Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless Steel Agar Lebih Awet Dan Tetap Berkilau

Dengan tampilan canggih dan exterior yang tangguh, bahan stainless steel sering dipilih sebagai salah satu materi untuk membuat jam tangan. Berbagai brand jam tangan terkenal seperti jam tangan Casio, Timex, maupun merk lainnya banyak menggunakan bahan tersebut pada jam tangannya. Biasanya bahan stainless steel tersebut banyak digunakan sebagai material bahan pada casing dan pada strap jam tangan.

Walaupun material stainless steel tergolong jenis bahan yang keras, ternyata stainless steel juga tetap perlu dirawat dengan baik. Debu dan kotoran yang menempel pada jam tangan berbahan stainless steel perlu secara berkala dibersihkan untuk mencegah kerusakan. Selain itu, perawatan jam tangan stainless steel juga membuat jam tangan bisa tetap terlihat tetap cerah dan fresh.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membersihkan jam tangan berbahan stainless steel agar tetap awet dan terlihat lebih berkilau:

Usap atau Seka Jam Tangan

Untuk membersihkan material stainless steel pada jam tangan adalah dengan mengusap atau menyekanya dengan halus. Untuk mengusap material stainless steel sebaiknya menggunakan kain lembut atau tissue yang lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran. Jika keadaan terpaksa, kaos ataupun hem juga bisa digunakan untuk mengusap walaupun tidak akan sebersih menggunakan dua bahan lainnya.

Celupkan pada Campuran Air Hangat dan Sabun Cuci Piring

Langkah kedua untuk membersihkan jam tangan berjenis stainless steel adalah dengan mencelupkannya pada campuran air hangat dan sabun cuci piring. Yang perlu diperhatikan adalah untuk suhu air harus pada kondisi yang bukan terlalu panas namun benar-benar suhu yang hangat. Disamping itu, untuk jam tangan yang non-water resistant sebaiknya hanya mencelupkan bagian strap saja untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

Gosok Bagian Stainless Steel Jam Tangan Dengan Lembut

Hal ketiga yang dilakukan setelah jam tangan berbahan stainless steel dicelupkan dalam air sabun hangat adalah digosok dengan lembut. Penggosokan tersebut bisa menggunakan sikat gigi yang lembut dan sudah sedikit dibasahi untuk membersihkan celah-celah pada bagian strap jam tangan. Perlu diperhatikan ketika menggosok dengan sikat gigi sebaiknya dilakukan dengan lembut dan pelan agar tidak meninggalkan goresan pada jam tangan.

Bilas dengan Air Hangat

Keempat, setelah digosok dengan lembut, jam tangan berbahan dasar stainless steel sebaiknya dibilas dengan menggunakan air hangat. Pembilasan tersebut ditujukan untuk menghilangkan kotoran dan sabun sisa dari proses sebelumnya agar tidak ada yang menempel pada jam tangan. Sisa sabun dari proses sebelumnya jika masih tersisa pada jam tangan bisa menyebabkan bintik noda dan membuatnya terlihat lebih kusam.

Keringkan dengan Kain Lembut

Lalu langkah kelima setelah proses pembilasan pada jam tangan stainless steel adalah mengeringkan jam tangan dengan kain lembut. Proses pengeringan bisa menggunakan jenis bath towel untuk mencegah adanya goresan yang tidak diinginkan pada strap dan permukaan jam tangan. Ada baiknya setelah jam tangan stainless steel dikeringkan, didiamkan dulu beberapa saat agar benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Beri semprotan Pembersih Kaca

Terakhir adalah gunakan semprotan untuk menyemprotkan pembersih kaca pada kain yang lembut untuk digunakan pada jam tangan stainless steel. Kain yang sudah diberi cairan tersebut kemudian diusapkan pada bagian kaca, casing dan strap jam tangan stainless steel dengan lembut. Proses terakhir tersebut akan membuat jam tangan menjadi lebih bersih, jauh lebih awet dan menjadi terlihat lebih berkilau.