Yuk Intip Cara Buat Minyak Bawang Putih dengan Cara yang Sederhana

Banyak artikel yang membahas cara buat minyak bawang putih. Minyak bawang putih ini biasanya sebagai tambahan bumbu makanan tertentu agar rasanya semakin gurih. Dan menambah khas cita rasa sendiri dalam makanan.

Sebelumnya kita pernah membahas resep minyak bawang. Di sini kita akan bahas cara bikin minyak bawang menggunakan minyak bawang putih. Karena bawang putih sangat banyak sekali kegunaannya. Simak artikel berikut !

Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang banyak digunakan di Indonesia sebagai bahan penambah cita rasa suatu masakan. Rasanya yang khas menjadi alasan bahan ini tidak pernah ketinggalan dalam penyiapan makanan.

Bawang putih telah lama digunakan sebagai penyedap dalam berbagai masakan, baik ditumis maupun dipanggang. Ternyata bawang putih tidak hanya memiliki rasa yang enak dan nikmat, tetapi juga memiliki efek yang bermanfaat bagi kesehatan.

Bakso atau baso merupakan salah satu jenis bakso yang umum ada pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging giling dan tepung tapioka, namun ada juga bakso yang terbuat dari ayam, ikan atau udang, bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, tauge, tahu, kadang telur, lalu ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dari gerobak jalanan hingga restoran besar.

Beragam jenis bakso kini ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang banyak dijual di supermarket atau pusat perbelanjaan. Irisan bakso juga bisa dijadikan sebagai tambahan untuk jenis makanan lain seperti mie goreng, nasi goreng, atau capcai.

Bakso bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran kelas atas. Bersama soto, sate dan siomai.  Saat ini terdapat beberapa jenis bakso siap masak yang tersedia sebagai makanan beku yang banyak dijual di supermarket di Indonesia.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

1. Pencegahan dan Pengobatan Flu

Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat digunakan untuk kekebalan tubuh. Saat flu terjadi, bawang putih bisa dijadikan obat. Buatlah “teh” bawang putih yang telah direndam dengan cara memotongnya hingga lembut lalu menuangkan air panas.

Diamkan beberapa menit, lalu tiriskan dan minum. Kita bisa menambahkan sedikit madu atau jahe agar rasanya lebih enak.

2. Mengatasi Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit peradangan kronis dan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi sebagai akibat reaksi dari sistem imun atau sistem imun tubuh sendiri).

Gejala muncul pada kulit yang ditandai dengan bercak putih tebal, keperakan, atau merah bersisik di berbagai bagian tubuh, terutama kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala. Bawang putih memiliki khasiat anti inflamasi sehingga dapat bermanfaat dalam mengurangi psoriasis.

Caranya dengan mengoleskan sedikit minyak bawang putih pada area yang terkena untuk membantu menghaluskan kulit hingga timbul ruam.

3. Mengontrol Berat Badan

Bawang putih dapat membantu kita mengontrol berat badan. Berdasarkan penelitian yang menunjukkan, tikus yang mengonsumsi makanan tinggi bawang putih menurunkan berat badan dan lemak. Untuk memanfaatkan ramuan tersebut, cobalah memasak dengan bawang putih setiap hari.

4. Gatal Pada Kaki Karena Khasiatnya Sebagai Antijamur

banyak orang mengatakan bahwa salah satu khasiat bawang putih adalah untuk meredakan gatal pada kaki. Celupkan kaki Anda ke dalam bak air hangat dengan bawang putih cincang.

5. Luka Dingin

Luka dingin adalah lepuh kecil yang menyakitkan yang dapat muncul di sekitar mulut, wajah, atau hidung. Sifat anti-inflamasi alami bawang putih dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak. Ini digunakan untuk mengompres sedikit bawang putih yang telah dilumatkan pada bagian yang sakit.

6. Mencegah Rambut Rontok

Bawang putih dapat mengakhiri masalah rambut rontok karena kandungan allicine yang tinggi. Gosokkan siung bawang putih pada kulit kepala dan peras cairannya hingga melembabkan kulit kepala untuk manfaat yang lebih besar.

Kita juga bisa mencampurkan minyak dengan bawang putih untuk digunakan dengan memijat kulit kepala.

7. Pengobatan Infeksi Telinga

Bawang putih memiliki sifat antimikroba, juga karena kandungan allicine-nya. Karenanya, bawang putih banyak digunakan untuk mengobati infeksi telinga dan berbagai infeksi lainnya. Taruh sepotong kecil bawang putih dengan benang sebelum dimasukkan ke telinga Anda.

Kemudian tarik keluar saat terasa tidak nyaman.

8. Mengusir Nyamuk

Para ilmuwan tidak memiliki jawaban yang jelas untuk temuan ini. Namun, diyakini nyamuk tidak menyukai bawang putih. Seorang dokter mengatakan bahwa orang yang menggosok ramuan bawang putih di lengan dan kakinya tidak akan diganggu oleh nyamuk.

Buat larutan minyak bawang putih yang dicampur dengan minyak sayur sebagai pengusir nyamuk alami. Anda juga bisa meletakkan siung bawang putih di dekat Anda.

9. Pembersih Darah Alami

Bosan menutupi jerawat setiap pagi? Saatnya mengatasi akar penyebab jerawat dengan membersihkan darah. Dengan Bawang Putih Ambil dua siung bawang putih mentah dengan air hangat setiap hari. Konsumsilah di pagi hari dan kemudian minum banyak air sepanjang hari.

10. Produk Perlindungan Tanaman

Tak hanya nyamuk, hama taman tak suka bawang putih. Misalnya bawang putih bisa diubah menjadi pestisida alami dengan mencampurkannya dengan minyak mineral, air dan sabun cair. Tuang ke dalam botol semprot dan sebarkan ke tanaman. Hama menjauh.

11. Mengobati Jerawat

Bawang putih tentunya bukan bahan utama dalam obat jerawat. Namun, bawang putih bisa menjadi obat alami yang bagus untuk menghilangkan noda yang tidak sedap dipandang.  Antioksidan dalam bawang putih dapat membunuh bakteri. Gosokkan siung bawang putih pada jerawat untuk pengobatan topikal yang efektif.

12. Menghilangkan “duri”

dari bawah kulit Jika Anda meletakkan sepotong bawang putih dan kemudian membalutnya, diyakini dapat mendorong “duri” atau benda asing kecil yang masuk ke bawah kulit.

Cara Buat Minyak Bawang Putih

Bahan-bahan :

  • 1 kepala besar bawang putih segar
  • 200-250 ml minyak extra virgin

Cara Membuat Minyak Bawang Putih :

  1. Kupas bawang putih menggunakan mesin pengupas bawang dan masukkan ke dalam panci atau wajan.
  2. Tuangkan minyak zaitun extra virgin dan panaskan dengan api sedang sampai minyak menggelembung. Sekitar 3 menit.
  3. Kecilkan api, lalu lanjutkan memasak selama 5 menit atau sampai bawang bombay menjadi agak kuning.
  4. Matikan pemanas dan tunggu oli menjadi dingin.
    Masukkan minyak bawang bombai ke dalam wadah kedap udara dan tutup rapat.
  5. Minyak bawang putih sudah jadi

Berikut merupakan artikel tentang cara buat minyak bawang putih. Semoga bisa menambah rasa yang lezat dalam masakan anda. Selamat untuk mencoba.