Fungsi Penting Guiding Block Jalur Difabel

Guiding Block – Banyak masyarakat terlebih yang berlokasi di daerah kota pastinya banyak menemukan lantai yang permukaannya memiliki desain timbul seperti titik-titik bulat kecil ataupun berupa pola garis yang memanjang.

Ubin atau keramik dengan tekstur berpola diatasnya ini bukan hanya difungsikan untuk menambah keindahan tatanan kota semata, akan tetapi untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang Tunanetra ke jalur yang tepat dan yang lebih aman.

Lantai bertekstur ini kerap dikenal dengan sebutan Guiding Block atau Tactile Paving. Tactile paving jalur pemandu Tunanetra ini dapat diartikan sebagai lantai yang mempunyai permukaan dengan pola yang berguna untuk menjadi alat pembantu dalam mengarahkan penyandang Tunanetra untuk menjumpai jalan yang tepat untuk melangkah dan mempermudah penyandang disabilitas tersebut di dalam menuju lokasi tujuan.

Jadi sangat banyak kegunaan dari Tactile paving block ini sebagai ubin keramik dengan tekstur berpola diatasnya yang difungsikan untuk membantu memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Guiding Block merupakan media yang berupa ubin atau keramik yang sekarang ini cukup mudah ditemukan sebagai salah satu fasilitas umum baik di fasilitas pada bangunan gedung maupun pada jalan-jalan.

Guiding Block jalurTunanetra ini sudah banyak tertempel khususnya di daerah kota-kota yang padat penduduk misalnya saja Guiding block tactile paving di kota Jogja, Semarang, Jakarta, Surakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

BACA JUGA  Pembuatan Pot Sabut Kelapa Mudah dan Ramah Lingkungan

Meskipun sudah banyak terpasang di banyak tempat, rupanya ada beberapa orang yang kurang mengerti peran dan fungsi dari tactile paving block tersebut.

Penggunaan Guiding Block ini sudah popular dipakai di banyak negara-negara maju dan sekarang ini sudah ada peraturan perundang-undangannya untuk menjadikan jalur yang baik bagi penyandang disabilitas.

Fungsi Guiding Block

Tujuan dari pengaplikasian Guiding Block ini difungsikan sebagai ubin khusus yang digunakan untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra agar dapat memberikan kenyamanan saat berjalan baik untuk penyandang difabel ataupun bagi pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada banyak fungsi dari penggunaan Tactile paving block ini, di antaranya yaitu:

1. Untuk Memandu Berjalan Penderita Tunanetra
Guiding Block memiliki peran utama yaitu sebagai media di dalam mengarahkan para penyandang Tunanetra ketika berjalan dengan nyaman tanpa rasa khawatir akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Guiding block tactile paving ini terdapat desain yang berguna untuk memberikan tanda untuk menjadi pengarah jalan untuk penyandang disabilitas khususnya tunanetra di saat berjalan. Pada Guiding Block ini terukir 2 bentuk pola yang tidak sama yang dipetik dari huruf Braile.

Dua bentuk pola itu merupakan pola garis-garis lurus yang berguna untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang disabilitas, selain itu juga pola ini juga mempunyai arti bahwa di jalur tersebut bisa terus berjalan, Tactile paving block ini biasa dikenal dengan Guiding Block Line type. Tactile paving line type ini biasa dipasang sejajar memanjang mengikuti rute jalan.

BACA JUGA  Mengapa Kita Bermimpi? Dan Apa Itu Mimpi?

Satu bentuk pola yang lain adalah Guiding block tactile paving dengan pola titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang sering dikenal dengan nama Tactile guiding block Spot type. Guiding block tactile paving spot type berguna untuk memberikan isyarat untuk berhenti.

2. Memberikan kenyamanan untuk penyandang Tunanetra di saat berjalan
Meski mempunyai keterbatasan fisik, seorang penyandang disabilitas tetap mempunyai kewajiban yang sama dalam memakai fasilitas jalan yang ada di masyarakat.

Dengan terdapatnya alat bantu itu diharapkan bisa bermanfaat dalam meminimalisir terjadinya resiko bahaya yang bisa terjadi pada penyandang Tunanetra di waktu berjalan.

Selain itu dengan tersedianya Guiding block tactile paving ini bisa memberikan kemudahan akses untuk difabel dan juga bagi pejalan kaki lainnya.

3. Memperindah tampilan tata kota
Manfaat lain dari Guiding Block ini adalah untuk meningkatkan keindahan dari tatanan kota karena dengan adanya Tactile guiding block ini mampu memperindah tampilan kota seperti Jalanan kota, jalan ke suatu gedung bangunan, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan melakukan pemasangan Tactile paving ini akan mendapatkan nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli dan memperhatikan hak dan kewajiban bersama tak terkecuali untuk para difabel.