Utamakan Etika, 4 Cara Meminjam Uang Kepada Teman

meminjam uang teman

Saat sedang butuh pelarian untuk meminjam uang arah yang Anda tuju kemana?

Pasti langsung lari ke yang terdekat bukan? Nah yang terdekat itu siapa?

Yaitu teman atau keluarga Anda pasti.Tapi, saat Anda mencoba meminjam uang kepada keluarga atau teman Anda apakah pasti akan diberi?

Entahlah, hanya Tuhan dan dia yang Anda tuju.Tapi  jangan khwatir, ada kemungkinan besar Anda bisa memperoleh pinjaman uang tapi dengan syarat Anda meminjamnya dengan cara yang baik.

Lalu seperti apa cara meminjam uang kepada teman yang baik dan beretika?

Mari teruskan membaca yang ada di bawah ini.

4 Cara Meminjam Uang Kepada Teman

  • Pahami Situasi

kondisi uang

Yang pertama adalah memahami situasi teman Anda terlebih dahulu.Situasi yang dimaksud adalah situasi keuangan teman Anda.Apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.

Cara melihatnya juga mudah, lihat keseharian teman Anda apakah terlihat sedang memiliki keuangan yang sehat atau tidak.Atau akan lebih efektif lagi jika Anda menanyakannya secara langsung, karena pengamatan samata belum tentu hasilnya akurat.

Apabila kondisi keuangan teman Anda baik, maka Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

  • Bicara Dengan Sopan Disertai Alasan Yang Jelas

bicara sopan

Saat membutuhkan sesuatu Anda pasti cenderung akan mengatakan hal-hal yang sopan dan terlihat meyakinkan untuk bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

Begitu juga saat Anda meminjam uang, bicaralah sesopan mungkin kepada teman Anda sertai alasan yang jelas dan logis.Maksudnya Anda harus benar-benar dalam kondisi terdesak dan sangat butuh bukan hanya karena alasan sepele seperti untuk berfoya-foya, alasan seperti itu sudah dijamin bahwa teman Anda akan kesulitan untuk memenuhi permintaan Anda.

Mungkin akan terlihat mudah jika teman yang Anda jadikan tempat peminjaman ini adalah teman yang kondisi ekonominya sangat cukup.Tapi, sekaya apapun teman Anda kalau meminjamkan untuk alasan yang sangat sepele, bukan hal yang tidak mungkin akan ditolak.

  • Pastikan Terdapat Perjanjian Tertulis

kontrak meragukan

Langkah selanjutnya untuk semakin membuat kegiatan peminjaman ini tampak resmi, maka Anda perlu mencatat semua perjanjian yang Anda buat dengan teman Anda secara tertulis.

Ini menjadi sebuah solusi terbaik untuk menghindari kejadian lupa atau apapun itu.Karena saat ini tidak jarang orang-orang yang selalu lupa punya hutang jika hanya diingat tanpa adanya surat tertulis.

  • Ucapkan Terima Kasih Dan Tepati

bilang terimakasih

Perjanjian yang sudah tertulis menunjukkan bahwa kesepakatan antara Anda dan teman Anda sudah terjadi, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan mengucapkan terima kasih dan tetap memegang teguh janji Anda untuk melunasi hutang tersebut sesuai dengan apa yang sudah disepakati.

Itu beberapa cara untuk Anda yang ingin meminjam uang kepada teman Anda.Tapi, terlihat dalam langkah tersebut jika teman Anda berhasil menyanggupi permintaan Anda.

Sekarang, jika teman Anda tidak menyanggupi permintaan Anda, apa yang akan Anda lakukan?

Mencari jalan keluar lain tentunya, bisa dengan meminjam di bank atau menggadaikan barang berharga Anda.

Untuk Anda yang punya kendaraan maka Anda bisa menggadaikan kendaraan Anda di pinjaman jaminan BPKB mobil bunga rendah yang bisa Anda jadikan solusi pinjaman Anda.

Semoga bermanfaat.