang digoreng dengan cara khusus, biasanya dibuat dengan menggunakan alat penggoreng vakum.
 
Jika menggunakan cara menggoreng biasa yaitu menggunakan wajan atau wajan maka apel tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak akibat panas yang berlebihan.
Dengan menggunakan vacuum fryer, apel digoreng dengan suhu lebih rendah kurang lebih 50 ° -60 ° C agar tidak merusak apel.
Cara Membuat Keripik Apel
 
Cara membuat keripik apel ada 2 cara yaitu menggunakan mesin dan manual. Membuat keripik apel semudah membuat keripik sukun. Berikut cara membuat keripik apel dengan menggunakan mesin dan manual:
Cara Membuat Keripik Apel Menggunakan Mesin:
Bahan Cara Membuat Keripik Apel
 
Apel segar secukupnya
Minyak secukupnya
 
Cara Membuat Keripik Apel
 
Kupas kulit apel segar dengan menggunakan pisau hingga bersih, atau bisa juga menggunakan alat pengupas buah agar lebih cepat.
Cuci apel yang sudah dikupas menggunakan air bersih.
Iris apel menjadi potongan tipis menggunakan pisau, atau Anda juga bisa menggunakan alat pengiris yang khusus membuat keripik agar lebih cepat.
Selanjutnya, rendam irisan apel dalam air bersih selama kurang lebih 30 menit.
Setelah irisan apel berwarna kecoklatan sedikit memudar, kemudian angkat irisan apel dari air.
Masukkan irisan apel ke dalam wajan selama 1 jam, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik lebih baik menggunakan mesin vacuum frying.
Angkat keripik apel goreng lalu tiriskan sebentar. Agar keripik apel lebih terkuras, Anda bisa menggunakan mesin pengering.
Kemudian dinginkan keripik apel hingga suhu normal atau suhu ruangan.
Keripik apel sudah siap dan siap disajikan di tengah-tengah keluarga tercinta Anda.
Untuk penyimpanan, simpan keripik apel di tempat kedap udara agar tetap renyah.
 
Cara Membuat Keripik Apel Secara Manual:
Bahan untuk Cara Membuat Keripik Apel
 
5 buah apel.
50 ml jus lemon.
3 sendok makan gula pasir.
1 sendok makan kayu manis
 
Cara Membuat Keripik Apel:
 
Pertama kupas kulit apel dengan pisau kemudian buang semua bijinya dan iris tipis tengahnya.
Selanjutnya campurkan apel dalam satu wadah bahan seperti gula pasir dan kayu manis.
Ambil wadah berisi jus lemon dan celupkan apel ke dalamnya. Tiriskan lalu gulung menjadi campuran kayu manis dan gula pasir.
Siapkan loyang lalu olesi dengan mentega dan lapisi dengan kertas roti.
Tempatkan semua irisan apel di wajan dan susun di dalamnya.
Setelah itu masukkan apel ke dalam oven dan panggang dengan suhu kurang lebih 1200c sampai matang atau bisa ditunggu 1 jam.
Jika sudah matang biasanya ditandai dengan perubahan warna irisan apel yang mengering.
Angkat lalu biarkan apel dingin dulu baru dimasukkan ke dalam toples.
Untuk menyajikan keripik apel, ambil keripik apel secukupnya dan simpan di piring saji. Setelah itu segera tutup kembali agar keripik tetap gurih dan renyah.
 
Kini ada mesin vacuum frying yang memudahkan Anda menggoreng keripik dalam jumlah besar.
Apakah Apel Itu?
 
Orang pertama kali mulai menanam apel di Asia Tengah. Saat ini apel ditanam di banyak wilayah di dunia yang suhunya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa latinnya adalah Malus domestica.
 
Apel yang dibudidayakan merupakan turunan dari Malus sieversii yang berasal dari Asia Tengah, dengan bagian dari genom Malus sylvestris (apel hutan / apel liar).
 
Kebanyakan apel baik untuk dimakan mentah (mentah), dan juga digunakan oleh banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk saus apel. Apel juga dibuat menjadi minuman sari apel atau jus apel.
 
Itulah ulasan tentang cara membuat keripik apel dan pengertian yang lainnya,semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda para pembaca. Baca juga artikel kami yang lainnya, yang pasti menambah wawasan
Sekian dan terimakasih.