Tahap Tahap Mengatasi Ac Tidak Dingin

Tahap Tahap Mengatasi Ac Tidak Dingin – Memang, menservice AC dingin itu tidak mudah. Tetapi ini tidak berarti bahwa ini tidak dapat dilakukan. Setiap orang dapat melakukan pekerjaan itu, selama mereka memiliki pengetahuan yang memadai tentang pengkondisian.

Oleh karena itu, melalui artikel singkat ini saya akan mencoba berbagi ilmu dengan teman-teman tentang bagaimana cara mengambil langkah-langkah jika kita menemukan masalah yang terjadi pada AC.

Artikel yang saya tulis ini adalah pengalaman pribadi saya sebagai teknisi conditioning, tetapi juga sebagian dari referensi dari rekan teknisi saya.

Sekaligus juga merupakan jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan teman-teman kepada saya, baik melalui komentar maupun chatting di WhatsApp dan juga melalui telepon.

Kenapa AC-nya tidak dingin? AC di dalam rumah dimatikan kenapa kakak? Kurang lebih pertanyaan seperti itu.

Ada banyak faktor yang menyebabkan AC tidak berfungsi, namun disini saya akan coba sampaikan alasan kenapa AC tidak dingin yang umum terjadi di bidang ini.

Tahap Tahap Mengatasi Ac Tidak Dingin

Tahap Tahap Mengatasi Ac Tidak Dingin

Supaya sobat tidak bingung dan memudahkan dalam mempraktekannya, berikut tips mengalahkan AC dingin akan terkelupas sesuai kronologi permasalahannya.

Nah … nah ga usah basa-basi, yuk simak ulasannya berikut ini.

Langkah-langkah untuk Service Ac Tidak Dingin

Dalam hal ini, saya memastikan AC berjalan, baik di dalam maupun di luar ruangan, tetapi tidak mengeluarkan udara dingin sama sekali. Biasanya masalah seperti ini disebabkan oleh AC yang kotor, serta tekanan freon yang hampir habis (mungkin ada kebocoran). Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah.

1 # Daya AC yang kotor mungkin tidak berfungsi untuk waktu yang lama

Periksa apakah AC kotor, baik dari evaporator dalam ruangan atau kondensor eksternal jika ada cukup debu. Agar hawa dingin tidak menyebar ke seluruh ruangan.

Jika kotor sebaiknya dirawat / dicuci jika bisa dilakukan sendiri. Jika tidak, Anda dapat menghubungi teknisi AC profesional atau reparasi AC untuk berlangganan.

Tips: Teman bisa membersihkan filter internal sendiri minimal seminggu sekali. Dengan membuka tutup bagian dalam atas, mengambil saringan udara, lalu mencucinya hingga bersih, Anda bisa menggunakan sabun deterjen. Jika ya, keringkan dan pasang kembali. Untuk layanan perawatan AC, minimal 3 bulan untuk AC rumah tinggal dan 2 bulan untuk AC kantor

Rekomendasi : Service Ac di Kota Solo .

2 # Tekanan freon lebih rendah / habis

Jika AC ternyata bersih dan tidak dingin, langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengecek tekanan freon. Silahkan pasang manifold anda pada nepel untuk mengisi freon pada unit outdoor. Periksa apakah masih ada tekanan atau akan habis hingga nol.

Jika masih ada tekanan, kemungkinan besar lebih kecil dari Freon. Bisa dikatakan ini normal. Ini bisa menjadi penyebab kebocoran mikro, kebocoran mungkin sulit ditemukan, dan juga bisa lepas dari Nepal.

Solusinya, silahkan kencangkan semua sekrup nepel, kemudian naikkan tekanan freon dengan jenis freon yang sama di AC. Yang tentunya harus sesuai dengan ampere (daya) maksimum dari motor kompresor AC.

Sedangkan jika jarum pada manifold menunjukkan angka nol, berarti digunakan tekanan freon. Hal ini disebabkan adanya kebocoran, hal ini dapat terjadi pada evaporator internal, kondensor eksternal, fitting tube, sambungan pipa ke dalam maupun luar tube. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

Freon isi ulang penuh, biasanya 80-90 psi, dan 125 psi untuk adaptor AC. Kemudian buka bodi luar-dalam, dan juga jangan lupa buka casing saluran AC Amarflex. Ambil spons yang diberi sabun agar ada buihnya.

