Cara Jualan Frozen Food Untuk Pemula

Cara Jualan Frozen Food Untuk Pemula

Cara Jualan Frozen Food – Apa sih frozen food itu? Nah, frozen food adalah makanan dalam kemasan yang dibekukan. Frozen food akhir-akhir ini sedang trend, jadi banyak orang yang berbisnis frozen food ini namanya bisnis frozen food atau makanan beku.

Mengapa akhir-akhir ini peminat frozen food menjadi melonjak? Alasannya karena makanan yang dibekukan akan bertahan jangka waktu yang lama. Apalagi dimasa pandemi ini, yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah saja. Sehingga, mereka membutuhkan stok makanan yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama, agar tidak sering keluar rumah untuk berbelanja.

Selain bertahan dalam jangka waktu yang lama, para pembisnis frozen food ini mempunyai resiko yang minim. Karena makanan yang dijual dalam bentuk frozen food tersebut tidak cepat basi tanpa harus menggunakan bahan pengawet buatan.

Dan bisnis frozen food ini dilakukan dengan skala rumahan, sehingga tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Nah, untuk promosi makanan ini, anda bisa mengandalkan sosial media (WhatsApp, Instagram, Facebook, dll) atau marketplace online, sehingga modal yang dikeluarkan juga minim.

Sebelum anda memulai bisnis frozen food ini, wajib hukumnya meriset pasar. Area mana saja atau daerah mana saja yang tertarik untuk membeli frozen food. Setelah itu, anda mencoba melakukan beberapa tips bisnis frozen food berikut ini.

 Bisnis Frozen Food Rumahan dan Tipsnya

Tips Bisnis Frozen Food Untuk Pemula

1. Modal Bisnis

Modal merupakan hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memulai bisnis apapun. Jika anda terjun langsung menjadi produsen frozen food, modal yang dibutuhkan lumayan besar dan apalagi bagi para pemula.

Alangkah baiknya anda mempertimbangkan modal mandiri terlebih dahulu sebelum mengajukan peminjaman. Setelah mendapatkan hasil yang cukup, anda bisa menambahkan lagi permodalan mengembangkan bisnis tersebut.

2. Jenis Produk yang Dijual / Dibuat

Tips kedua setelah modal cukup dan anda bingung menentukan jenis produk yang akan dijual. Produk paling umum serta cukup mudah untuk diproduksi salah satunya adalah bakso.

Jenis frozen food bermacam-macam, tergantung dari permintaan dan kebutuhan masyarakat. Anda bahkan bisa membuat produk frozen food makanan yang siap digoreng.

3. Proses Pengolahan

Produksi frozen food dapat dilakukan oleh industri rumahan, anda bisa menyiapkan tempat dan peralatan yang akan dibutuhkan misalnya mesin pres plastik kedap udara. Tahap ini sangat penting karena akan memepengaruhi kualitas produk apakah layak atau tidak untuk dijual.

Setiap produk olahan makanan membutuhakn izin resmi apalagi daging. Anda harus mengecek terlebih dahulu peraturan yang berlaku baik nasional ataupun daerah.

BACA JUGA  Resep Tempe Goreng Terigu Renyah

4. Branding dan Pemasaran

Setelah tahap produksi, tahap berikutnya adalah branding dan pemasaran. Tahap ini adalah tahap dimana anda akan menerima untung atau rugi.

Terdapat dua cara saat menjual produk frozen food. Pertama, anda bisa menjual tanpa branding karena produk itu tersedia dengan harga terjangkau sebagai alternatif, produk disupermarket.

Untuk yang kedua, anda bisa membuat marketing lengkap untuk produk frozen food itu. Bisa menggunakan pendekatan marketing modern atau digital sehingga menempatkan frozen food menjadi produk khusus.

5. Penjualan Online atau Sosial Media

Penjualan via marketplace dan sosial media karena keduanya merupakan media yang paling efektif untuk berjualan. Mengapa marketplace menjadi temapt terbaik untuk berjualan? Karena dengan marketplace anda tidak harus membuka toko secara langsung.

Menggunakan sosial media untuk promosi menjadi cara lain untuk meningkatkan jangkauan konsumen. Anda bisa membuat akun dibeberapa sosial media seperti Grup Whatsapp, Instagram, dan lainnya untuk kebutuhan promosi.

6. Distributor dan Reseller

Tips usaha frozen food yang ke-6 adalah mengadakan sistem distributor atau reseller. Anda tidak harus membuka cabang penjualan namun bisa memanfaatkan orang lain menjadi reseller.

