Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer Ala Rumahan

Hai apakabar semua?  Alhamdulillah baik terus harapannya, walaupun PPKM terus diperpanjang pemerintah kita harus tetap semangat dong, nah pada artikel kali ini akan membahas tentang “Cara Membuat Bolu Pisang Tanpa Mixer Ala Rumahan”. Istimewanya bolu pisang tanpa mixer salah satunya adalah pisang bisa sangat terasa didalam bolu tersebut. Mau tau caranya? yuk simak pembahasannya dibawah ini !

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer

Punya pisang kematangan atau hampir busuk? Buat saja jadi bolu pisang kukus mekar.  Cara membuat bolu kukus pisang mekar cukup sederhana. Tak perlu memakai mixer, cukup campur dengan whisk saja. Cara memasaknya pun hanya dikukus menggunakan dandang.

Bahan-bahan

  • 4 pisang kecil matang
  • 2 butir telur ayam
  • 6 sendok makan tepung terigu, diayak
  • 6 sendok makan minyak goreng
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 1/4 sendok teh bubuk vanila
  • 5 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer

  1. Hancurkan pisang hingga lembut. Menyisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir dan vanili dengan garpu hingga larut.
  3. Tambahkan tepung, soda kue, dan garam ke dalam larutan telur. Campur dengan baik.
  4. Tambahkan pisang ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tambahkan minyak goreng, aduk rata.
  5. Panaskan kukusan. Olesi cetakan dengan minyak goreng.
  6. Tuang adonan kue bolu ke dalam cetakan. Kocok adonan.
  7. Kukus adonan selama kurang lebih 25 menit dengan api sedang.
  8. Setelah kue bolu dingin, keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai selera.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Pisang Lembut 

Manfaat Pisang Bagi Tubuh

Dibalik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat pisang bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan cara mengonsumsinya secara rutin.

Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini tumbuh subur di negara tropis seperti Indonesia.
Berapa banyak kebaikan yang ada di pisang? Kandungan nutrisi di dalamnya antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium dan magnesium.

BACA JUGA  Resep Daging Ayam Cincang

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh

Dengan macam- macam nutrisi yang ada banyak manfaat kesehatan dari pisang yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Sebagai sumber energi

Pisang dianggap sebagai sumber karbohidrat yang baik. Karena Satu buah pisang mengandung kurang lebih 27 gr karbohidrat. Di dalam tubuh itu karbohidrat dipecah lagi menjadi glukosa, yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga bisa diubah menjadi glikogen, glikogen merupakan suatu bentuk glukosa yang disimpan di otot dan hati dan digunakan sebagai energi selama aktivitas.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan potasium yang terdapat pada pisang dapat membantu kerja pembuluh darah, membawa oksigen dari tubuh ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga dikenal dapat mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan

Senyawa antioksidan yang terdapat didalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit seperti kanker salah satunya

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, melainkan kandungan potasium pada pisang juga dapat membantu mencegah batu ginjal. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang selalu memenuhi asupan potasiumnya memiliki risiko lebih rendah untuk terkena batu ginjal.

5. Mengurangi rasa mual saat hamil

Pisang juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk mengurangi mual dan muntah selama kehamilan, sedangkan kandungan potasiumnya juga dapat mengembalikan elektrolit yang hilang saat muntah. Hal itulah yang membuat pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

BACA JUGA  Keindahan Yang Tersaji Di Danau Rawa Pening Disemarang

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dengan pencernaan. Sebuah penelitian jugamembuktikan bahwa probiotik dapat mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit, serta respon tubuh terhadap antibiotik.

Selain memiliki sistem pencernaan yang sehat, pisang juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah kanker usus besar dan sembelit

7. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal juga sebagai buah yang kaya akan serat. Kandungan serat di dalamnya dapat membuat kalian merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan sehingga tidak makan berlebihan.

Inilah sebabnya mengapa pisang baik untuk kalian yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan.

8. Meredakan sakit maag

Pisang dapat menyebabkan peningkatan lendir di perut, sehingga sakit maag dapat diredakan atau dicegah. Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang menetralkan asam lambung sehingga Anda bisa mengatasi rasa sakit akibat maag.

Dari artikel diatas kita bisa tau bahwa pisang bagus banget buat kesehatan tubuh, namun jika bosan hanya makan langsung buah pisang. Pisang bisa juga dimodifikasi menjadi bolu pisang, roti pisang, atau bahkan es pisang, bisa juga pisang goreng yang lebih sering dilakukan.

Namun mengkonsumsi pisang tidak juga bisa dikonsumsi banyak, karena dapat membahayakan tubuh apalagi memiliki penyakit bawaan yang terkait pada pisang. Terimakasih sudah membaca artikel kali ini sampai selesai, semoga dapat membantu dan selamat mencoba!