7 Trik Belajar Bahasa Inggris Sederhana Biar Nggak Stuck

kampung-inggris-pare

Belajar Bahasa Inggris Online dan bisa jago, bikin kamu tampak lebih keren loh! Nggak heran kalau orang-orang yang pinter bahasa inggris pasti punya rasa percaya diri yang lebih tinggi. Nah, bagaimana kalo kamu sudah belajar mati-matian dari A sampai Z tapi kemajuannya cuman sedikit? Well, mungkin ada yang salah dengan metode atau teknik belajar bahasa inggris yang sedang kamu lakoni. Kalo masih stuck disitu-situ aja, kamu bisa menggunakan rahasia teknik berikut biar belajar jadi lebih gampang dan bikin kamu jadi makin jago.

Belajar Bahasa Inggris Online Dengan Teknik Immersion

Teknik yang paling umum digunakan adalah Immersion. Pernah denger kampung inggris, kan? Teknik immersion inilah yang digunakan dalam belajar bahasa inggris di kampung tersebut. Jadi, teknik tersebut dilakukan dengan membuat lingkungan yang akhirnya memaksa kamu untuk menggunakan bahasa inggris.

Terus bagaimana dong untuk belajar dengan teknik ini? Selain pergi ke Pare, kamu bisa kok belajar dengan teman. Misalnya, di hari Kamis kalian akan menggunakan bahasa inggris. Atau kalau lagi asik ngobrol sesuatu yang bersifat rahasia, kalian bisa rumpi di kelas dengan menggunakan bahasa inggris. Well, ada banyak cara bagaimana kalian menciptakan suasana belajar dengan menggunakan bahasa inggris.

Distributed Practice

Sedikit tapi sering, ini adalah makna dari teknik Distributed Practice. Mungkin, alasan kenapa kamu sulitmenangkap materi bahasa inggris adalah karena memang dipaksa dijejalkan seluruh materi secara marathon dalam waktu yang sangat singkat, sehingga gampang lupa. Berbeda jika kamu belajar sedikit tapi sering, atau rutin. Misalnya, dalam sehari ada sesi 30 menit untuk menggunakan bahasa inggris. Kamu bisa latihan debat bareng temen, latihan speaking 30 menit setiap hari, itu lebih efektif ketimbang satu kali seminggu tapi full pagi sampai sore belajar.

Practice Tests

Baru-baru ini, peneliti A.S. menunjukkan bahwa dengan ujian praktek, maka dapat membantu mengasah otak untuk mengingat dan mengulas seperti apa hasil pembelajaran. Cara praktik ini juga bisa diterapkan sendiri. Misalnya, kamu bisa mencatat apa saja vocabulary yang sudah kamu kumpulkan hari ini. Kemudian, esoknya kamu bisa menggunakannya dalam percakapan sehari-hari untuk mengasah otak apakah kamu lupa atau tidak.

Social Learning, Belajar Bahasa Inggris Lewat Komunitas

Jaman sekarang, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Australia atau Amerika cuman untuk dapetin temen bule. Ya, kamu bisa menggunakan media sosial untuk masuk ke berbagai komunitas yang kamu gandrungi. Kalau kamu suka camping atau mendaki misalnya, ada banyak grup dengan native speaker yang siap berteman denganmu. Kalian bisa sharing tentang budaya satu sama lain, jadi conversation bakalan nggak ada habisnya.

Belajar Bahasa Inggris Inggris Dengan Flash Cards

Salah satu teknik belajar yang paling bagus adalah Flash Card karena terbilang mirip dengan ujian praktek. Kartu ini akan membantu membangun memori untuk berpikir cepat.

Implicit Learning

Teknik ini bisa kamu lakukan biar belajar bahasa inggris tetep asik, karena secara tidak sadar otak akan menyerap informasi yang dibutuhkan. Tekniknya tidak jauh berbeda dengan teknik immersion. Caranya adalah dengan membiasakan diri melihat film bahasa inggris atau juga radio.

Abundance of Information

Cara terakhir untuk kamu yang kepengen belajar bahasa inggris adalah belajar dengan dukungan dari alam bawah sadar. Alam bawah sadar bakalan menyerap seluruh informasi dan tindakan yang lebih cepat.

Misalnya, kamu bisa mendengarkan lagu bahasa inggris, orang ngomong di radio dengan menggunakan bahasa inggris, melihat film bahasa inggris, materi baca, atau berteman dengan native speakers.

Nah, sekarang kamu jadi tahu apa aja dong teknik biar kamu makin jago dalam berbahasa inggris. Menurut kamu, mana sih teknik yang tepat?