Apa Itu VPS Hosting? Kenali Sebelum Menggunakannya!

Bagi kamu yang ingin mulai membuat dan membangun website pastinya butuh hosting. Ada berbagai macam hosting yang tersedia, mulai dari yang paling sederhana dan murah hingga yang penuh dengan fitur canggih dan harganya mahal. Di artikel ini kami akan membahas VPS yang merupakan salah satu jenis hosting yang bisa kamu gunakan.

VPS

VPS hosting adalah sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting internet. VPS menjalankan system operasinya sendiri sehingga customer memiliki akses penuh atau superuser. Dengan VPS kamu mendapatkan space yang jauh lebih besar dan privat tentunya. Kamu bisa menggunakan 100% space untuk website kamu dan performa dari VPS tidak perlu diragukan lagi. Dengan kata lain VPS nemiliki kapasitas yang besar, performa yang tinggi dan fleksibilitas. VPS juga pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan membuat server sendiri dengan biaya hardware yang tinggi.

VPS bekerja seperti komputer pada umumnya, dan berjalan di dalam sebuah server. Satu server fisik bisa menampung beberapa virtual server yang tidak terhubung satu sama lainnya. Satu virtual server bekerja secara independen dan tidak akan mempengaruhi virtual server lainnya, jadi sangat berbeda dengan shared hosting.

Karena virtual server bekerja sendiri secara penuh, kamu bisa menambahkan sistem operasi atau OS sendiri dan juga segala jenis software yang kamu butuh kan. Sebuah VPS juga bisa direboot secara mandiri tanpa mengganggu VPS lainnya.

VPS Linux dan Windows

vps windows vs linux

Ada dua jenis VPS yang paling populer digunakan, VPS Linux dan Windows. Keduanya sangat berbeda dari satu sama lain, berikut perbedaanya:

  • Windows cenderung lebih mahal karena lisensi yang mahal, berbeda dengan Linux yang tidak dikenakan biaya apa pun.
  • Linux memiliki garansi uptime 100% berbeda dengan Windows yang tidak bisa menjamin uptime 100%.
  • Linux lebih mudah digunakan karena memiliki cPanel Management Tool sehingga mengelola FTP dan SSH sangat mudah. Windows memiliki keunggulan sendiri, yaitu bisa diremote dengan desktop remote menggunakan GUI.
  • Di Windows, seorang administrator bisa menyembunyikan file dari tampilan administrator dan bias mengubah dan menggunakan hak independen atas semua file.
  • Linux bisa menggunakan beberapa control seperti cPanel dan Web Host Manager, sedangkan Windows hanya menggunakan Plesk.

Berbeda Dari Shared Hosting

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, VPS sangat berbeda dari shared hosting. VPS dan shared hosting keduanya menggunakan satu sumber server, namun shared hosting mengharuskan user untuk berbagi resource di dalam server. Bandwidth misalnya, harus dibagi rata dengan user lainnya, semakin banyak user semakin kecil bandwidth yang tersedia untuk setiap user. User juga tidak memiliki kontrol penuh atas server yang digunakan.

Menggunakan VPS

Tidak semua orang butuh VPS, mungkin shared hosting saja sudah cukup. Tapi ada saatnya di mana pemilik website ingin beralih ke hosting yang lebih baik dari sebelumnya. Berikut adalah alasan-alasan pemilik website beralih ke VPS:

  • Bisnis mulai berkembang dan jumlah traffic juga semakin tinggi. Kamu pastinya tidak ingin pengunjung beralih ke bisnis lainnya karena website tidak bisa diakses.
  • Ingin menjalan aplikasi tertentu.
  • Meningkatkan keamanan sehingga semua data bisa terjamin keamanannya. Serangan terhadap website selalu terjadi setiap harinya, VPS bisa meningkatkan keamanan website kamu.
  • Ingin menjamin uptime yang dekat dengan 100%.

Untuk migrasi ke VPS kamu bisa gunakan jasa setting VPS.