Kemudian oleskan busa ke seluruh tabung tembaga selain kondensor dan di udara terbuka. Perhatikan dan perhatikan apakah ada gelembung udara atau oli di dalam tabung, evaporator, atau kondensor. Jika ada gelembung udara atau oli, artinya di sinilah titik kebocoran Freon.

Catatan: Menemukan kebocoran Freon adalah tugas yang sulit. Apalagi jika mounting tube yang ditempel di dinding tentunya akan membongkar rapihnya dinding tersebut. Jika Anda menemukan kebocoran pada tabung, Anda dapat menyoldernya atau menggantinya dengan tabung baru. Namun, jika kebocoran terjadi di evaporator dalam atau luar ruangan, Anda dapat melakukannya jika memungkinkan. Karena menurut pengalaman saya, biasanya kalau tumpah di penguapan lalu di las lagi, akan ada kebocoran di sebelahnya seperti ini. Solusinya adalah Anda mungkin harus mengganti AC baru atau mengganti unit indoor atau outdoor kedua yang masih baik-baik saja

AC dalam ruangan menyala, sedangkan udara luar dimatikan
Situasi seperti ini sering terjadi di lapangan, dan langkah-langkah penanggulangan AC yang dingin adalah:

1 # Periksa status pada remote control

Pastikan profil di remote control dalam mode asterisk (*) atau Cool. Jangan masuk ke mode kering, karena pada mode ini hanya motor KIPAS yang berjalan dan unit luar-ruang tidak menerima arus listrik, sedangkan pada mode bintang (*) atau dingin, kipas Kipas dan motor kompresor sedang berjalan.

2 # Periksa termistor bolak-balik di unit dalam-ruang

Pengaturan posisi pada remote control sudah benar, tetapi unit luar-ruang tidak berfungsi. Sekarang coba sobat cek di termistor AC, apakah sudah berfungsi dengan baik. Alat ini bekerja sebagai mesin otomatis sehingga kompresor dapat mengalami kegagalan fungsi setelah suhu ruangan mencapai suhu yang kita atur pada remote control. Dalam hal ini sudah pernah saya bahas pada artikel tentang fungsi termistor AC, sobat bisa membaca dan mempelajarinya di artikel tersebut.

3 # Periksa kapasitor AC pada unit luar-ruang

Biasanya kehidupan di luar menunjukkan masalah seperti ini, tetapi hanya kipas yang berputar. Biasanya hal ini merusak kapasitor, terlihat dari blok di kapasitor atas.

Untuk mengalahkan AC yang dingin seperti ini, saya juga menjelaskan bahwa di artikel tentang pengertian dan fungsi kapasitor AC sobat bisa baca disana.

4 # Arus kompresor melebihi maks

Tandanya hampir sama dengan kerusakan pada kapasitor, jika sudah di cek kapasitor baik-baik saja, atau diganti dengan ukuran yang lebih besar, tapi motor masih terangkat, atau bisa juga start tapi motornya kasar anda bisa cek arusnya dengan penjepit meteran (Tang Ampere).

Caranya, silahkan pasang clamp jaw Tang Ampere diantara kedua kabel (-) dan kabel (+) pada sambungan kabel outdoor. Jangan lupa letakkan sakelar Clamp Meter pada posisi Ampere Meter (biasanya ditulis dengan huruf A), jika angka pada Clamp Ampere menunjukkan angka yang melebihi batas arus (A) pada label AC maka kompresor sudah teruji namanya High Ampere (Weak Compressor)). Mungkin solusinya ada sobat, saatnya ganti conditioner baru.

Ini merupakan masalah yang sering terjadi pada AC, yang menyebabkan AC tidak menjadi dingin, dan mungkin saya akan memperbaruinya lagi di lain waktu.

Semoga artikel cara mengatasi AC yang tidak keren ini dapat membantu sobat semua, jika ada yang kurang jelas bisa tanyakan sobat di kolom komentar di bawah.

Atau mungkin Anda ingin menambahkannya, agar kita bisa belajar bersama di sini. Jangan lupa untuk membantu berbagi dengan teman Anda di media sosial jika artikel ini bermanfaat.