Tips Membangun Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Simak beberapa tips yang tidak boleh Anda lewatkan ketika ingin membangun rumah minimalis berikut ini.

Menentukan Tipe Bangunan Rumah Minimalis

Tipe bangunan minimalis sangatlah penting untuk disesuaikan karena sangat berkaitan erat dengan luas lahan, tabungan yang ada hingga keinginan untuk membangun rumah minimalis seperti 1 lantai atau 2 lantai. Dengan adanya tipe bangunan atau desain maka biaya secara keseluruhan dapat diperkirakan dengan matang, mengingat harga material semakin hari terus meningkat. Selain itu, Anda juga dapat memperkirakan apakah akan membayar ongkos jasa bangun rumah secara borongan atau harian.

Menetapkan Kisaran Dana yang Dibutuhkan

Apabila Anda sudah menentukan luas dan tipe bangunan yan dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menentukan kisaran dana yang dibutuhkan untuk membangun hunian impian Anda termasuk biaya keseluruhan bangun rumah seperti jasa kontraktor, kualitas material hingga biaya lain-lain yang muncul saat proses pembangunan berlangsung.

Memilih Jasa Bangun Rumah

Desain yang bagus dan kualitas dari tukang bangun rumah minimalis  memang dapat menentukan kesuksesan Anda selama membangun rumah minimalis. Mengingat, akhir-akhir ini banyak kontraktor abal-abal yang hanya ingin meraup keuntungan dan melarikan diri pasca pembangunan rumah baru berjalan setengahnya. Tentu, hal ini harus menjadikan Anda lebih waspada dalam memilih kontraktor jasa bangun rumah di Solo.

Memilih Kualitas Material

Setelah menemukan jasa untuk membangun hunian impian Anda, langkah selanjutnya adalah dengan memilih kualitas material. Dalam memilih jenis dan kualitas material Anda dapat menanyakan kepada pihak kontraktor supaya bisa mendapatkan material yang sesuai dengan keinganan dan budget yang ada. Bahkan, jika Anda harus melakukan survey toko bangunan satu dengan yang lainnya tidak ada masalah. Hal ini, bertujuan agar Anda mendapatkan harga terbaik sesuai dengan pasar. Material finishing, material konstruksi hingga material instalasi seperti instalasi listrik dan air yang baik agar dikemudian hari tidak ada keluhan mengenai permasalahan instalasi. 

Melaksanakan Perencanaan Pembangunan sesuai dengan Jadwal yang Tepat

Memperhatikan waktu dan jadwal yang tepat memang sangatlah penting untuk dilakukan agar proses pembangunan rumah dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala sedikit pun. Bisa Anda bayangkan, jika tukang bangun rumah memasang batu bata di musim hujan. Tentu, hal ini akan menghabiskan waktu yang lebih lama, sehingga pengeluaran Anda menjadi membengkak.

Menentukan Furniture yang Cocok untuk Bagian Interior Rumah

Dengan adanya jasa bangun rumah, maka bisa dijadikan partner terbaik Anda untuk membantu memilihkan jenis furniture yang sesuai dengan konsep desain rumah yang ada. Setidaknya, Anda tetap dapat turut andil dalam memilih furniture yang disukai, akan tetapi tetap harus memperhatikan interior rumah supaya hunian yang bernuansa minimalis tetap terlihat indah tanpa harus terbebani dengan berbagai furniture yang akan membuat kondisi rumah semakin sempit dan berantakan.

Pastikan Legalitas Surat Pengurusan Mendirikan Bangunan sudah Selesai

Mengurus legalitas surat pendirian bangunan memang harus Anda lakukan, jangan sampai saat bangunan sudah selesai namun surat-surat yang harus diselesaikan masih mengambang. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mengalokasikan dana khusus unuk menyiapkan hal-hal diluar teknis seperti mengurus surat ijin dan lain sebagainya. Dalam mengurus IMB sebaiknya Anda jangan menggunakan pihak ketiga sebagai perantara, hal ini untuk menghindari Anda dari kecurangan yang bisa merugikan diri sendiri. Selain itu, sebaiknya dalam melakukan kepengurusan IMB semua syarat dan prosedur telah dilengkapi dengan baik supaya waktu yang dibutuhkan lebih efektif dan efisien.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun rumah supaya tidak ada masalah terkait dengan perencanaan hingga pembangunan rumah minimalis. Selama Anda bisa memilih vendor terbaik termasuk apabila Anda berdomisili di Perkotaan