Reseller adalah cara terbaik untuk menjual produk, bagi yang belum mempunyai kecukupan modal.

7. Kerjasama dan Networking

Bisnis makanan frozen food juga membutuhkan kerja sama dan networking. Anda harus bisa menjaga hubungan baik dengan supplier, terutama dengan pemasok bahan baku kualitas.

Selain itu, anda dapat memperluas jaringan. Memperluas ke area yang memiliki potensi besar dan belum ada pesaing.

8. Diversifikasi Produk

Pada tahap awal berbisnis, anda harus fokus dulu ke satu atau dua produk sebagai perkenalan. Setelah bisnis anda sukses dan mendapatkan respon yang bagus dari konsumen, anda bisa mempersiapkan produk-produk baru yang lainnya.

Produk yang anda buat harus berbeda dan mudal dikenali oleh masyarakat. Dengan itu, banyak masyarakat atau konsumen yang beli produk anda.

 Frozen Food Harga Murah

Alasan Frozen Food Layak Dijadikan Bisnis

1. Frozen Food Praktis

Frozen food itu bersifat praktis yang memudahkan orang-orang untuk tidak sering keluar rumah, apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Banyak yang memilih membeli frozen food dan menyimpannya di dalam freezer. Dan bisa dimasak kapam saja jika tidak ada bahan makanan lainnya.

2. Tanpa Pengawet dan MSG

Dengan berkembangnya berita di tv ataupun sosial media yang marak akan bahan-bahan pengawet berbahaya karena tindakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab, jangan sampai membuat anda mundur.

Justru dengan adanya pemberitaan tersebut, masyarakat akan semakin peka serta jeli dalam memilih olahan Frozen Food yang aman untuk dikonsumsi.

BACA JUGA  Kontraktor pembuatan studio musik terbaik

Apalagi dikonsumsi oleh anak-anak, pasti orang tua lebih teliti lagi. Jadi dilihat dari segi itulah, anda dapat memulainya untuk memulai olahan tanpa bahan pengawet atau rendah bahan pengawet dari makanan bisnis Frozen Food.

3. Tetap Bernutrisi

Menurut pakar kesehatan, daging ayam yang di frozen food nutrisinya sama dengan daging ayam yang masih fresh. Hal ini menunjukkan bahwa frozen food memiliki gizi yang relatif sama dengan makanan fresh. Suki, sosis, bakso, dan sejenisnya yang dibekukan memiliki gizi relatif sama dengan suki, sosis, bakso dan makanan lainnya yang baru dimasak.

4. Bertahan Lama

Tujuan dari pembekuan makanan adalah agar awet dan tahan lama sehingga bisa disimpan terlebih dahulu. Kita tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli lagi jika ingin menikmatinya. Cukup menghangatkan.

Frozen food bisa bertahan 3-5 bulan jika disimpan didalam freezer.

5. Banyak Pilihan

Frozen food sekarang sudah beragam jenisnya misalnya sosis, tempura, dimsum, otak-otak ikan, bakso, pempek dan lainnya. Bukan hanya gorengan dan cemilan seperti suki dan sosis. Sekarang mie ayam, nasi pedas, lumpia, dan berbagai makanan khas bahkan daging segar pun dibekukan. Ini adalah alternatif berbagai makanan ringan.

6. Bisa Dikirim (Online)

Bersyukurlah anda yang terjun ke usaha frozen food akhir-akhir ini. Karena sekarang sudah banyak sekali mode pengiriman frozen food, baik dalam kota maupun ke luar kota. Ada ojek online, ada travel, ada kereta api.

Atau juga bisa dikirim ke luar kota maupun luar negeri. Liwat shopee, tokopedia, lazada dan lainnya. Jadi bisa memudahkan kalian untuk menjua produk frozen food anda.

7. Lebih Higenis

Makanan beku atau frozen food yang dibungkus dengan plastik yang divakum tersebut selain bertahan lama atau lebih awet, juga bisa menghentikan proses pembusukan oleh bakteri. Jadi lebih higenis.

8. Modal Awal Kecil

Untuk memulai usaha atau bisnis frozen food ini, anda harus mempunyai modal yang cukup. Modal tersebut disesuaikan dengan produk yang akan dijual. Anda harus memperkirakan modal awal terlebih dahulu, agar nantinya tidak rugi.

Nah, itulah beberapa tips cara jualan frozen food untuk pemula. Bagi anda yang masih bingung apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis frozen food ini, nah silahkan di baca artikel ini. Mulai berbisnis dari sekarang yuk!