Masih Ragu Menabung? Inilah 5 Manfaat Menabung Untuk Kehidupan

Menabung

Menabung?

Sebuah hal yang mungkin kebanyakan orang anggap adalah hal yang simple untuk dilakukan.Ya,memang terdengar simple tapi yang melakukannya tidaklah simple.

Tentu,menabung tidaklah sesederhana itu,harus membutuhkan kemauan dan dorongan agar seseorang mau menabung.Terlebih jaman sekarang ini yang serba mewah dan baru, membuat hasrat ingin menghabiskan uang sangatlah mudah, padahal mencari uang bukanlah perkarang yang mudah untuk beberapa orang.

Tapi tidak semua orang akan terus berada di dalam keadaan seperti itu terus.Bukankah kehidupan itu bagaikan roda?

Baiklah sepertinya sudah cukup basa-basi dari saya.Yang terpenting disini adalah bahwa saya ingin mengajak Anda semua untuk lebih prihatin dengan keadaan atau masa depan yang akan datang,karena kita tidak tahu masa depan kita seperti apa.Sebuah keprihatinan tersebut dapat kita tuangkan dengan cara menabung.

Kenapa harus menabung?

Karena itu sangat berguna untuk kehidupan saat ini dan yang akan datang.

Seperti ini,untuk meyakinkan Anda lagi bahwa menabung merupakan suatu perkara yang bermanfaat.Anda bisa simak apa saja manfaat menabung di bawah ini.

Berikut 5 Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Anda

  • Menghemat Keuangan

Hemat pangkal kaya.

Mungkin hal tersebut terdengat kekanak-kanakan,tapi justru itu adalah hal yang sangat benar dan terasa manfaatnya.Dengan menabung Anda akan lebih sadar lagi bahwa semua itu perlu yang namanya hemat.

Anda akan lebih bisa lagi dalam mengatur keuangan,misalnya menghindari membeli hal-hal yang kurang penting dan lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan.Hal itu merupakan sebuah titik awal untuk Anda memulai sebuah kesuksesan.

  • Terhindar dari Hutang

Hutang bukanlah sebuah perkara yang pantas untuk disepelekan,Anda semua tentu sudah tahu bukan apa saja dampak negative yang diberikan dari hutang.Untuk itu mencegah dari berhutang merupakan hal yang baik untuk mengatasi suatu keadaan.

Keadaan yang dimaksud adalah apabila terdapat sebuah kejadian yang membuat Anda sangat membutuhkan uang padahal Anda sedang dalam keadaan sulit ekonomi,maka dengan menabung tersebut, Anda bisa mengatasi hal semacam itu dengan mudah.Hanya perlu mengambil uang tabungan Anda tanpa harus berhutang.

Manfaat yang sangat menguntungkan.

  • Melatih Hidup Sederhana

Walaupun Anda berada dalam kondisi yang serba cukup, bukan berarti Anda tidak harus sederhana.Dengan Anda menabung tentunya Anda akan berjuang untuk menyisihkan uang Anda sebagian untuk ditabung, itu akan melatih Anda untuk lebih sederhana lagi karena Anda tidak harus selalu menuruti semua keinginan Anda dan menjadi terlalu mewah.

Selain itu hidup sederhana akan mengajarkan Anda untuk lebih bersyukur lagi dan Anda bisa merasakan bagaimana keadaan orang-orang lain diluar sana yang hidup sederhana atau bahkan tidak dalam keadaan cukup.

  • Belajar Disiplin

Dengan Anda yang menyisihkan sebagian uang Anda untuk ditabung,tentunya Anda akan menjadikan hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan.Sehingga Anda akan terus menetapkan berapa uang yang akan Anda tabung dan berapa uang yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan,penetapan hal tersebut akan melatih Anda untuk bersikap disiplin.

  • Melatih Kesabaran

Manfaat lainnya yang dapat Anda dapatkan yaitu Anda dapat melatih kesabaran Anda.Hal ini terbukti saat Anda mencoba menahan diri untuk tidak menuruti keinginan Anda.Selain itu Anda juga dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan keuangan Anda.

Memang dari hal tersebut banyak yang ditekankan bahwa Anda harus mengabaikan keinginan Anda dan lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan Anda terlebih dahulu.Untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan, Anda bisa membuat daftar mana kebutuhan yang harus Anda beli dengan uang yang Anda dapatkan dan sisanya lagi bisa Anda tabung.

Sekarang yang menjadi pertanyaan.Dimana tempat yang bijak untuk Anda menabung?

Mungkin Anda bisa menabungkan uang Anda secara pribadi,tapi belum tentu hal tersebut dijamin keamannya.Pada umumnya untuk memperoleh kenyamanan dan keamanan menabung,banyak orang yang menabung di bank.

Tapi jika Anda merasa kesulitan untuk menjangkau bank,maka solusi yang dapat Anda dapatkan yaitu Anda bisa menabung di BPR ( Bank Perkreditan Rakyat) lebih tepatnya di BPRWM karena disana Anda akan memperoleh pelayanan yang memuaskan dan dijamin keamanannya.

Ingat kalau menabung jangan salah pilih tempat.

Semoga Bermanfaat.