Mengintip Gaya Pengasuhan Orangtua Lain

Di luar sana, ada banyak ide baru dan pendekatan dalam hal pengasuhan anak. Yuk, belajar dari orangtua lain di berbagai belahan dunia, agar kita tambah bersemangat menjalani tugas yang pelik ini.

Saat itu jam sudah menunjukkan pukul 11 malam ketika dari arah pintu terdengar suara kicauan anak-anak balita yang menyeruak masuk ke dalam restoran. Mereka datang bersama orangtua dan kakek neneknya dalam penampilan yang cukup spesial. Sama sekali tidak ada tanda-tanda mengantuk pada anak-anak itu. Bahkan, keceriaan mereka bagaikan sinar mentari pagi.

Santai Bukan Abai

Langsung saja pikiran saya melayang pada anak-anak di rumah yang pastinya sudah tertidur lelap. “Eh, enggak salah ini? Sudah malam begini, anak-anak kecil diajak makan di luar?” tanya saya pada Ravi Bharwani seorang filmmaker berdarah India yang mengajak saya dan suami, dinner di sebuah resto India, di Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat. “Orang India kalau makan malam di luar memang jam segini,” jawab warga Bandung itu sungguh-sungguh.

Entah keterangannya itu berlaku umum bagi seluruh orang India atau tidak, tapi saya percaya saja. Kejadian sekitar 8-9 tahun lalu itu masih teringat sampai hari ini. Sejak itu saya paham, bahwa jadwal tidur anak kecil tidak musti pukul 20.00-21.00 seperti yang saya terapkan. Setiap orangtua, dengan dilatari budaya etnis dan kebiasaan keluarga besarnya, boleh menerapkan gaya pengasuhan anak yang mungkin berbeda. Termasuk dalam hal jadwal masuk tempat tidur.

Soal gaya pengasuhan anak atau parenting style yang berbeda-beda di berbagai wilayah dan bangsa ternyata sudah direkam dalam beberapa tulisan. Salah satunya oleh Mei-Ling Hopgood, jurnalis dan penulis buku How Eskimos Keep Their Babies Warm and Other Adventures in Parenting. Hopgood adalah perempuan kelahiran Taiwan yang diadopsi oleh orangtua Amerika dan kemudian lama tinggal di Argentina. Sama seperti saya, dia pun terkesan pada sikap orangtua yang “santai” dalam menerapkan jam tidur malam anak-anaknya.

Simak juga situs parenting dan pendidikan anak untuk mendapatkan tips dan informasi tambahan mengenai cara mengasuh anak yang baik dan benar.