Tips mengadapi murid bandel di kelas

Tugas guru tidak hanya membuat siswa menjadi pintar dan cerdas. Karena selain 2 tugas utama itu, seorang guru juga memiliki tugas mulia lain yang tak kalah penting . Yaitu menanam kan sifat sopan santun pada murid murid nya

 

Tujuannya adalah tentu saja ketika anak mampu untuk berbaur dengan orang-orang, ia dapat menerapkan sikap positif atau sikap yang baik. sehingga dapat menciptakan masyarakat yang damai dan aman. Untuk seorang guru untuk mendidik anak-anak bukanlah pekerjaan Mudahhh seluruh babi. Mendidik anak-anak bandel sikap sajah sudah sulit, apa lagi ditambah mendidik anak-anak untuk pintar.

Tentu saja itu bukan sesuatu Mudahh melainka itu adalah tugas yang sulit bagi seorang guru. kenakalan dan ketegaran anak sekarang tidak akan lepas tanggung jawab seorang guru sekolah. Oleh karena itu, guru harus mampu siswa nasihat yang keras kepala sehingga anak tidak jatuh ke dalam hal – hal yang tidak baik.

 

Dilansir dari beberapa blog informasi pendidikan terkini , berikut beberapa tips untuk menasehati murid yang bandel:

 

Hadapi siswa bandel dengan sikap lemah lembut

Jika anda ( guru ) mendapati di sekolah ada anak nakal yang melakukan kesalahan jangan lah sekali kali memarahi nya dengan menggunakan kata kata kasar . Tetapi cukup coba kendali kan diri anda dulu agar tidak tersulut emosi, dan kemudian mendorong anak untuk bicara  dengan bahasa yang lemah lembut, dan juga sedikit sebuah perusahaan.

 

Karena sudah menjadi pengetahuan umum jika anak bandel dimarahi, bukan nya diam mendengarkan tapi malah semakin menjadi jadi .

 

Bersikaplah tenang saat menghadapi nya

Mau disekolah manapun, dalam setiap kelas pasti ada siswa bandel yang sering bikin kelas jadi ribut sehingga suasana belajar menjadi kurang kondusif.

Untuk mengatasi nya, cobalah untuk tenang, hindari menghardik para murid dari depan . Cukup lakukan sedikit gesture untuk mengingatkan mereka. Atau kalau perlu tatap si anak yang bkin kelas menjadi gaduh tadi dengan tatapan tajam . Biasa nya hal ini malah menjadi cara paling efektif untuk meredam kenakalan siswa.

 

Sesekali perhatikan dan berilah pujian pada siswa bandel

Seorang guru kadang-kadang cuman memperhatikan siswa baik dan berprestasi saja di kelas, lalu sering memuji nya. Sementara untuk siswa bandel si guru malah sering mengumbar kebenagalan nya. Cobalah untuk melihat lebih dekat pada sikap murid bandel. Beri dia dorongan dengan kadang kadang memberi nya pujian dari sedikit hal positif yang ia punya.

 

Libat kan orang tua siswa

Guru adalah orang tua kedua bagi siswa di sekolah. Seorang guru memiliki tanggung jawab besar untuk bantuan menghilangkan sikap keras kepala yang terjadi dikalanga siswa. Anda harus memahami bahwa kerusakan yang terjadi peserta didik dikalanngan tidak selalu dapat diselesaikan secara sepihak maksudya selain dari guru dan orang tua harus terlibat, untuk membantu nasihat sikap keras kepala terhadap anak-anak ini.

 

Karena dalam perkembangan kognitif dan siswa yang efektif tidak bergantung sepenuhnya terhadapat pendekatan akademik sekolah saja. lingkungan sosial dan keluarga juga memiliki pengaruh yang kuat pada pengembangan siswa. Oleh karena itu, dalam menghadapi murid bandel di kelas, penulis juga disarankan untuk melibatkan kedua orang tua.

 

Perlakukan anak yang bandel seperti memperlakukan anak sendiri

Sobat mungkin sering melihat di tv dimana ada seorang siswa yang sampai berani berkelahi dengan guru nya .  Penyebab nya tidak lain karena si guru memberikan hukuman secara fisik terhadap anak tersebut .

 

Oleh karena itu , saya anjurkan bagi para pengajar sekalian untuk menghindari menggunakan hukuman fisik bagi anak yang bandel . Perlakukan si anak bandel tadi seperti memperlakukan anak sendiri