7 Ukuran Kertas yang belum Kalian Ketahui Sepenuhnya, Yuk Cek

Banyak kalangan masyarakat hanya mengetahui ukuran kertas secara umum saja padahal masih banyak macam-macam ukuran kertas yang bisa dipakai. Bisa dicek dan dijadikan referensi.

Ukuran kertas yang pasti diketahui hanya seputar membuat tugas kuliah, tugas praktik, kantor, kerja, dan lain-lain yang secara umum sudah kita pakai secara umum. Tetapi asal kalian ketahui bahwa ukuran-ukuran kertas tidak hanya berpatok pada apa yang kalian butuhkan tetapi masih ada ukuran kertas yang belum terkenal untuk dipakai. Berikut adalah macam-macam ukuran kertas beserta penjelasannya spesial dari teknolagi.id, antara lain:

1. Ukuran Kertas Seri A (ISO)

Ukuran kertas ini merupakan salah satu ukuran kertas standar Internasional (ISO) 216. Ukuran kertas ini sering dipakai dalam dunia percetakan umumnya, perkantoran, penerbitan, pendidikan, dan lain-lain yang berhubungan dengan itu. Ukuran paling besar adalah A0 dan paling kecil adalah A10 (dalam satuan mm). Ukuran kertas yang sering digunakan adalah A4. Berikut adalah tabel setiap perinciannya, antara lain:

2. Ukuran Kertas Seri B (ISO)

Ukuran kertas ini merupakan salah satu ukuran kertas standar Internasional (ISO) 216. Ukuran kertas ini sering dipakai dalam dunia percetakan bidang media poster dan lukisan dinding. Ukuran paling besar adalah B0 dan paling kecil adalah B10 (dalam satuan mm). Ukuran kertas ini banyak dipakai dalam media yang membutuhkan hasil cetakan bagus. Berikut tabel setiap perinciannya, antara lain:

3. Ukuran Kertas Seri C (ISO)

Ukuran kertas ini merupakan salah satu ukuran kertas standar Internasional (ISO) 216. Ukuran kertas ini sering dipakai dalam dunia percetakan di bidang instalasi, seperti kartu pos, amplop, map yang hasil cetakan-cetakan kertas tersebut dapat kita temui di kantor sekitar kita. Ukuran paling besar adalah C0 dan paling kecil adalah C10 (dalam satuan mm). Berikut tabel setiap perinciannya, antara lain:

4. Ukuran Kertas Seri R

Ukuran kertas ini sering dipakai dalam dunia percetakan foto. Ukuran kertas yang paling sering digunakan adalah 3R, 4R, dan 5R. Ukuran kertas paling kecil adalah 2R dan paling besar adalah 19 R (dalam satuan mm). Ukuran kertas seri R disetting menjadi kertas yang cocok untuk pencetakan foto dengan hasil yang bagus dan memuaskan. Jenis kertas yang biasa digunakan dalam pencetakan foto antara lain: kertas glossy, kanvas, inkjet, dan matte. Berikut tabel perinciannya, antara lain:

Baca juga: Cara mengubah PDF ke Word

5. Ukuran Kertas Seri F (F4)/Folio

Ukuran kertas ini sering dipakai dalam dunia perkantoran. Ukuran kertas ini hanya ada di 1 macam, yaitu F4 atau kita kenal sebagai folio dengan ukuran 21×33 cm. Kertas ini umumnya digunakan juga dalam dunia keperluan fotocopy. Contoh lain bisa kita lihat saat mengurus surat keterangan sehat dari puskesmas maupun rumah sakit itu pakai ukuran kertas F4.

6. Ukuran Kertas Pas Foto

Ukuran kertas ini sering dipakai dalam pencetakan foto bidang formal, seperti kebutuhan mencari kerja, ijazah, SIM, KTP, dan dokumen-dokumen penting lainnya. Hasil pencetakannya pun berupa foto formal dengan latar belakang foto biasanya warna merah atau biru. Walaupun fungsinya hampir sama dengan kertas R, perbedaan kedua macam ukuran ini terlihat dari patokan yang akan difoto.

Untuk kertas pas foto tidak mencetak badan secara penuh, beda dengan pencetakan menggunakan kertas R. Karena kembali lagi ukuran kertas pas foto hanya untuk mencetak kebutuhan-kebutuhan bidang formal saja. Ukuran kertas pas foto adalah dalam satuan mm terdiri dari 4 macam ukuran, antara lain 2×3 mm, 3×4 mm, 4×6 mm, dan 6×9 mm.

7. Ukuran Standar Amerika Utara

Ukuran kertas ini sudah dipastikan disesuaikan dengan standar Amerika Utara, dimana ukuran tersebut digunakan secara umum di negara Amerika Serikat, Kanada, Meksiko yang merupakan bagian dari benua Amerika Utara. Ukuran kertas ini adalah dalam mm. Ukuran kertas yang paling kecil adalah kertas junior legal dan yang paling besar adalah kertas ledger. Berikut tabel perinciannya, antara lain: