Nokia 6.1 Plus Khusus Untuk Gamer

Setelah sebelumnya meluncurkan Nokia 6.1 Plus, HMD Indonesia kembali menghadirkan varian lain yaitu Nokia 5.1 Plus untuk pasar Indonesia. Dikenal pula dengan nama Nokia X5, ponsel pintar ini dibanderol dengan harga Rp2.599.000 yang yang siap bersaing dengan kompetitor sekelas. Bidik sampai kelas menengah, Nokia 5.1 menggunakan SoC Media Tek Helio P60 yang dipersiapkan untuk menyaingi Qualcomm Snapdragon 660. Untuk pasar Indonesia, sejauh ini yang hadir adalah versi dengan memori utama 3 GB dan media simpan 32 GB.

Jika kapasitas ini dirasa kurang besar, pihak Nokia menegaskan bahwa kapasitas ini sudah cukup untuk menjalankan berbagai aktivitas, temasuk bermain gim. Berhubung salah satu peruntukkannya adalah untuk bermain gim, kami mencoba mengujinya dengan gim populer yaitu Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile. Pada game android Mobile Legends, kami coba menggunakan pengaturan yang tertinggi pada pilihan grafik. Hasilnya luar biasa, gim dapat berjalan lancar tanpa lag di berbagai skenario.

Untuk PUBG Mobile, kami coba menggunakan pengaturan tertinggi yang bisa dicapainya. Hasilnya, gim berjalan sedikit mengalami lag, tetapi ini wajar karena pengaturan yang digunakan memang membutuhkan sistem yang tangguh. Oleh karenanya, menurunkan detail grafik adalah solusi yang terbaik saat memainkan gim PUBG Mobile dan sejenisnya. Belum puas mengujinya, permainan lain poker online uang asli pun saya coba dan hasilnya memang benar ponsel besutan Nokia bisa diandalkan bermain game poker maupun game jenis lainya.

Saat memainkan gim-gim tersebut, suhu yang dihasilkan Nokia 5.1 memang meningkat, tetapi masih wajar dan tidak terlalu mengganggu. Sementara pada pengujian menggunakan aplikasi uji, hasilnya cukup bersaing dengan ponsel pintar sekelas lainnya. Dibekali baterai 3.060 mAh, ponsel pintar berdesain glossy tetapi tidak mudah kotor ini mampu bertahan sampai 5 jam 37 menit. Hasil tersebut didapat dengan pengaturan tingkat kecerahan layar pada posisi tertinggi serta mengaktifkan mode pesawat. Sementara, saat digunakan untuk aktivitas seharihari dengan mengakses internet menggunakan data seluler dan tanpa bermain gim secara intensif, Nokia 5.1 mampu bertahan dari pagi sampai malam hari.

Nokia 5.1 Plus merupakan bagian dari Android One sehingga mendapat prioritas dalam hal pembaruan sistem. Saat kami nyalakan, sistem operasi yang digunakan adalah Android 8.1 Oreo, tetapi sudah langsung mendapatkan notifi kasi untuk pembaruan ke Android 9.0 Pie. Kami pun langsung memperbarui sistem tanpa masalah. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Android 9.0 Pie adalah hadirnya beberapa fitur baru, termasuk App Actions dan Digital Wellbeing, dua fitur eksklusif untuk perangkat Android One maupun ponsel pintar Google Pixel.

Dua kamera belakang Nokia 5.1 masing-masing memiliki resolusi 13 MP dan 5 MP. Pengguna bisa mengambil foto dengan bokeh melalui fitur Live Bokeh. Menariknya, pengguna bisa mengatur langsung tingkat keburaman latar. Pengaturan ini bisa dilakukan pada saat hendak mengambil gambar ataupun sesudahnya. Bokeh yang dihasilkan terlihat cukup halus dan rapi. Kamera depannya juga bisa menghasilkan bokeh, tetapi tidak bisa diatur secara manual tingkat keburamannya. Nokia masih mengandalkan fitur khas mereka di aplikasi kamera yaitu bothie. Bothie memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambar dari kamera belakang dan kamera depan dalam satu frame sekaligus. Pengguna bisa menentukan kombinasi gambar tersebut, secara picture-inpicture atau split screen. Selain untuk foto, pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk streaming video ke YouTube atau Facebook.