Pengertian Seni Budaya Dan Fungsinya

Seni budaya adalah aspek mendasar yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi nilai-nilai fungsional dan estetika.

Ungkapan ‘seni budaya’ tentu tidak asing bagi Anda. Istilah ini sudah sering diperkenalkan sejak tahun-tahun awal sekolah dan selalu hadir dalam percakapan sehari-hari di masyarakat. Tapi sungguh, apa yang dimaksud dengan seni dan budaya? Apa fungsi dan nilai penting dari seni budaya sehingga melekat pada kehidupan? Apa yang termasuk dalam bentuk seni dan budaya?

Memahami makna seni dan budaya

Istilah seni dan budaya berasal dari kombinasi dua kata, yaitu seni dan budaya. Keduanya memiliki hubungan yang sangat kuat karena dalam setiap seni nilai yang dihasilkan harus mengandung budaya sendiri. Sebaliknya, dalam setiap budaya selalu ada nilai artistik yang berbeda, meskipun tidak selalu terlihat secara fisik.

Istilah seni dan budaya

Secara umum, seni dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dan memiliki unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Kata seni itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta (sani), yang berarti persembahan, penyembahan dan layanan yang berkaitan dengan upacara keagamaan.

Sementara itu, budaya dapat didefinisikan sebagai cara hidup yang telah berkembang bersama dalam kelompok tertentu dan telah ditransmisikan dari generasi ke generasi. Suatu budaya terbentuk dari berbagai elemen kompleks dan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Asal usul kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta (buddhayah) yang memiliki makna terkait dengan akal manusia.

Karena itu, seni dan budaya dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia tentang cara hidup dan berkembang dalam kelompok tertentu ketika ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Memahami seni dan budaya menurut para ahli

Beberapa ahli juga memiliki pandangan dan ide mereka sendiri tentang apa yang dimaksud dengan seni dan budaya. Sebagai ilustrasi, berikut adalah definisi seni dan budaya menurut berbagai tokoh.

1. Thoyibi

Thoyibi adalah seorang filsuf yang memilih pengaruh besar di Indonesia. Menurutnya, seni budaya adalah perwujudan dari budaya seni yang telah berakar, termasuk dalam aspek budaya dan banyak orang dapat merasakan dan menembus dalam perjalanan sejarah peradaban manusia.

2. Ida Bagus Putu Perwita

Ida Bagus Putu Perwita adalah sosok artistik veteran dari Bali. Menurutnya, seni budaya adalah fasilitas pendukung untuk melakukan kegiatan dan upacara tradisional.

3. Harry Sulastianto

Harry Sulastianto adalah profesor seni rupa di Universitas Indonesia. Menurutnya, seni budaya adalah suatu bentuk pengalaman dalam kegiatan mengekspresikan ide dan pemikiran estetika, termasuk realisasi kapasitas dan imajinasi dari pandangan beberapa objek, karya atau atmosfer yang dapat menghadirkan rasa keindahan dan menciptakan peradaban. manusia yang lebih maju. .

4. Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo adalah sejarawan Indonesia yang juga dikenal sebagai pelopor dalam menulis sejarah dengan pendekatan multidimensi. Menurutnya, seni dan budaya adalah sistem yang koheren yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi yang efektif melalui satu (satu) karya seni yang dapat menunjukkan seluruh tujuan.

Peran seni budaya.

Secara umum, fungsi keberadaan seni budaya dibagi menjadi dua, yaitu fungsi praktis dan fungsi estetika.

Fungsi praktis

Fungsi praktis dari suatu seni dan budaya berarti bahwa suatu karya seni memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia secara fungsional. Contohnya adalah perabot meja dan kursi Jepara, yang terkenal dengan ukiran dan kualitas kayunya yang indah. Meja dan kursi menyediakan fungsi khusus untuk penggunanya, selain didukung oleh estetika yang memberikan perasaan senang, semangat dan mirip dengan mereka yang menikmatinya.

Fungsi estetika

Fungsi estetika seni budaya berarti bahwa karya seni yang dihasilkan lebih fokus pada pemuasan kebutuhan manusia dalam hal estetika atau dekorasi. Misalnya, bentuk aplikasi dari fungsi ini adalah lukisan, patung, dll. https://tengahviral.com. Selain itu, fungsi estetika seni budaya juga termasuk dalam kinerja ritual keagamaan.