Hindari Kanji Ketika Memulai Belajar Bahasa Jepang

Bahasa Jepang memiliki 3 jenis huruf yang berbeda, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Di awal-awal pelajaran, maka anda akan dijejali dengan tulisan hiragana dan katakana, dimana kedua tulisan tersebut masing-masing memiliki jumlah 46 huruf standar. Rata-rata orang butuh waktu sekitar 2 bulan untuk bisa membaca secara lancar.

Berbeda dengan kanji, yaitu sebuah tulisan jepang yang diadaptasi dari Negara China tersebut mengharuskan anda belajar secara mendalam dan harus menjadi bagian dari hidup anda sesaat setelah anda belajar bahasa Jepang. Bagaimana tidak, tulisan jepang sekalipun diselingi dengan hiragana dan katakana, kanji pun ikut bagian dalam sebuah kalimat.

Belajar Bahasa Jepang

Dengan kata lain, ketiga tulisan tersebut penting untuk dipelajari. Tetapi jika itu memang anda telah memasuki tahap lanjut. Bagi anda yang masih berada di tahap awalan, disarankan untuk menghindari tulisan kanji sebisa mungkin. Hal ini demi menjaga kapasitas otak anda yang terus-menerus dijejali oleh hiragana, katakana, pola kalimat, dan partikel.

Dalam belajar kanji pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tahapan yang harus anda lalui. Jadi tidak tiba-tiba langsung belajar nulis. Dalam sebuah ujian yang disebut sebagai JLPT, terdapat latihan kanji yang pertanyaannya membutuhkan jawaban pilihan ganda.

Menariknya, menurut Weihome Gakuen, untuk bisa lulus tes ujian kemampuanĀ  bahasa Jepang, tidak diperlukan kemampuan menulis kanji, karena kemampuan membaca saja sudah cukup.

Menulis dan membaca kanji memang masih memiliki keterkaitan erat, tetapi membaca lebih mudah daripada menulis. Orang yang mampu membaca kanji belum tentu mampu menulis kanji, sebaliknya orang yang bisa menulis kanji sudah pasti bisa membaca kanji.

Coba saja anda praktikkan. Orang bisa dengan mudah membaca gambar (melihat objek rumah, matahari, pohon, dan lain sebagainya), tetapi tidak semua mampu menggambarnya. Sebaliknya, orang yang bisa menggambar objek-objek sekitar pasti bisa melihat objek yang telah digambarnya tersebut. Hal ini berhubungan mengingat kanji berasal dari gambar-gambar objek-objek sekitar yang telah disederhanakan.

tetapi karena waktu kita terbatas, dan kapasitas manusia juga terbatas, tahapan paling utama untuk belajar Kanji adalah belajar membacanya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa belajar secara lebih cepat dari orang kebanyakan.