Menghindari Beli Mobil Bekas Kena Banjir

Awal tahun ini, beberapa kota besar Indonesia alami musibah banjir yang menyebabkan banyak kerugian terhitung kendaraan tenggelam bersama dengan arus air. Supaya terlepas dari mobil sisa banjir, berikut banyak hal yang dapat jadikan referensi. Buat yang ingin membeli mobil terutama untuk mereka yang ingin membuka jasa rental dan sewa mobil Tangerang sebaiknya teliti dalam membeli karena jangan sampai mendapatkan mobil bekas kena banjir.

Umumnya, bencana banjir yang berlangsung menyebabkan banyak mobil sisa banjir yang diperbarui, dan dipasarkan jadi mobil sisa dalam keadaan “prima”. Umumnya, banyak mobil yang tenggelam bersama dengan banjir akan segera diperbaiki, baik dari sisi interior, exterior, atau mesin, dan dipasarkan jadi mobil sisa dalam keadaan sempurna.

Oleh karenanya, buat Anda yang sedang cari mobil sisa harus tambahan berhati-hati dalam pilih mobil sebab mobil sisa banjir simpan segudang permasalahan. Exterior masih dapat diperbarui seperti mobil baru, tetapi tidak sama dengan interior, mesin, serta kelistrikan mobil yang semakin lebih susah diperbarui sesudah terbenang banjir.

Bagaimanakah cara menghindarkan mobil yang pernah terserang bencana banjir? Lihat beberapa ciri mobil sisa banjir dibawah sebelum beli mobil sisa target Anda.

1. Berbau tidak enak

Umumnya, mobil habis terbenang banjir senang tinggalkan aroma tidak enak seperti apek

Coba cium berbau interior waktu Anda pertama-tama masuk mobil. Adakah berbau tidak enak seperti berbau apek? Bila iya, ada peluang mobil itu sisa terbenang banjir, ini dikarenakan sisi basah serta sulit dibikin bersih dengan selesai.

Anda harus juga waspada dengan minyak wangi interior mobil yang terlalu berlebih, hal itu kemungkinan dipakai penjual untuk menyamarkan berbau mobil yang tidak enak.

2. Pengendapan kotoran atau lumpur

Bersihkan sisi interior mobil setelah terbenang banjir benar-benar tidak gampang

Bersihkan mobil sisa banjir bukan hal gampang, seringkali ada banyak tempat yang terlewati pemilik mobil. Oleh karenanya, kita harus cermat lihat pengendapan kotoran/lumpur yang tidak lumrah pada sudut-sudut interior yang tidak dapat dijangkau.

Umumnya, sisi interior yang perlu dilihat dengan cermat ialah lubang kisi-kisi AC, pojok panel serta kabel belakang dasbor, penutup speaker, antara rel jok mobil.

Tidak hanya interior, lihat kisi-kisi radiator mobil. Bila ada sampah yang nyangkut, atau radiator yang tidak sempurna atau telah ditukar, peluang mobil itu pernah terbenang banjir.

3. Karat

Hal-hal lain yang dapat mengisyaratkan jika mobil sisa target Anda pernah terbenang banjir ialah karat serta korosi. Anda dapat mengecek sisi exterior, serta yakinkan tidak ada karat yang tidak lumrah dibagian bodi serta kolong. Masuk ke sisi dalam, ada bagian-bagian yang penting dicheck, seumpama jok serta dek dalam mobil.

4. Kerusakan mesin

Water Hammering jadi satu diantara sedikit permasalahan mesin mobil setelah terbenang banjir

Pada mobil yang pernah terbenang banjir, oli di mesin mobil akan tercampur dengan air. Karena itu, check warna oli mesin, jika warnanya coklat keputihan bisa saja air pernah masuk ke mesin.

Tidak hanya warna oli, Anda pun butuh memerhatikan suara mesin mobil sisa target Anda. Suara mesin yang pernah terbenang banjir serta belum diperbarui akan terdengar lebih kasar serta keras dari mesin mobil sehat.

5. Permasalahan kelistrikan

Permasalahan elektronik seringkali ada pada mobil yang terbenang banjir

Sebab karakter alat elektronik yang rawan pada air, karena itu beberapa ciri mobil sisa banjir ke lima ialah permasalahan pada piranti kelistrikannya. Coba check tiap elemen kelistrikan seperti lampu, audio, AC, wiper, serta elemen elektronik yang lain. Yakinkan semua berperan dengan normal.

Bila mobil sisa target Anda memakai power steering elektrik, yakinkan lampu tanda EPS (Electric Power Steering) pada Multi Information Display (MID) tidak menyala. Bila menyala, dapat dinyatakan sensor serta sisi kelistrikan power steering Anda terserang banjir.

Dengan tahu lima hal di atas, Anda bisa pastikan keadaan mobil sisa target Anda belum pernah terserang banjir serta wajar beli atau sebaliknya. Untuk panduan & trick lain yang tidak kalah menariknya dapat Anda lihat pada link berikut ini.