Yuk Intip Cara Bikin Kacang Bawang Renyah dan Empuk

Banyak artikel yang sudah membahas mengenai cara bikin kacang bawang renyah dan empuk. Di sini kita juga akan membahasnya,akan tetapi secara lebih detail lagi. Kacang bawang ini sangat banyak sekali disukai oleh kalangan masyarakat luas karena rasanya yang enak dan gurih.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai cara bikin bawang goreng. Sekarang kita akan membahas cara membuat cara bikin kacang bawang. Simak artikel berikut !

Kacang Bawang

Kacang bawang

Kacang bawang merupakan makanan ringan yang sangat umum terutama pada saat perayaan Idul Fitri atau Tahun Baru atau kegiatan yang berkaitan dengan perayaan adat atau keagamaan seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, dan pernikahan.

Dan kacang bawang berasal dari kacang tanah yang telah diolah secara khusus dengan tambahan berbagai jenis bumbu yang memberikan rasa tertentu. Kacang yang sudah dikupas direndam dalam air panas untuk menghilangkan kulitnya dan melembutkan kacangnya.

Setelah kulit kacang tanah dikupas, kacang tanah yang telah hilang kulitnya ditiriskan kemudian digoreng dengan minyak kelapa tua dengan tambahan bumbu berupa irisan tipis bawang putih dan garam sebagai penyedap rasa.

Kemudian setelah kacang yang digoreng berwarna coklat muda dan juga berbau harum maka kacang tersebut harus segera diangkat dan juga ditiriskan agar bisa disajikan dengan nama kacang bawang. Saat ini kacang tidak selalu digoreng atau direbus, tapi kacang juga bisa diolah dalam oven.

Baca juga cara membuat sambel bawang.

Peluang Usaha Kacang Bawang

Info Produk Kacang Bawang

Kacang bawang sangat terkenal dan banyak yang menjadikan produk ini sebagai bisnis. Jika ada acara, kacang bawang tentunya disajikan. Tentunya jika Anda ingin berbisnis kacang bawang ini sangat menarik.

Jika ingin mencobanya, sangat mudah sekali membuat camilan berbahan dasar kacang ini. Bahan yang digunakan adalah kacang tanah, garam, bawang putih dan minyak goreng. Membuat kacang bawang sangat mudah dengan bahan sederhana ini, sehingga kacang bawang yang enak bisa dibuat.

Konsumen Kacang Bawang

Kudapan hangat berbahan kacang ini memungkinkan semua orang mulai dari anak-anak hingga orang tua untuk mengonsumsi kacang bawang ini. Anda bisa membuat rasa kacang bawang yang enak sehingga banyak orang akan menyukai kacang bawang yang ada di pasaran.

Pemasaran Kacang Bawang

Pemasaran biji bawang merah ini bisa dilakukan dengan cara menjualnya dengan berjalan-jalan di sekitar komplek atau mengemasnya kemudian menitipkannya di toko-toko terdekat Anda. Anda juga bisa menjualnya secara online menggunakan media sosial yang sedang berkembang.

Lokasi Usaha Kacang Bawang

Usaha kacang bawang ini bisa dijalankan di rumah sehingga lokasi usaha kacang bawang dapat memanfaatkan rumah agar lebih hemat dan ekonomis.

Peralatan Bisnis untuk Kacang Bawang

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kacang bawang merah karena dapat mempercepat proses produksi menjadi lebih baik. Segera gunakan mesin bisnis terbaik untuk mempermudah operasi bisnis.

Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha kacang tanah bawang merah ini antara lain wajan, spatula, saluran minyak, pisau, wadah, pengemas, dan lain sebagainya. Perangkat ini dengan mudah bisa didapatkan dari dapur rumah. Manfaatkan semaksimal mungkin untuk memaksimalkan usaha Anda.

Cara Bikin Kacang Bawang Renyah dan Empuk

1.Resep Kacang Bawang Original

Bahan-bahan :

  • 500 gram kacang tanah
  • 700 ml santan
  • 5 siung bawang putih, iris tipis (rendam air asin, tiriskan)
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara Bikin Kacang Bawang Renyah dan Empuk Original :

  1. Masak santan hingga mendidih. Kemudian tambahkan bumbu halus, garam,kaldu bubuk. Aduk rata dan bumbui sesuai selera. Lalu matikan apinya!
  2. Masukkan kacang tanah yang sudah dikupas. Campur dengan baik. Kemudian diamkan selama 40 menit.
  3. Panaskan minyak, goreng bawang putih cincang dan direndam dalam air garam hingga mengering, sisihkan. Lanjutkan menggoreng kacang dalam minyak panas dengan api sedang. Aduk sesekali , jika sudah menguning, angkat. Tiriskan di atas sapu tangan atau kertas.
  4. Setelah uap panasnya hilang, tambahkan sejumput bawang putih dan tempatkan dalam wadah tertutup rapat.
  5. Kacang bawang siap di sajikan.

2.Resep Kacang Bawang Rasa Mete

Bahan-bahan :

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • Santan 1 sachet
  • 1 sachet kaldu ayam bubuk
  • 2 sendok makan garam
  • 7 siung bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang kemudian diiris
  • Bawang putih yang dihaluskan 7 siung
  • Daun jeruk 7 lembar
  • Air
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Bikin Kacang Bawang Renyah dan Empuk Rasa Mete :

  1. Potong bawang putih menjadi irisan-irisan, rendam dalam air asin agar hasilnya tidak cepat gosong saat digoreng dan rasanya enak setelah direndam sebentar. Goreng hingga menguning.
  2. Cuci kacang sampai bersih
  3. Didihkan air, tambahkan bawang putih, daun jeruk, santan, dan garam. (Bawang putih kurang dihaluskan sehingga tidak lengket saat digoreng)
  4. Setelah matang dan diberi pewangi, biarkan kacang yang sudah dikupas bersih, masak hingga mendidih, tiriskan kurang lebih 7 menit
  5. Goreng hingga kekuningan
  6. Bawang merah rasa jambu monyet bisa disajikan dengan bawang putih goreng.

Demikian merupakan artikel mengenai cara bikin kacang bawang renyah dan empuk. Semoga dapat membantu kalian dalam hal bisnis ini. Selamat mencoba.