Waktu Untuk sholat Tahajud Yang Utama

Waktu Untuk sholat Tahajud

Sholat adalah ibadah yang pahalanya sangat besar dan tentu pahala ini akan sangat bermanfaat untuk kita kelak di akherat, dan tidak hanya di akhirat saja tapi juga berguna di dunia ini. Ibadah sholat ini ada dua, yaitu sholat wajib lima waktu dan juga sholat sunah, dan kedua jenis sholat ini sama sama berpahala besar, tapi ada prioritas di antara keduannya.

Prioritas yang paling pertama adalah sholat wajib, karena yang wajib akan berdampak kepada dosa atau pahala, maksudnya, jika kita tidak melakukan maka kita akan berdosa, dan bila kita melakukan maka akan dapat pahala. Sedangkan ibadah sunah tidak akan mendapatkan dosa, jika kita tidak melakukannya maka kita tidak dapat dosa, hanya dapat kerugian saja, dan jika kita melakukannya maka kita akan mendapatkan pahala dan ini merupakan keuntungan.

Jadi sebelum kita melangkah ke amalan sunah, kita wajib melakukan amalan yang wajib terlebih dahulu, seperti dalam bahasan kali ini, maka kita wajib melakukan sholat wajib dengan benar dan mengikuti syarat dan rukunnya, setelah sholat wajib bisa kita lakukan dengan benar maka kita bisa melakukan sholat sunah, baik sholat sunah badiyah maupun sholat sunah qobliyah dan juga sholat sunah yang lainnya termasuk sholat tahajud.

Pahala Sholat Tahajud

Sholat tahajud mempunyai pahala yang sangat besar, tapi masih kalah dengan pahala sholat wajib, dan pahala sholat sunah yang paling besar adalah sholat tahajud, karena sholat tahajud hanya berbeda satu tingkat saja dari sholat wajib, jadi besarnya pahala sholat tahajud lebih besar dari sholat rawatib atau sholat sunah yang mengikuti sholat wajib, biasa di kenal dengan qobliyah (sebelum sholat wajib) dan Badiyah (setelah sholat wajib).

Begitupun dengan sholat sunah yang lain, misalkan sholat duha, maka pahala sholat tahajud adalah lebih utama dan lebih besar, Untuk memulai melakukan amalan sunah maka kita bisa melakukan secara bertahap, dari sholat sunah rawatib, duha lalu kita bisa mencoba untuk sholat tahajud,sekarang pertanyaannya waktu untuk sholat tahajud itu jam berapa?

Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat malam, maka waktu pelaksanaannya adalah di malam hari, tepatnya setelah waktu sholat isya sampai masuk waktu subuh, lalu pertanyaan lanjutan, waktu yang paling utama itu jam berapa?.

Waktu yang utama untuk sholat tahajud adalah sepertiga malam, yalitu kurang lebih jam tiga dinihari sampaimasukwaktu subuh.

Apakah Sholat Tahajud Harus Tidur Terlebih Dahulu?

Pendapat yang kuat syarat ibadah sholat sunah di malam hari di katakan sholat tahajud adalah jikakita tidur terlebih dahulu, jika kita tidak tidur dulu maka dinamakan dengan qiyamullail atau sholat malam biasa, dan ini juga sama mendapatkan pahala yang besar juga tapi masih kalah dengan sholat tahajud.

Jadi kesimpulannya:

  • waktu sholat tahajud adalah malam hari di mulai dari masuknya sholat isya sampai masuk waktu sholat subuh.
  • Waktu yang lebih afdhol adalah sepertiga malam terakhir atau jam 3 sampai masukwaktu subuh.
  • Sholat tahajud harus di dahului dengan tidur terlebih dahulu.
  • Bisa tidak di dahului dengan tidur tapi disebut dengan qiyamullail.

Perlu di ingat untuk memperbaiki kualitas sholat wajib terlebih dahulu, karena inilah sholat yang utama, jangan sampai kita rajin sholat tahajud tapi tidak memperhatikan kualitas sholat wajib kita. Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa istiqomah melakukan sholat wajib dan sholat sunah tahajud secara terus menerus sampai akhir hidup kita.

Artikel ini di kutip dari website islami penaungu.com, yang merupakan website islami dengan slogan “Catatan ilmu penting sesuai Al Quran dan sunah dengan pemahaman salaf”.