FAKTA UNIK

Cara Membuat Espresso Yang Nikmat

Cara membuat espresso. Secangkir kopi nikmat sangat terbukti bisa untuk membangkitkan semangat. Untuk memperoleh kopi yang enak dan nikmat kamu bisa membuatnya secara manual tanpa menggunakan mesin kopi.
Espresso yang nikmat dan juga harum bisa kamu buat di rumah tanpa menggunakan mesin kopi. Dengan secangkir espresso, kamu bisa membuat aneka kreasi kopi seperti latte, mochacinno ataupun racikan kopi lain sesuai selera kamu.

Banyak sekali orang yang beranggapan kalau kopi yang enak itu tergantung dari espresso yang dibuat. Bukan hanya mengandalkan mesin kopi, secangkir espresso nikmat juga dapat dibuat secara manual dengan menggunakan teknik French press ataupun Aeropress.

Dilansir dari Insider (18/12) membuat espresso dengan menggunakan mesin kopi memang lah terlihat simpel dan juga hasilnya bisa disesuaikan dengan selera kita. Tetapi bukan berarti kamu harus mempunyai mesin kopi untuk mendapatkan espresso yang nikmat. Ataupun datang ke coffee shop setiap hari saat ingin menikmati kopi.

Mesin espresso adalah mesin penyeduh kopi dengan memaksa air bertekanan mendekati titik didih melalui kepingan kopi bubuk dan juga filter untuk menghasilkan kopi yang pekat yang disebut dengan espresso.

Cary Wong, seorang ahli kopi di Partners Coffee mengatakan bahwa espresso didefinisikan sebagai metode penyeduhan untuk membuat kopi. Espresso yang diekstraksi kemudian digunakan sebagai bahan-bahan dasar untuk membuat berbagai varian minuman kopi. Beberapa orang juga biasa menikmati espresso secara langsung.

 

 

Berikut Beberapa Trik dan Tips Cara Membuat Espresso Nikmat Dirumah :

1. Gunakan Teknik French Press

Membuat kopi dengan menggunakan teknik French press kerap sekali diandalkan pencinta kopi untuk membuat espresso yang harum dan juga nikmat. Meskipun kopi yang dihasilkan tidaklah terlalu pekat dan juga kental tetapi cara ini terbilang efektif untuk membuat espresso yang nikmat di rumah.

Cara pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat espresso dengan menggunakan teknik French press ini adalah dengan menggiling biji kopi sampai halus. Lalu kamu tempatkan bubuk kopi ini dalam alat French press. Selanjutnya kamu rebus air lalu tuangi sedikit dalam gelas French press dan lalu kamu diamkan selama beberapa saat sampai bubuk kopi terekstraksi sepenuhnya.

Tuangkan sisa air dan lalu kamu tunggu selama empat menit. Setelah empat menit, kamu tekan gelas French press dengan kuat secara perlahan. Tuangkan kopi ini ke dalam cangkir. Kopi nikmat ini pun bisa langsung kamu nikmati ataupun bisa diolah kembali dengan memakai campuran seperti susu, krimer ataupun cokelat.

 

2. Aeropress

Teknik membuat espresso dengan menggunakan alat Aeropress sebenarnya mirip dengan menggunakan French press, hanya saja kopi yang dihasilkan akan menjadi jauh lebih pekat.
Alat Aeropress ini memiliki bentuk silinder dengan filter pada bagian dasarnya. Bubuk kopi yang sudah digiling bisa kamu letakkan di bagian bawah alat, kemudian kamu tuangkan air panas, dan lalu kamu diamkan sebentar sebelum kamu menekan bagian tuas pada alat ini untuk menyaring ampas dari kopi.

Untuk hasil maksimal, kamu gunakan air dengan suhu 85-96 derajat Celcius dan lalu kamu diamkan selama kurang lebih 30 detik sebelum kamu menekan tuas pada alat Aeropress ini. Kopi siap untuk dinikmati ataupun dijadikan olahan lainnya.

 

3. Moka Pot

Selain French press dan juga Aeropress, kamu juga dapat membuat espresso nikmat dengan menggunakan alat moka pot. Kopi yang dihasilkan akan lebih kuat dan beserta aromanya juga nikmat. Meskipun waktu yang kamu butuhkan untuk membuat kopi menjadi lebih lama.

Moka pot ini tersedia dalam beberapa ukuran, biasanya untuk satu sampai lima cangkir kopi. Cara yang perlu dilakukan untuk membuat espresso dengan menggunakan moka pot adalah dengan menyiapkan air panas dengan takaran yang telah tersedia pada moka pot.

Kemudian kamu masukkan bubuk kopi ke dalam alat saringan yang telah tersedia pada moka pot. Kemudian kamu panaskan moka pot di atas kompor dengan menggunakan api kecil. Setelah itu, kamu diamkan beberapa saat sampai terdengar bunyi mendesis.

Kopi bisa langsung kamu angkat dan kamu tuangkan dalam cangkir. Soal rasa dan juga aroma, kopi yang dibuat dengan menggunakan moka pot terbilang lebih kuat rasanya dan juga beraroma harum.

 

 

Mesin espresso. Dengan menggunakan mesin ini dapat mempermudah kamu untuk mengolah, membuat ataupun menggiling biji kopi menjadi minuman kopi siap saji.

Itulah dia cara membuat espresso yang dapat kamu coba dan kamu praktekkan sendiri dirumah.

 

Selamat mencoba!

Exit mobile version