Keberhasilan Guru dalam Mengajar

Dengan begitu mereka akan lebih cepat dan mudah mempelajari jenis tari lainnya. Menari balet juga memberi kesempatan kepada anak untuk belajar team work karena ketika menari ia harus tahu barisan dan posisinya dalam grup. “Ballet is about discipline. Kami menanamkan disiplin dalam segala hal, seperti datang les tepat waktu, datang on time saat pertunjukan, dan sebagainya. Kedispilnan ini akan berguna saat mereka dewasa nanti terutama dalam soal etos kerja,” tandasnya.

Saat ini, ketiga buah hati Fi­ , Claresta Alim (23), Raerty Alim (19), dan Deverell Alim (17) semua bekerja dan bersekolah di Amerika Serikat. “Saya tidak memaksakan anak untuk mengikuti jejak saya. Kalau mereka suka ya, mereka jalani. Deverell sebenarnya, punya bakat balet. Bahkan di Amerika, dia pernah ditawari ikut kelas balet dan dapat beasiswa.

Tapi dia tidak bisa karena jadwal sekolahnya padat. Lagi pula penari balet laki-laki di Indonesia belum lazim. Tapi yang penting, saya dekat dengan anakanak. Sudah seperti teman dan sering sharing. “ Yang mengikuti jejak Fi­ adalah Claresta. Putri sulungnya ini merupakan penari balet profesional di Arts Ballet Theatre, Florida, Amerika Serikat. Mengenai harapannya, Fi­ ingin murid-muridnya lebih baik dan lebih pintar daripada dirinya. “Keberhasilan kita menghasilkan murid-murid yang bagus menunjukkan keberhasilan kita sebagai guru.”

Fi­ mengakui, taraf hidup penari balet di Indonesia belum bisa menyamai rekanrekannya yang berasal dari Singapura, Thailand, atau Philipina yang sudah memiliki semacam ballet company. “Untuk itu butuh dana yang tidak sedikit, sementara dukungan dari pemerintah belum ada. Di Indonesia juga belum banyak yang menonton pertunjukan balet,” kata Fi­ .

Untuk mendapatkan ruang berkreasi dan bisa eksis, penari-penari balet Indonesia harus berusaha tampil di ajang-ajang luar negeri. Siswa MDA sendiri diikutkan dalam ujian balet untuk memperoleh ijazah yang diakui Royal Academy of Dance, London. Fi­ bersyukur, banyak muridnya yang telah berkiprah di dunia internasional dengan menjadi penari balet profesional.

Dapat kuliah di universitas luar negeri memang suatu hal yang sangat membanggakan. Untuk itu berikan anak latihan sejak dini di lembaga pelatihan tes masuk universitas luar negeri terbaik. Sehingga mereka bisa lolos tes ujian dengan lancar.