Cara Membuat Bumbu Oles Ayam Bakar pedas Manis Lezat dan Mudah

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat bumbu oles ayam bakar pedas manis Super Lezat dan Mudah. Cara pembuatanya mudah dan tidak ribet dan bahan yang dibutuhkan gampang diperoleh.

 

 

Ayam Bakar

olesan ayam bakar

Ayam bakar adalah masakan Indonesia dan Malaysia yang terdiri dari ayam bakar arang. Ayam bakar secara harfiah berarti “ayam panggang” dalam bahasa Indonesia dan Melayu.

 

Resep Bumbu oles

Bahan-Bahan Bumbu :

  • 4 sdm madu
  • 3 sdm margarine atau butter
  • 2 sdm kecap manis, campur aduk rata

cara membuat :

  1. Untuk olesan, ambil sisa air (bumbu) rebusan ayam, campurkan dengan margarin dan madu serta tambahkan kecap manis bila perlu.
  2. Ulek bawang merah putih garam kerumbar merica jahedan kemiri.

  3. Panaskan mentega tumis bumbu halus,stelah bau nya harum masukakan air kecap manis dan madu beserta gula.Masak sampai mendidih. Bumbu oles siap di pakai.

Resep Ayam Bakar

Bahan Bahan:

  • 1 ekor ayam dipotong men jadi 6-8 bagian
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • 1 batang serai digeprek
  • 1 keping gula merah
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya (opsional)
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 10 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 8 siung bawang merah
  • 5 lembar daun jeruk
  • 4 siung bawang putih
  • 3 lembar daun salam
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 2 sendok makan air asam Jawa
  • 2 cm kunyit
  • 1 ruas jari jahe

 

Cara Membuat :

  1. Cuci ayam, tusuk badan dengan garpu lalu tutup dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan ayam duduk sampai bumbu meresap.
  2. Sediakan bumbu halus kemudian tumis lalu masukan kedalam minyak panas hingga harum, lalu tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai. Panggang sampai bumbu tidak bersih.
  3. Tuangi santan, bumbui dengan bumbu-bumbu yang disediakan gula, garam, kaldu bubuk (opsional) dan air asam. Aduk hingga mendidih lalu tambahkan ayam. Mentah sampai ayam matang dan air berkurang.
  4. Panaskan pemanggang dan lumuri dengan minyak goreng. Panggang ayam dan gosok sesekali dengan sisa bumbu ungkep.

Macam-Macam Daging Ayam Untuk Dikonsumsi

1.Ayam Broiler

Ayam broiler adalah jenis ayam yang paling banyak terdapat di pasaran. Jenis ayam broiler ini lebih mudah dalam pemeliharaannya. Jenis ayam ini dapat diternakkan dan dapat dipanen dalam kurang dari waktu 30-45 hari tergantung pada bobot berat ayam yang diinginkan .Bobot berat ayam rata rata antara 900 gram – 2,5 kg. Paling lama jenis ayam yang bisa dipanen dalam waktu 60 hari. Karena jika melebihi tak dapat menambah berat badan yang signifikan. Jenis ayam ini banyak dikomsumsi oleh ibu rumah tangga atau pedangang berbagai usaha kuliner dan masakan rumah tangga.

2. Ayam Pejantan

Jenis ayam petelur rata rata dengan bibit khusus yang waktu ditetaskan hanya berjenis kelamin jantan.
merupakan ayam hasil produksi petelur yang berkelamin jantan. Ayam ini diternak dan diberi vitamin khusus juga yaitu konsentrat

3. Ayam Kampung

Jenis ayam ini banyak ditemui di lingkungan sekitar. Karena terkadang masih banyak orang yang memelihara jenis ayam ini dengan jumlah yang tidak teralu banyak.

Ada dua jenis ayam kampung yang paling banyak menjadi produk dipasaran.Yang pertama adalah bibit ayam kampung yang diternakkan seperti ayam broiler dengan cara dimasukan kandang dan cara pemeliharaan khusus. Ayam ini dipelihara dangan jangka waktu sekitar 3 – 5 bulan, berat ayam kurang lebih berkisar antara sekitar 500 – 700 gram.

Yang Kedua adalah ayam kampung yang tidak bisa dipelihara secara khusus. Ayam kampung harus dipelihara secara alami dan mencari makan sendiri di sekitar lingkungannya. Jika jenis ayam ini dipelihara jangka waktu yang lama lebih dari 6 bulan, maka bobot ayam tersebut sekitar 600 – 700 gram, jika lebih dari 6 bulan maka beratnya akan bertambah lebih dari 1kg.

3. Ayam Organik

Bibit ayam organik ini yang dilahirkan dari induk yang dipellihara secara organik tanpa obat obatan, . Bahan pakannya didapat dari bahan yang alamtanpa mengandung bahan kimia. Selain itu ayam organik ini dipotong lalu dibersihkan dengan bahan yang bebas bahan kimia. Biasanya jenis ayam ini lebih mahal harganya dibanding ayam jenis lainya

4. Ayam Probiotik & Prebiotik

Ayam Probiotik adalah Jenis ayam broiler yang telah disuntik dengan bahan kimia diberi pakan mengandung probiotik yaitu pakan dari mikroorganisme (seperti obat-obatan) yang dapat memperbaiki keseimbangan saluran cerna.

5. Ayam Petelur

Jenis ayam ini biasanya digunakan sebagai penghasil telur. Namun setelah usia 12-18 bulan atau lebih biasanya produktivitasnya untuk menghasilkan telur menurun. Ayam diseleksi untuk tujuan produksi daging yang lebih sempurna dikenal dengan ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur.

 

 

Demikian informasi yang kami sampaikan dalam artikel ini tentang Cara Membuat Bumbu Oles Ayam Bakar Pedas Manis Lezat dan Mudah. anda juga bisa membuat Cara Membuat Saus Barbeque Untuk Sosis dan Cara Membuat Resep Bumbu Oles Ayam Bakar Pedas Manis