Apakah Sama Montessori Vs Islamic Montessori?

Mom jelas nggak sih? Saat ini jadi banyak sekolah anak di Indonesia yang menerapkan sebuah metode bernama Montessori. Sebenarnya apa itu metode Montesorri? Montessori adalah sebuah sebuah metode pendidikan yang didasari terhadap aktivitas kesadaran diri sendiri, pembelajaran langsung, dan permainan kolaboratif. Selain itu, anak-anak didorong mengakibatkan pilihan kreatif di dalam pembelajaran mereka, sementara para guru menawarkan aktivitas yang sesuai di dalam memandu prosesnya.

 

Sejarah Montessori

Montesori berasal berasal dari nama salah satu dokter sekaligus ahli pendidikan asal Italia bernama Maria Montessori, awal mulanya, sementara itu Maria Montessori menjadi asisten psikiater di Klinik Psikiatri Universitas Roma.

Beberapa tahun kemudian, Montessori join dengan instansi pelatihan guru untuk sekolah anak difabel dan keterbelakangan mental, Scuola Magistrale Ortofrenica. Dari sana, dirinya jadi mendalami dan mengembangkan metode dan proses pendidikan yang ideal untuk anak-anak tersebut. Pada 1907, Montessori pada akhirnya berhasil mengakibatkan sekolah pertamanya, Casa dei Bambini (Children’s House), di situlah metode pendidikan Montessori jadi diterapkan.

Manfaat Metode Montesorri

BACA JUGA  Order Tumpeng nasi kuning di Jakarta Barat delivery recomended

Lantas, mengapa Montesorri menjadi salah satu metode yang banyak digunakan terhadap sekolah-sekolah anak di Indonesia sementara ini ya Mom? Sebenarnya apa perbedaanya dengan sekolah terhadap umumnya? Jawabannya adalah Montessori lebih membiarkan anak untuk mengeksplorasi dirinya supaya anak tumbuh menjadi pribadi yang berkembang, kreatif, dan mandiri. Anak terhitung diajarkan untuk berani menyampaikan pendapat di depan orang banyak supaya melahirkan analisis yang terbuka.

 

Bagaimana Proses Penerapan Montesorri?

Proses Montesorri yang diterapkan adalah melalui benda-benda kognitif. Benda-benda atau alat peraga berikut dihubungkan langsung dengan proses pembelajaran, contohnya guru beri tambahan kartu berwujud daun kepada anak dengan jumlah yang tidak sama terhadap kedua tangannya.

Kemudian guru menanyakan terhadap murid mana benda yang lebih berat, berasal dari situ anak bakal mampu merasakan bahwa jumlah kartu yang lebih banyak adalah yang lebih berat. Itu berarti jadi banyaknya kartu, maka bakal jadi besar pula angkanya. Jadi, anak diajarkan praktik langsung dan berperan aktif di dalam prosesnya. Sedangkan guru cuma bertindak sebagai pembimbing saja.

BACA JUGA  Tips & Trik Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Islamic Montesorri

Saat ini di Indonesia, tak sekedar metode Montessori rupanya ada ulang yang dikenal dengan nama Islamic Montessori. montessori islam cuma wujud pengembangan berasal dari Montessori, yaitu aktivitas pembelajaran studi Islam yang disisipkan secara menyenangkan. Tujuannya, untuk mengenalkan nilai-nilai Islam sejak usia dini dan menumbuhkan kedekatan dengan Allah. Jadi, pembelajaran apa yang dipraktikkan bakal dihubungan dengan nilai-nilai Islami. Contohnya, prinsip Follow the Child di dalam Montessori seirama dengan rancangan fitrah di dalam ajaran Islam.

Nah, Mom ngin jelas selengkapnya berkenaan Islamic Montessori? Bagaimana proses penerapannya? Mengapa begitu digemari sementara ini? Baca di dalam buku Islamic Montessori berasal dari Zahra Zahira. Zahra Zahira adalah salah satu pendiri berasal dari Indonesia Islamic Montessori Community (IIMC). IIMC adalah sebuah forum yang memanfaatkan metode Montessori dengan nilai-nilai Islam.