Cara Membuat Landing Page Untuk Pemula

Cara membuat landing page sebenarnya adalah proses yang mudah, namun bagi pemula akan sedikit mengalmi kesulitan. Landing page adalah salah satu strategi marketing yang cukup efektif meningkatkan pelanggan dan trafik situs.

Perannya pun sangat penting mengingat landing page adalah halaman yang akan langsung dilihat setelah visitor mengunjungi suatu link.

Apabila anda memiliki sebuah bisnis online, maka anda harus mempunyai sebuah landing page yang menarik sehingga penghasilan yang anda dapatkan akan lebih maksimal.

Anda dapat membuat landing page sendiri, namun apabila mempunyai budget lebih maka anda dapat mempercayakan landing page website bisnis anda pada jasa pembuatan landing page.

 

Persiapan Membuat Landing Page

Membuat landing page bukanlah hal yang sulit, bahkan untuk pemula sekalipun. Sebelum masuk ke tutorial cara membuat landing page, supaya lebih mudah, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Web hosting yaitu layanan yang memungkinkan pengguna mempublikasikan website atau aplikasi web di internet. Hosting menyimpan semua file website di sebuah server yang bisa diakses secara online.
  2. Nama domain adalah alamat yang mengantarkan pengguna ke website yang dituju. Nama domain diakhiri dengan ekstensi .com, .co.id, dan sebagainya yang kamu ketikkan di kolom alamat browser ketika membuka suatu situs.
BACA JUGA  Vendor Tumpeng nasi kuning di Jakarta Barat spesial Khas nusantara

 

Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Elementor

Cara membuat landing page adalah proses yang sebenarnya mudah. Jika sudah memiliki WordPress, anda bisa menggunakan bantuan plugin dan  untuk membuat landing page tanpa perlu menguasai coding. Dengan plugin, kamu dapat membangun dan mengelola lakukan landing page sendiri.

Di tutorial kali ini, Dewaweb menggunakan plugin Elementor versi gratis untuk membuat landing page di WordPress.

1. Install plugin Elementor Website Builder

Pertama-tama kamu perlu menginstal plugin Elementor sebagai cara awal membuat landing page. Pada dashboard WordPress, pilih menu Plugins>Add New. Lalu kamu akan diarahkan ke halaman plugin WordPress. Cari Elementor Website Builder dengan mengetiknya di kolom search plugin.

Setelah menemukannya, klik Install Now, lalu Activate. Tunggu sesaat hingga proses pengaktifan plugin berhasil.

2. Buat landing page

Setelah berhasil mengaktifkan plugin Elementor, selanjutnya kamu bisa mulai membuat landing page. Caranya, klik opsi Pages pada dashboard, lalu klik halaman yang kamu inginkan untuk dijadikan landing page. Kemudian edit halaman tersebut menggunakan Elementor dengan mengklik opsi Edit with Elementor.

3. Tambahkan elemen di landing page

Cara selanjutnya dalam membuat landing page adalah menambahkan elemennya. Setelah tadi memilih opsi Edit with Elementor, kamu akan diarahkan ke dashboard Elementor untuk membuat landing page. Tampilannya seperti berikut.

BACA JUGA  Resep Corndog Sosis Mozarella Untuk Jualan

Kamu bisa menambahkan elemen-elemen pada landing page dengan mengklik opsi di sisi kiri dashboard. Terdapat banyak pilihan elemen, seperti Heading, Image, Video, Text Editor, Icon, Button, dan sebagainya. Kamu tinggal drag & drop elemen tersebut ke sisi landing page sebelah kanannya.

4. Mengatur tata letak elemen landing page

Langkah berikutnya, kamu bisa mengatur tata letak elemen yang kamu pilih sebelumnya. Kamu juga dapat dengan mudah melakukan penyesuaian layout di Elementor menggunakan fitur drag and drop-nya.

Lakukan kustomisasi pada teks dengan langsung mengklik blok elemen yang ingin diubah. Tambahkan media, tombol CTA, dan sebagainya untuk mendukung landing page terlihat menarik. Atur tata letak hingga rapi untuk dilihat pengunjung website.

5. Publish landing page

Setelah semua pengaturan selesai, langkah terakhir kamu bisa publish landing page tersebut. Sebelumnya, pastikan kamu sudah meninjau ulang tampilan landing page dengan klik Preview. Jika semua komponen sudah oke, klik Publish.