Penerus Sekolah Balet Tertua

Fi­ Sijangga merupakan putri dari seniman tari Marlupi Sijangga, pendiri sekolah balet tertua di Indonesia Marlupi Dance Academy (MDA), sejak tahun 1956. Ia memperdalam seni tari di Royal Academy of Dance, London dan beberapa akademi tari di luar negeri. Sejak 1995, Fi­ mulai mengelola MDA yang membuka kelas balet dari usia 2,5 tahun hingga dewasa. Pengajaran MDA menerapkan sistem balet klasik dari Royal Academy of Dance-London (RAD) dan sistem pengajaran senam dari International of Fitness Proesionals-San Diego, California (IDEA).

MDA sendiri sudah memperoleh reputasi nasional dan internasional. Tahun lalu, MDA menyelenggarakan pementasan balet klasik Sleeping Beauty. Sementara tahun ini, yang dipentaskan adalah tari modern dan hip hop dalam lakon Another Story of Alice. Selain balet klasik, MDA mempunyai kelas tari modern/jaz dan hiphop. Tarian modern ini mengacu kepada Imperial Society of Teachers of Dancing-London (ISTD). “Meski tarian ini memang budaya luar, banyak anak yang mau belajar untuk menyalurkan minat dan bakatnya,” ujar Fifi.

Boleh Sejak 2 Tahun

”Dulu saya belajar balet mulai usia 4 tahun. Sekarang, banyak anak yang sudah berlatih balet di usia 2 tahun. Enggak apa-apa, boleh saja,” kenang Foi­ . Namun untuk masuk MDA, calon peserta kursus yang masih di usia batita perlu mengikuti trial untuk dilihat postur tubuh dan kemandiriannya. “Kami juga melihat apakah anak sudah bisa mengikuti gerakan yang dicontohkan.

Explanation is nothing for them. Kalau anaknya mandiri, bisa mencontoh gerakan, maka mereka bisa ikut kelas balet,” katanya. MDA juga menerima anak berkebutuhan khusus, seperti anak hiperaktif atau autisme, sepanjang anak tersebut bisa tenang di kelas dan tidak menuntut guru untuk selalu mengawasi. Mengenai manfaat balet, menurut Fi­ , membuat postur tubuh bagian atas hingga kaki jadi tampak proporsional. Balet juga akan memberi kesempatan kepada anak untuk belajar koordinasi tubuh.

Selain balet pendidikan bahasa asing juga sangat penting untuk anak yang masih kecil. Karen anak kecil masih sangat mudah dalam menyerap hal baru. Berikan anak tambahan pelajaran bahasa asing di lembaga les bahasa asing terbaik. Agar bisa menjadi bekal dan berguna di bangku sekolah nanti.