Arti Keragaman Genetik Dalam Biologi

Arti Keragaman Genetik Dalam Biologi  – Yang dimaksud dengan ‘keragaman genetik’ adalah adanya variasi karakteristik yang memiliki sumber / diwariskan kepada ‘populasi spesies’ yang bersifat sama.

Arti Keragaman Genetik Dalam Biologi

Arti Keragaman Genetik Dalam Biologi

Hal – hal berhubungan dengan ini akan membantu melayani peran – peran penting di dalam proses ‘evolusi’ dengan memungkinkan sekelompok spesies untuk mampu beradaptasi terhadap lingkungan baru bertujuan untuk melawan parasit. Kondisi ini terjadi untuk fungsi pemeliharaan spesies yang mempunyai keragaman tingkat lebih rendah.

Nah melihat ulasan singkat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari genetik yang terjadi pada manusia maka diharapkan bisa membantu para peneliti di dalam membentuk teori – teori tentang asal – usul dari manusia.

Keragaman gen adalah variasi atau gen yang memiliki perbedaan dan terjadi di dalam salah satu jenis atau berlaku terhadap masing – masing spesies mahluk hidup, Contohnya adalah buah durian / ‘durio zibethinus’ adalah tanaman buah – buahan yang sebagian memiliki kulit tebal, kulit tipis, berdaging buah tebal, berdaging buah tipis, memiliki biji besar, atau berbiji kecil. Sama halnya dengan buah pisang / ‘musa paradisiaca’ mempunyai bentuk dan ukuran serta warna, tekstur, serta rasa daging buah yang berbeda – beda.

Nah keanekaragam sifat – sifat genetik terhadap suatu organisme ini dapat dikendalikan oleh gen – gen yang terkandung di dalam ‘kromosom’ diperoleh dari masing – masing induk melalui pewarisan sifat.

Meskipun demikian adanya kondisi yang tersedia, ekspresi gen terhadap sebuah organisme rata – rata dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dimana mereka hidup, contohnya adalah bibit – bibit unggul yang diperoleh melalui batang induk pohon mangga yang pada dasarnya mempunyai sifat – sifat genetik yaitu berbuah besar, apabila ditanam di lingkungan yang berbeda – beda misalnya tanah yang agak tandus atau miskin dalam kandungan unsur hara maka kemungkinan besar tidak akan menghasilkan buah mangga unggul dalam hal ukuran yang menyerupai genetik induknya.

Berhubungan dengan penjelasan kami di atas yaitu tentang arti dari keragaman genetik dalam bidang Biologi, peningkatan keanekaragaman gen kemungkinan besar akan terjadi melalui proses melalui ‘hibridisasi’ atau perkawinan silang diantara satu spesies yang masing – masing mempunyai sifat berbeda – beda atau melalui proses ‘domestikasi’ / budidaya hewan atau tanaman liar oleh manusia, dengan contoh adalah hibridisasi tanaman anggrek yang bertujuan untuk memperoleh tanaman hias bunga anggrek dengan memiliki warna beragam jenis atau pada hibridisasi sekelompok sapi ‘Fries Holland’ dengan sapi Bali, dan hibridisasi beragam jenis tanaman atau hewan tertentu dengan spesies – spesies liar guna memperoleh jenis baru yang tahan terhadap penyakit.

Dengan keberhasilan melakukan hibridisasi maka para petani / peternak akan mendapatkan sifat – sifat genetik baru terhadap organisme – organisme baru di dalam sebuah spesies terutama dalam hal gen yang beraneka ragam berhubungan dengan organisme pada suatu spesies tertentu yang disebut dengan nama ras / varietas.

Keanekaragaman genetik dalam ilmu Biologi seperti yang kami jelaskan tersebut di atas sama halnya dengan keragaman hayati yang mengacu kepada tingkatan variasi terhadap semua mahluk hidup di dalam sebuah ‘ekosistem’.

Pentingnya untuk memperhatikan keragaman hayati terhadap sebuah ekosistem analog bertujuan untuk menyamakan keragaman genetik terhadap sebuah populasi.

Selanjutnya bentuk keragaman tersebut berkontribusi dengan kesehatan dan sistem ketahanan yang berskala besar. Namun saat tingkat keanekaragam jatuh karena sesuatu dan lain hal maka kedua sistem akan tidak mampu untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan – perubahan lingkungan.

Demikian postingan kami kali ini yang membahas tentang arti keragaman genetik dalam Biologi sebagai bahan bacaan ringan untuk lebih mudah dipahami oleh siswa / siswi sehingga bermanfaat !

Sumber : Agrotek.id