Cara Edit Video Sederhana di Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 10

Dahulu, ponsel digunakan hanya sebatas untuk keperluan SMS dan telepon saja. Namun, saat ini telepon telah berevolusi menjadi ponsel genggam yang pintar dengan beragam kemampuan yang dimiliki, serta dapat mendukung beragam produktivitas harian kita, baik sebagai Ibu Rumah Tangga, Pekerja Professional, dan beragam profesi lainnya.

Salah satu smartphone atau ponsel pintar yang akan masuk pada pembahasan kita kali ini adalah Samsung Galaxy Note 10. Seperti namanya, ponsel ciptaan dari perusahaan Samsung ini didesain khusus untuk meningkatkan produktivitas para pekerja digital, seperti video editor, dan profesi sejenis lainnya. Pada Samsung Galaxy Note 10, kamu dapat melakukan pengolahan video secara langsung melalui fitur yang tertanam pada gallery, tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Agar pengeditan menjadi semakin mudah, Samsung juga membekali stylus pen yang bisa digunakan untuk kebutuhan editing. Tentu saja ini memudahkan bila dibandingkan harus melakukan editing menggunakan jari tangan kita yang berukuran berbeda dan terkadang cukup menyulitkan dengan ukuran layar yang kecil.

Dengan adanya fitur editing di Samsung Galaxy Note 10 ini, kamu memungkinkan untuk dapat melakukan pemotongan, penambahan music, melakukan penambahan teks, dan editing sederhana lainnya secara langsung dan tentunya sangat mudah.

Untuk dapat melakukan edit video, pertama-tama kamu harus memastikan file video yang akan diedit telah tersimpan pada penyimpanan internal Galaxy Note 10 milik kalian. Kamu bisa melakukan edit video dari hasil rekaman melalui kamera, atau pun video lainnya yang kalian download di internet. Namun, perlu diperhatikan, kamu hanya dapat melakukan edit video dengan format file MP4 atau WEBM.

Untuk dapat masuk ke dalam timeline editing, kamu bisa membuka video yang telah disiapkan sebelumnya dengan menggunakan Stylus Pen. Lalu, arahkan pen pada sisi kanan atas layar dan kamu akan menemukan tombol kecil untuk memasuki proses editing.

Setelah berhasil masuk ke layar editing, kamu bisa melakukan kreasi edit video sesuai dengan kebutuhan kamu. Contoh saja, seperti untuk membangun video singkat dengan alur cerita yang sesuai, kamu bisa melakukan pemotongan video dan membuang bagian-bagian yang tidak dibutuhkan.

Setelah bagian tidak diperlukan sudah dipotong, kamu bisa melakukan preview terlebih dahulu, apakah alur cerita sudah sesuai dengan yang diinginkan. Bila sudah, kamu bisa menambahkan file audio sebagai backsound dari video singkat kamu agar dapat membantu membangun mood dari cerita yang ingin kamu sampaikan. Pastikan lagu yang kamu masukkan sesuai dengan cerita yang dimaksud ya, agar lebih mengena.

Nah, selanjutnya jika lagu juga telah disesuaikan, kamu bisa melakukan gradasi warna untuk memberikan kesan hangat atau pun sejuk atau kamu juga bisa memberikan subtitle dengan menggunakan fitur penambah text pada video. Terakhir, jika sudah, kamu bisa melakukan ekspor video. Jika video dengan durasi lama, tentu akan menjadi semakin besar dibandingkan ukuran asli. Sebagai solusinya, kamu bisa membaca pada halaman cara kompres video untuk memperkecilnya.

Untuk dapat melakukan editing agar dapat menemukan ciri khas kamu, baik dari transisi yang digunakan, pewarnaan video, hingga penentuan alur cerita, tentunya tidak dapat kamu lakukan hanya dalam satu kali percobaan saja. Biasakan diri kamu untuk terus mencoba hingga menemukan formula yang pas untuk video dengan ciri khas kamu.